Jenis Budidaya Ikan Mujair Yang Mudah Dikerjakan

Budidaya ikan mujair saat ini sangat populer apalagi ikan konsumsi yang satu ini banyak digemari khususnya masyarakat Indonesia, karena rasa dagingnya yang gurih dan ketersediaan ikan yang satu ini sangat mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional serta salah satu faktor yang cukup kuat untuk para peminat ikan air tawar ini terdapat pada harganya yang terjangkau dan kandungan gizi yang baik.

Ikan jenis ini juga masuk kedalam salah ikan yang kaya akan gizi seperti omega-3, serat protein, asam amino, zat besi, yodium, kaya akan vitamin (A, D, B6 dan B12) hingga jika dikonsumsi dengan porsi yang pas mampu menghasilkan manfaat yang baik untuk tubuh serta juga bisa menjadi makanan penyeimbang gizi harian tubuh hingga membuatnya cukup populer serta banyaknya budidaya ikan mujair saat ini.

Karena budidaya ikan mujair dianggap menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan, yang tentunya sudah ditinjau dari permintaan pasar terhadap ikan jenis ini semakin lama akan semakin meningkat dari tahun ke tahun maka sangat menarik bukan? Nah jika tertarik untuk membudidayakan nya mari simak penjelasan berikut!

Budidaya Ikan Mujair Diember

Budidaya Ikan Mujair Diember

Budidaya ikan mujair menggunakan ember memang sedikit aneh tapi dengan memanfaatkan lahan sempit hingga dapat menambahkan aktivitas di rumah agar tetap produktif, sehingga dalam masa pandemi ini bisa menjadi peluang yang dapat mendulang keuntungan cukup besar dan sangat pas untuk daerah perkotaan dengan memanfaatkan lahan seadanya serta berikut tata cara yang bisa dilakukan yaitu:

Bahan yang Dibutuhkan :

  • 90L ember
  • Bibit ikan mujari 50 ekor/ember
  • Strimin atau penutup (bisa menggunakan apa saja)

Tata Cara Budidaya :

  • Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah melubangi terlebih dahulu ember bagian bawah samping yang bertujuan untuk saluran pembuangan, selain itu juga bisa diaplikasikan kran air untuk mempermudah pembuangan.
  • Setelah itu, isilah ember tersebut dengan air tapi sangat disarankan untuk tidak mengisi terlalu penuh agar ikan tersebut dapat mengambil udara dengan baik.
  • Nah sebelum memasukkan benih-benih ikan, biarkan terlebih dahulu air terlebih dahulu selama 3 hari agar tidak terlalu asam dan jika air terlalu asam bisa menambahkan garam dapur setengah sendok makan saja.
  • Setelah pH air netral, maka masukkan benih-benih tersebut sebanyak 50 ekor untuk jumlah maksimum pada ukuran ember dan untuk sirkulasi air bisa menggunakan filter aquarium.
  • Manfaat filter aquarium selain untuk menjaga sirkulasi air, bisa juga untuk menjamin ketersediaan oksigen yang cukup untuk ikan mujair tersebut.
  • Nah agar ikan tidak loncat, maka gunakanlah strimin atau penutup dan harus dipastikan penempatan ember dilahan kosong tapi tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup agar budidaya ikan mujair di ember sukses.

Budidaya Ikan Mujair Di Terpal

Budidaya Ikan Mujair Di Terpal

Budidaya ikan mujair dalam media kolam terpal biasanya para pembudidaya akan menggunakan sistem pemeliharaan dengan cara menumbuhkan mikroorganisme, karena mikroorganisme tersebut berfungsi mengolah limbah budidaya itu sendiri hingga menjadi gumpalan-gumpalan kecil sebagai pakan alaminya yang mampu menghemat hingga 50% dan berikut tata caranya yaitu:

Persiapan Kolam

Penggunaan kolam terpal biasanya tidak akan berbentuk persegi seperti hal pada umumnya tapi untuk metode yang satu ini akan menggunakan tabung (silinder), karena nantinya akan diisi dengan benih-benih ikan mujair hingga padat dan berikut cara pembuatan kolam yang sesuai standar yaitu:

  • Persiapkan bahan berupa terpal, pagar besi dan paralon 3/4
  • Buatlah lubang sedalam 20-30 cm dengan diamter 1,5 – 2 meter
  • Gunakan kerangka membentuk lingkaran disekeliling lubang
  • Berilah saluran pembuangan pada dasar ditengah lingkaran menggunakan paralon 3/4
  • Pasang terpal serta lubangi bagian saluran pembuangan dan pastikan lubang tersebut tidak bocor saat dipasang pipa
  • Gunakan selang untuk mengalirkan air agar menjadi oksigen dalam kolam dan isi lah air hingga setengah penuh.

Penebaran Bibit dan Pemberian Pakan

Penebaran bibit tersebut harus segera dilakukan jika air tersebut sudah didiamkan terlebih dahulu, nah bibit juga sebelum dimasukkan ke dalam kolam tersebut harus berusia 1 bulan agar pemeliharan dapat segera dimulai.

Ikan mujair yang sudah berusia 1 bulan pada tahap ini dapat mengurangi porsi pakannya secara bertahap tiap minggunya, selai itu juga bisa mengunakan pakan alami yang bisa dimulai dengan 10% hingga 50% dan penambahan bakteri probiotik juga harus secara berkala agar sebanding dengan pemberian pakan.

Baca Juga

Mengenal Jenis Belut Moa, Cara Budidaya & Harganya

Cara Mudah Budidaya Belut Baik Terpal Maupun Air Bersih

Cara Mudah Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula

Masa Panen

Masa panen mungkin akan menjadi lebih cepat pada budidaya ikan mujair menggunakan sistem terpal ini akan lebih awal daripada pemeliharaan model konvesional, karena asupan nutrisi dengan sistem ini dapat terpenuhi setiap saat dan pemeliharaan lebih optimal hingga membuat ukuran ikan mujair menjadi lebih cepat berkembang.

Mujair sendiri menjadi salah satu hewan yang tergolong cukup rakus hingga ukuran tubuhnya akan semakin besar jika asupan pakan terjaga dengan nutrisi yang seimbang, maka hal tersebut juga akan menjadi salah satu jalan utama kesuksesan para budidaya ikan mujair ini.

Budidaya Ikan Mujair Di Beton

Budidaya Ikan Mujair Di Beton

Tata cara ternak ikan jenis ini yang menggunakan beton atau kolam memang bisa dibilang susah-susah gampang, maka para peternak pemula khususnya yang baru pertama kali terjun kedalam peternakan ikan air tawar ini harus mengetahui terlebih dahulu tata caranya seperti pembahasan dibawah ini!

Siapkan Media Kolam Beton.

Persiapan media kolam yang terbuat dari dari beton tersebut memang perlu membutuhkan beberapa kolam yang akan digunakan dalam ternak ikan mujair, maka peternak bisa menggunakan beberapa jenis kolam yang sesuai dengan kebutuhan untuk melakukan pemeliharaan ikan air tawar jenis ini.

Kolam yang terbuat dari beton ini memang memiliki keunggulan serta kelemahannya tersendiri apalagi jika dilihat dari segi bisnis, karena penggunaan kolam juga harus memutuskan terlebih dahulu jenis kolam yang akan digunakan dengan mempertimbangkan beberapa faktor salah satunya kondisi lingkungan dan sumber dana yang dimiliki.

Pemilihan Benih

Pemilihan benih sendiri memang tidak boleh dilakukan sembarangan bahkan akan menjadi kunci pertama kesuksesan dalam budidaya ikan mujair tersebut, maka pastikan terlebih dahulu kualitas benih yang akan digunakan harus benar-benar berkualitas serta sehat dan berikut ciri-cirinya:

  • Bergerak dengan lincah
  • Dilihat pada tubuhnya yang tidak cacat serta luka
  • Terbebas dari penyakit
  • Gerakan renang yang normal

Pemberian Pakan

Pemberian Pakan ikan mujair

Jenis pakan ikan mujair sendiri cukup mudah dan berbagai macam jenisnya yang digunakan para budidaya biasanya mereka akan memilih jenis pakan yang mampu menghemat biaya pada umumnya, karena jenis pakan tersebut masuk kedalam pakan alternatif apalagi hewan yang satu ini tergolong kedalam Omnivora yang akan mengkonsumsi aneka detritus hingga hewan invertebrata lainnya atau jenis dedaunan.

Waktu pemberian pakan bisa pada saat pagi, siang, sore hingga malam hari apalagi hewan yang satu ini tergolong nokturnal maka pemberian pakan lebih banyak pada sore atau malam hari dan perhatikan kandungan pakan yang dibutuhkan ikan mujair yaitu:

  • 30% protein
  • 4-16% lemak
  • 15-20% karbohidrat
  • Vitamin
  • Mineral

Masa Panen

Nah berikut langkah terakhir dalam budidaya ikan mujair yang paling ditunggu setiap para pembudidaya, nah aasa panen akan tiba jika sudah memasuki bulan ke 4 dari pemeliharaan tersebut dan ikan mujair yang didapatkan sekitar 8 ekor atau lebih pada setiap kilogramnya, nah ada hal yang perlu diketahui pada saat memanen ikan mujair ketika 24 jam sebelum dipanen ada baiknya untuk tidak memberinya pakan.

Penyetopan pakan pada saat panen bertujuan agar ikan tidak membuang kotoran pada saat diangkut, selain itu para peternak jangan lupa melakukan pernyortiran berdasarkan ukuran yang bisa berdampak besar terhadap harga jual hingga budidaya ikan mujair di beton akan memperoleh keuntungan yang cukup besar.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa tata cara budidaya ikan mujair yang bisa dipraktekan saat menjalankan bisnis budidaya tersebut, maka dengan melakukan tata cara diatas serta ketersediaan sumber daya yang cukup bisa membuat omzet bisnis akan meningkat.

Tinggalkan komentar