Makanan Ikan Mujair Alternatif Yang Bisa Anda Jumpai

Makanan ikan mujair sendiri cukup mudah dan berbagai macam jenisnya yang digunakan para budidaya biasanya mereka akan memilih jenis pakan yang mampu menghemat biaya pada umumnya, karena jenis pakan tersebut masuk kedalam pakan alternatif apalagi hewan yang satu ini tergolong kedalam Omnivora yang akan mengkonsumsi aneka detritus hingga hewan invertebrata lainnya atau jenis dedaunan.

Habitat hidupnya ketika dialam liar akan berkelompok dan umumnya hidup disekitar kawasan perairan tenang, selain itu juga dapat dipelihara didalam akuarium tapi pertumbuhannya tidak akan secepat seperti yang dipelihara dikolam atau dialam terbuka serta banyak ditebar pada area persawahan saat musim tanam tiba yang memanfaatkan tumbuhan air sebagai pakan alternatifnya.

Nah, jika berminat untuk memeliharanya untuk didalam kolam ada baiknya gunakan kolam dengan sistem pengairan yang mengalir demi pertumbuhan serta perkembangan fisik yang lebih baik dan perhatikan tingkat keasaman air serta jenis pakan yang digunakan juga jangan sembarangan dan untuk pemula mari simak penjelasan berikut!

Pakan Ikan Mujair Alternatif

Pakan Ikan Mujair Alternatif

Beberapa jenis pakan berikut juga cukup mudah ditemukan dipasaran atau dilingkungan sekitar dengan harga murah dan bahkan gratis, karena jenis-jenis pakan tersebut sebagai sumber protein yang sangat dibutuhkan oleh ikan air tawar jenis ini dan juga dapat membantu para pembudidaya dalam menghemat biaya pakan serta berikut ini beberapa pakan alami yang bisa digunakan antara lain:

Tanaman atau Dedaunan

Tanaman atau dedaunan ini bisa menjadi pakan alternatif yang memiliki nutrisi cukup baik sebagai makanan ikan mujair, nah salah satunya adalah tanaman Azzola yang merupakan jenis tumbuhan paku air yang sangat dibutuhkan yang biasa ditemukan pada saluran irigasi yang berada di area pinggir kolam hingga membuat tanah menjadi lembab.

Tumbuhan paku yang banyak dicari oleh para peternak ikan yang khusus untuk ikan air tawar ini sebagai alternatif pakan tambahan yang murah, selain itu juga intensitas perburuan azzola untuk pakan ikan mujair yang ternyata di dalamnya mengandung banyak protein yang sangat tinggi sekitar 25 hingga 35% hingga dengan memberikan jenis tanaman ini saja dapat memenuhi kebutuhan proteinnya.

Bekicot

Bekicot salah satu makanan ikan mujair

Bekicot adalah salah satu bahan umpan atau jenis makanan ikan mujair secara alternatif biasa digunakan yang memiliki kandungan protein cukup lengkap, maka penggunaan bekicot mampu berperan baik bagi kesehatan tubuh ikan tersebut serta juga dapat membantu dalam pertumbuhannya menjadi lebih cepat dan peternak dapat menghemat biaya pakan.

Peternak ikan mujair memang sangat memuji kehadiran bekicot, karena fungsi gizinya yang hampir sama seperti keong emas hingga dapat menguntungkan bagi para pelaku budidaya dan peternak juga seharusnya memiliki kerjasama yang baik untuk memberantas hama atau predator yang sangat menguntungkan.

Beberapa Fakta Mengejutkan Ikan Mujair Merah

Jenis Ikan Mas Koki Panda Moor, Fakta Kecantikannya

Resep Ikan Mas Bakar Enak Dan Bergizi Wajib Coba

Dedak Padi

Dedak padi salah satu pakan mujair

Dedak padi menjadi salah satu jenis pakan yang sangat populer di dunia peternakan, sehingga makanan yang satu ini tidak salah jika digunakan para pembudidaya ikan mujair yang mengandung kandungan karbohidrat dan protein yang baik hingga dapat membantu masa pertumbuhan yang menjadi lebih cepat apalagi teksturnya yang halus sangat disukai ikan tersebut.

Fungsi kandungan karbohidrat pada dedak memang akan mempercepat pertumbuhannya, nah untuk teksturnya yang halus makanan ikan mujair ini bisa juga diberikan pada ikan yang masih kecil atau anakan ikan dengan diberikan secara teratur dan cukup ditaburkan pada kolam dalam jumlah secukupnya di pagi hingga sore hari.

Nasi

Nasi bekas atau aking salah satu pakan mujair

Nasi adalah salah satu pelet yang mudah didapatkan dengan kandungan karbohidrat didalamnya yang tinggi dapat mendukung masa pertumbuhan menjadi lebih cepat, nah penggunaan nasi juga hanya sebagai pakan alternatif saja atau bisa dicampurkan dengan makanan lainnya yang mengandung nutrisi lebih lengkap.

Pemberian nasi juga bisa dicampurkan dengan dedak dan sisa makanan lainnya tapi pemberian nya juga harus dibatasi, karena jika terlalu banyak bisa membuat air kolam menjadi lebih kotor dan juga berminyak serta untuk mengatasi bisa menambahkan probiotik yang khusus untuk perikanan agar memperbaiki kualitas air.

Pakan Ikan Mujair Alami

Pakan alami pada ikan mujair yang biasa diberikan oleh para pembudidayaan ikan jenis adalah sumber pakan yang berasal dari mikroorganisme, karena mengandung kandungan gizi yang sangat baik hingga dapat memenuhi kebutuhan gizi ikan air tawar jenis ini pada setiap harinya dan juga dapat mempercepat kenaikan bobot badan serta untuk jenis mikroorganismenya antara lain:

  • Brachionis Sp yaitu salah satu jenis mikroorganisme yang memiliki kandungan protein cukup tinggi yang bisa mencapai 57%, sehingga penggunaannya sangat cocok untuk benih-benih ikan mujair yang masih berumur kurang dari 7 hari.
  • Infusoria Sp adalah jenis protozoa dengan penampakan yang terlihat bergerombol jika dilihat akan berwarna putih seperti susu, sehingga plankton jenis ini sangat pas diberikan pada bibit yang masih berumur 7hari.
  • Kutu air merupakan jenis pakan yang bernutrisi, sehingga sangat pas diberikan pada bibit lele berumur 7 hingga 14 hari yang mengandung kandungan protein cukup besar sekitar 66% dan jenis pakan ikan mujair ini dengan alami banyak ditemukan pada air kolam.
  • cacing Tubifex atau biasa disebut dengan cacing sutera ini ternyata mengandung 57% protein dan juga 13,3% lemak, maka penggunaannya sangat cocok dijadikan sebagai pakan bibit ikan yang sudah berusia lebih dari 2 minggu.

Pelet, Salah Satu Pakan Buatan Bernutrisi

Pakan buatan yang digunakan biasanya jenis pakan yang dibuat oleh manusia ataupun pabrik dengan tujuan agar dapat melengkapi kebutuhan gizi dari pakan alami yang bisa menjadi makanan ikan mujair dengan gizi yang lengkap, nah tentunya harga pakan tersebut cukup beragam dan untuk pembudidaya kecil bisa dibilang mahal hingga mereka meciptakan makanan racikan sendiri dengan kandungan gizi yang cukup.

Ukuran pelet juga cukup beragam yang bisa diberikan untuk segala umur dan tentunya ukuran pada pelet dapat disesuaikan dengan umur ikan, maka untuk ikan yang masih berupa benih bisa memberikan pelet yang masih berbentuk tepung atau crumble (butiran kecil seperti pasir) dan jenis pakan ini biasa digunakan pada ikan lele tapi banyak juga para pembudidaya ikan mujair yang menggunakannya.

Harga pakan ikan mujair yang satu ini memang bisa dibilang cukup mahal tapi untuk masalah kandungan gizi memang tidak usah diragukan lagi, nah untuk pemberiannya juga sangat disarankan berikan jenis pelet yang mengapung untuk mempermudah dalam memberikannya hingga bisa mengetahui jumlah yang diberikan.

Nah jika memberikan pelet mengapung, biasanya sisa-sisa pelet yang tenggelam akan mengakibatkan adanya penumpukan amoniak di dasar kolam apalagi jika dibiarkan amoniak akan semakin banyak yang akan membahayakan ikan air tawar jenis ini hingga bisa menggagalkan masa panen dan membuat pembudidaya mengalami kerugian.

Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan tentang makanan ikan mujair yang sering digunakan para peternak senior, karena jenis di atas dapat meminimalkan biaya pakan hingga dapat lebih fokus untuk masa pemeliharaan dan jenis pakan tersebut juga memiliki kandungan gizi yang tidak kalah bagus untuk mendukung pertumbuhan ikan mujair.

Tinggalkan komentar