Jenis Ikan Mas Koki Panda Moor, Fakta Kecantikannya

Ikan mas koki panda adalah salah satu varietas yang sangat unik dan mungkin jarang ada di pasaran, selain itu juga dikenal sebagai panda moor atau kandang disebut panda telescope dengan matanya yang menonjol serta berwarna gelap seperti halnya panda yang bertumbuh hitam dan putih tersebut memiliki ekor yang rumbai atau veiltail.

Jenis ini berasal dari salah satu varietas ikan mas koki yang paling banyak dihibridisasi dan dikenal dengan sebutan “Panda Moor”, nah varietas tersebut juga berasal dari ratusan tahun pembiakan selektif yang pernah terjadi hingga menghasilkan jenis yang sangat unik dengan tampilan fisiknya tersebut membuatnya sangat pas jika dipelihara didalam akuarium.

Nah, jika tertarik untuk memeliharanya ikan mas koki jenis ini harus mengetahui lebih lanjut tentangnya lebih dalam agar dapat memberikan perawatan yang baik hingga ikan tersebut dapat hidup dengan jangka hidup yang cukup lama dan ada banyak lagi yang membuat pemeliharaan ikan jenis ini menjadi lebih menyenangkan. Mari simak penjelasan berikut!

Kenali Ikan Mas Koki Panda, Salah Satu Varietas Tercantik!

Ikan Mas Koki Panda Moor

Jenis ikan yang cukup mudah dikenal dengan pola warna hitam-putih yang khas dan matanya yang menonjol tersebut, maka tidak salah jika masuk ke dalam salah satu varietas tercantik apalagi jika masih muda akan memiliki ekor berwarna perunggu serta matanya yang besar akan mengembang saat seiring dengan pertumbuhan mereka.

Selain itu, jika umur mereka semakin dewasa akan ditemukannya tampilan seperti halnya beludru yang hilang seiring bertambahnya usia, walaupun mungkin akan kehilangan warna yang khas dan bahkan mereka akan berubah warna menjadi oranye serta putih atau kombinasi warna lainnya saat usianya semakin tua.

Mengenal Jenis Ikan Mas Koki Ranchu, Rajanya Ikan Hias

9 Jenis Kelinci Hias Beserta Harga & Penjelasan

Jenis ini akan memiliki umur yang panjang jika diberikan perawatan yang ekstensif dan memiliki kelemahan yang sangat membahayakan apalagi jika dialam liar, karena penglihatannya yang lemah membuat mereka dengan mudah ditangkap oleh predator dan jika dipelihara diakuarium sangat disarankan untuk menambahkan teman tapi pilihlah teman yang tepat ya.

Nah untuk jenis ini asalnya dari nenek moyang varian ikan mas yang berasal dari Asia Timur yang dimana mereka dibudidayakan dan diproduksi secara massal di sebuah peternakan, sehingga mendapatkan warna yang begitu cantik dengan cara dikawinkan silang hingga warnanya sangat menakjubkan ini banyak ditemukan khususnya di Cina dan Jepang.

Karakteristik Ikan Mas Koki Panda

Karakteristik pada ikan mas koki yang dikenal dengan sebutan panda moor ini memiliki mata yang menonjol dan warna tubuhnya yang khas berwarna hitam putih, selain itu jika usianya masih mudah akan menyerupai fantail perunggu dan matanya juga akan menonjol secara bertahap mengikuti perkembangan seiring bertambah usianya hingga tampilannya semakin unik.

Ukuran standar pada ikan jenis ini hanya sekitar 18 cm saja dengan potensi untuk tumbuh hingga 20-23 cm maksimal, namun banyak penjual yang menjualnya hanya memiliki panjang mencapai 6-10 cm saja tapi ada beberapa hal yang akan menentukan ukuran pada ikan dan tingkat pertumbuhannya adalah kondisi air yang digunakan akan menjadi faktor penting setelah pemberian pakan.

Jenis ikan yang memiliki kelemahan pada penglihatannya jadi dalam pemilihan teman harus benar-benar diperhatikan, karena jika tidak mungkin teman tersebut akan berubah menjadi predator bagi panda moor ini dan sangat disarankan untuk memilih jenis ikan mas koki ranchu sebagai temannya yang memiliki karakteristik hampir sama.

Karakter pada ikan panda moor ini dikenal sebagai perenang dan penggali yang aktif hampir sama seperti pada jenis umumnya, selain itu juga memiliki pola lain dalam perilaku mereka yang kadang kemungkinan untuk menjadi lebih agresif dengan teman seakuarium lainnya walaupun jenis ini memiliki kelemahan tersendiri.

Masalah Kesehatan Ikan Mas Koki Pandas

Masalah kesehatan yang sering terjadi pada ikan jenis ini, tentunya berada tepat pada matanya yang menonjol dan sangat khas membuat penggunaan Substrat didalam akuarium tersebut harus diperhatikan agar tidak terjadi masalah khususnya pada kesehatan mata si panda moor ini yang cukup rentan.

Nah jika penggunaan substrat yang terlalu halus juga akan menyebabkan kerusakan pada mata mereka, namun jika penggunaan batu yang tajam juga akan menjadi masalah yang lebih berbahaya apalagi jika jenis ikan yang satu ini suka menggali hingga menambrak benda tajam tersebut membuat matanya tergores dan berikut permasalahan lainnya yang sering terjadi yaitu:

  1. Gelembung renang rentan rusak
  2. Ich atau bintik putih yang sering terjadi
  3. Infeksi oleh parasit
  4. Busuk sirip
  5. Busuk ekor
  6. Penyakit velvet
  7. Infeksi jamur

Jenis Pakan Ikan Mas Koki Panda

Pakan Ikan Mas Koki Panda

Jenis pakan yang biasa digunakan agar menjadi asupan yang seimbang serta lebih bervariasi, nah untuk makanan utamanya bentuk pakan serpih yang dianggap sangat baik diberikan pada panda moor ini salah satunya TetraFin Plus Flake yang bisa menjadi makanan dasar yang sangat baik dan didukung oleh beberapa alasan.

Alasan pertama, karena pakan jenis serpih akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk larut hingga dapat memberikan waktu lebih untuk ikan memakan jenis pakan tersebut yang berarti pakan tidak akan membuat akuarium berpolusi atau air pada akuarium tersebut mudah keruh hingga dapat mengundang berbagai macam parasit.

Kedua, jenis pakan serpih mengandung bahan-bahan yang sangat penting untuk membuat ikan tetap sehat dan makanan tersebut juga perlu di kombinasikan dengan campuran makanan hidup, makanan beku kering dan pelet untuk memastikan agar ikan tetap bugar serta sehat.

Aturan dalam pemberian pakan untuk ikan pada moor ini sekitar 3-4 kali dalam sehari dalam porsi yang kecil tersebut cukup untuk dihabiskan dalam waktu 90 detik, selain itu juga berikan 2 kali dalam sehari sejumlah makanan beku-kering dalam jumlah kecil seperti cacing darah dan pelet mini dengan aturan 1 kali sehari.

Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan lebih dalam mengenai ikan mas koki panda yang memiliki keunikan tersendiri dengan tampilan warna yang hampir sama seperti halnya panda, nah jika dirawat dengan perawatan yang tepat dan pola makan yang seimbang membuat jenis ini dapat hidup hingga beberapa tahun sekitar 6-25 tahun.

Penggunaan air didalam akuarium untuk ikan mas koki panda moor ini cukup toleran terhadap berbagai macam kondisi air tapi yang paling pas dengan pH 7 adalah jenis air yang cukup, maka harus memiliki suhu yang sedang antara 20-22 derajat Celcius agar ikan mendapatkan oksigen yang cukup.

Related Topics

Give a Comment