Pelajari Habitat Ikan Mujair, Klasifikasi & Manfaat

Ikan mujair atau yang bernama ilmiah Oreochromis Mossambicus adalah salah satu ikan air tawar konsumsi yang memiliki harga ekonomis seperti halnya ikan mas, namun jenis ini berasal dari Afrika dan menyebar pertama kalinya di Indonesia yang ditemukan oleh Pak Mujair pada tahun 1939 di Jawa Timur ini masih berkerabat dekat dengan ikan nila hingga memiliki bentuk yang hampir sama.

Di Indonesia sendiri pertama kali ditemukan di muara sungai serang pantai selatan Blitar, Jawa Timur walaupun hingga saat ini menjadi misteri tentang bagaimana ikan tersebut bisa sampai ke muara terpencil di Blitar hingga namanya juga berasal dari penemunya Pak Mujair untuk menghargai sang penemu hingga dikenal menjadi ikan mujair.

Ditemukannya ikan jenis ini oleh pak mujair pada awalnya memang hidup di air asin dan berhasil diubah menjadi mampu hidup di air tawar dan keberhasilan tersebut tidak semudah yang dipikirkan, karena penemu harus melalui 11 kali percobaan dengan cara menurunkan kadar campuran air asin didalam gentong peliharaan dan untuk mengenalnya lebih dalam mari simak penjelasan tersebut!

Mengenal jenis Ikan Mujair

Mengenal jenis Ikan Mujair

Ikan mujair atau ikan nila hitam ini salah satu ikan yang mudah hidup dan mampu berkembang biak dengan baik. Ada pun beberapa jenis, ciri-ciri dan habitat ikan ini antara lain.

Kenali Habitat Ikan Mujair

Jenis ikan yang mampu ditemukan dibeberapa habitat (air tawar, air payau dan air laut), karena memiliki ketahanan dan toleransi terhadap salinitas serta rentang suhu yang luas hingga mampu bertahan hidup dalam keadaan payau yang membuatnya dikenal sebagai ikan tropis tapi sangat jarang ditemukan pada dataran tinggi atau pegunungan.

Hewan yang tergolong kedalam Omnivora ini akan mengkonsumsi aneka detritus hingga hewan invertebrata lainnya, sementara untuk mujair yang masih remaja biasanya akan memiliki sifat karnivora dan kanibal apalagi dialam liar sifatnya akan semakin ganas hingga akan memakan sejenisnya sendiri.

Ikan jenis ini yang hidup dialam liar akan berkelompok yang pada umumnya hidup disekitar kawasan perairan tenang, selain itu juga jenis ini dapat dipelihara didalam akuarium tapi pertumbuhannya tidak akan secepat seperti yang dipelihara dikolam atau dialam terbuka dan banyak ditebar pada area persawahan saat musim tanam tiba.

Spesies yang mampu beradaptasi dengan lingkungan yang kurang ideal apalagi ikan mujair ini memiliki toleransi yang cukup tinggi terhadap kadar garam didalam air, sehingga mampu hidup pada air yang mengandung amonia di atas rata-rata atau air yang mengandung kandungan oksigen terbatas.

Nah, jika berminat untuk memeliharanya untuk didalam kolam ada baiknya gunakan kolam dengan sistem pengairan yang mengalir demi pertumbuhan serta perkembangan fisik yang lebih baik dan perhatikan tingkat keasaman air atau pH dengan kisaran 5-8 serta suhu pada kolam tersebut harus 20o hingga 27o Celsius.

Mengenal Sejarah Dan Jenis Ikan Mas Di Indonesia

Tips & Resep Bebek Ungkep Agar Tidak Bau Amis Dan Alot

Ciri-ciri Ikan Mujair

Ciri khas pada ikan air tawar ini terletak pada dagunya yang berwarna kekuningan dan akan terlihat lebih jelas pada ikan jantan dewasa, selain itu memiliki tubuh dengan panjang yang mencapai 2 hingga 3 kali dari tinggi badannya dan bahkan bisa mencapai panjang maksimum sekitar 40 cm dengan bentuk badan yang bulat pipih serta perut akan tampak berisi.

Pada bagian sirip punggung ikan konsumsi ini terdapat duri atau jari-jari tajam sebanyak 15 hingga 17, nah jari-jari tersebut cukup lunak sebanyak 10 hingga 13 dengan bentuk sirip yang hampir sama seperti halnya sisir tapi untuk sirip punggung agak condong memanjang dari bagian atas tutup insang hingga bagian atas sirip ekor.

Ciri lain yang harus diketahui dalam membedakan indukan jantan dan betina, yaitu terdapatnya tiga lubang pada bagian urogenital dan lubang tersebut untuk pengeluaran telur hingga lubang urine tapi jika ditekan tidak akan mengeluarkan cairan serta ciri diujung siripnya akan berwarna pucat kemerahan.

Ikan Mujair Merah, Berasal Dari?

Ikan jenis adalah salah satu ikan hasil mutasi yang pernah terjadi beribu tahun yang lalu dan berkembang hingga saat ini sebagai ikan budidaya, karena peminat ikan dengan nama latin Oreochromis niloticus menjadi salah satu komoditas perikanan yang paling banyak digemari oleh masyarakat apalagi kandungan omega-3 dan proteinnya cukup tinggi yang dimiliki ikan mujair jenis ini.

Penelitian yang pernah terjadi tentang kandungan ikan konsumsi yang satu ini menyebutkan bahwa jumlah omega-3 yang dimilikinya bisa mencapai 16,2% atau lebih tinggi 2,5% dari ayam, maka kandungan tersebut memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan tubuh manusia yang mendorong perkembangan sel otak dan regulasi lemak.

KLASIFIKASI IKAN MUJAIR

KLASIFIKASI IKAN MUJAIR
KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasActinopterygii
OrdoPerciformes
FamiliCichlidae
GenusOreochromis
SpesiesOreochromis mossambicus

Kandungan Zat Gizi Ikan Mujair Segar

Energi 89 kalKarbohidrat 0 g
Protein 18.7 gKalsium 96 mg
Lemak 1 gFosfor 29 mg
Energi 89 kalBesi 1.5 mg
Protein 18.7 gVitamin A 6 RE
Lemak 1 gVitamin C 0 mg
BDD 80 %Air 79.7 mililiter

Harga Ikan Mujair Terbaru Tahun Ini!

Harga untuk ikan konsumsi yang satu ini memang tidak akan stabil, karena harga tersebut kadang mengalami penurunan atau kenaikan dan untuk para pembudidaya di Indonesia sendiri cukup banyak hingga ketersediaan ikan jenis ini sudah tidak diragukan lagi soal stok yang akan selalu melimpah serta harganya juga menjadi sangat terjangkau khususnya di kantong masyarakat.

Nah perihal harga untuk di berbagai daerah di Indonesia akan berbeda tergantung pada stoknya yang rata-rata memiliki harga sekitar Rp 30.000 per kg, maka berikut daftar harga ikan mujair di berbagai daerah yang ada di Indonesia antara lain:

Nama Daerah / KotaHarga
JakartaRp 30.000
BogorRp 28.000
CirebonRp 27.000
YogyakartaRp 25.000
BandungRp 28.000
SurabayaRp 26.000
MakassarRp 29.000
PalembangRp 28.000
PekanbaruRp 27.000
SemarangRp 25.000
PadangRp 25.000
PurwokertoRp 26000
MedanRp 27.000
BatamRp 33.000
AcehRp 26.000
DenpasarRp 32.000
MalangRp 27.000
BalikpapanRp 28.000

Kenali, 4 Manfaat Ikan Mujair

Manfaat Ikan Mujair

Jenis ikan konsumsi yang satu ini memang cukup populer dikalangan masyarakat selain harganya yang ekonomis, kandungan nutrisi yang dimilikinya juga cukup baik bagi tubuh dan jika dikonsumsi 100 gram saja tubuh sudah memperoleh manfaat yang sangat baik hingga menjadi salah satu alasan untuk dikonsumsi dan berikut manfaat lainnya yang akan didapatkan tubuh yaitu:

Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Kesehatan tulang dan otot akan terjaga jika dikonsumsi secara rutin dengan porsi yang pas dapat membantu menjaga sel dari kerusakan serta jaringan otot, karena kandungan kalsium di dalam ikan tersebut dapat mengembalikan otot-otot yang sobek akibat bergerak aktif hingga otot menjadi lebih kuat dan terjaga kesehatannya.

Kandungan kalsium sebesar 11,3 % pada ikan mujair tersebut memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan serta kekuatan tulang, selain itu juga berperan dalam memaksimalkan absorpsi mineral yang berfungsi dalam pembentukan serta pemeliharaan kesehatan tulang dan gigi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menjaga sistem kekebalan tubuh memang cukup penting apalagi pada masa pandemi Covid-9 ini, karena jika tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat kuat membuat virus tersebut tidak masuk ke dalam tubuh dan untuk meningkatnya bisa dengan mengkonsumsi ikan kembung dalam 100 gram saja.

Kandungan selenium pada ikan mujair sangat bermanfaat bagi tubuh, sehingga aktivitas sel darah putih dan kandungan tersebut juga dapat meningkatkan fungsi kelenjar tiroid untuk mengeluarkan hormon yang dapat mengatur metabolisme pada tubuh hingga keseimbangan fungsi organ tetap terjaga dan kekebalan tubuh dapat meningkat.

Dapat Mencerdaskan Otak

Ikan yang mengandung asam lemak didalamnya sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf, selain itu omega-3 tersebut juga dapat membantu dalam pencegahan penyakit yang berhubungan dengan kemampuan otak salah satu nya yang bernama Demensia.

Nah untuk anak-anak dan juga ibu hamil yang mengkonsumsi ikan kembung ini, karena kandungan DHA didalamnya sangat berperan penting dalam pertumbuhan janin serta perkembangan otak untuk ibu hamil serta juga dapat membantu dalam perkembangan otak menjadi lebih cerdas pada anak-anak.

Menjaga Kadar Gula Darah

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan mujair ini tidak hanya berperan baik bagi kesehatan otak, selain itu zat tersebut dapat mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh yang mengandung aneka asam lemak tak jenuh yang bisa juga berperan penting dalam pencegahan.

Nah jika dikonsumsi secara teratur manfaat yang dihasilkan tidak hanya dapat mengatur gula darah didalam tubuh saja, namun dapat mengurangi lemak Visceral yang ada di perut maka dapat menurunkan risiko diabetes atau bisa sebagai pencegahan dengan mengkonsumsi 100 gram saja ikan mujair pada setiap harinya.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa informasi mengenai ikan mujair yang harus diketahui, karena ikan konsumsi jenis ini ternyata memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh serta harga yang dimilikinya juga cukup murah hingga dapat dikonsumsi untuk semua kalangan dan sangat disarankan untuk mengkonsumsi nya tetap porsi yang pas atau 100 gram saja.

Tinggalkan komentar