Tips & Resep Bebek Ungkep Agar Tidak Bau Amis Dan Alot

Bebek ungkep menjadi salah satu olahan yang memang sangat terkenal didunia kuliner yang masak dengan cara di ungkep, sehingga daging bebek tersebut akan memiliki rasa yang enak dengan bumbu yang lebih meresap apalagi untuk daging bebek sendiri memiliki manfaat yang cukup baik bagi tubuh manusia.

Ungkep adalah pengolahan bebek yang akan membuat tekstur dagingnya lebih empuk serta akan membuat bumbu lebih meresap hingga ke bagian daging yang paling dalam, maka penyajian bebek yang satu ini sangat populer disetip rumah makan yang menyajikan berbagai macam olahan bebek.

Masakan Bebek ungkep bisa dijadikan menu yang bisa dikreasikan dirumah dengan rasa gurih serta lezat, nah untuk menghemat budget para penggemar kuliner bebek juga bisa membuatnya dirumah dan berikut tata cara untuk menghilangkan aroma amis pada daging bebek. Mari simak!

3 Tips Menghilangkan Bau Amis Bebek

Para penggemar olahan bebek pastinya harus mengetahui tips menghilangkan bau amis, karena bau amin sangat mengganggu selera maka loh.

Tips Masak Bebek Goreng agar tidak bau amis

Masakan Bebek Sinjay Yang Sedang Trending

Pengolahan bebek ungkep memang akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menghilangkan aroma bau amis pada daging bebeknya, namun jika menggunakan tips ini semuanya akan lebih mudah yaitu:

Pilihlah Bebek Segar dan Muda

Kesegaran pada daging bebek akan menentukan kualitas rasa loh, maka dalam memilihnya harus dipastikan bahwa bebek tersebut baru disembelih apalagi untuk diolah sebagai bebek ungkep.

Bebek yang baru disembelih atau segar akan menentukan tekstur pada dagingnya, sehingga jangan terlalu lama membiarkan daging bebek didalam suhu ruangan.

Usia pada bebek tersebut juga akan menentukan tekstur dagingnya, sehingga pilihlah bebek yang berusia sedang tidak terlalu muda ataupun terlalu tua.

Cara memilih daging bebek yang masih segar untuk pemula, yaitu daging bebek segar akan berwarna putih, kaki pada bebek masih lentur dan bagian dadanya berisi.

Pisahkan Jeroan dan Brutunya

Jeroan dan brutu pada bebek akan menjadi sumber utama munculnya aroma anyir ataupun bau amis, sehingga dalam pengolahannya harus dipisahkan.

Kandungan minyak yang cukup banyak di bagian brutu atau pantat bebek yang akan membuatnya beraroma tidak sedap, maka potong terlebih dahulu bagian pantat.

Bebek memiliki kulit lebih keras daripada unggas lainnya, karena memiliki lapisan kulit ari berwarna kekuningan cara membersihkannya dengan menggunakan garam kasar.

Cara menghilangkan lapisan kulit ari, yaitu dengan cara melumuri seluruh tubuh bebek menggunakan garam dan gosok permukaan tersebut hingga terangkat.

Kulit ari sudah terangkat, lalu bilaslah dengan menggunakan air mengalir hingga bersih agar resep bebek ungkep tidak akan beraroma amis.

Gunakan Air Jeruk Nipis

Penggunaan air jeruk nipis akan menjadi solusi bagi para penggemar kuliner bebek ungkep khususnya, karena dapat menghilangkan aroma bau amis dan bahkan berguna untuk semua daging.

Daging bebek yang dilumuri air perasan jeruk nipis akan menjadi salah satu dari tips dalam resep membuat bebek goreng tanpa bau amis, yaitu dengan cara melumuri serta memijatnya.

Pengolahan daging bebek yang dilumuri air perasan jeruk nipis akan menjadi tahap pertama sebelum mengolahnya, karena harus didiamkan sekitar 30 menit.

Rasa asam pada jeruk nipis yang akan membantu menghilangkan aroma bau amis, bahkan membuat tekstur daging bebek menjadi lebih lunak dengan cara memijat daging tersebut.

2 Resep Bebek Ungkep Menggugah Selera!

Kedua resep bebek ungkep ini menjadi salah satu resep yang perlu dicoba dirumah, karena daging bebeknya sendiri memiliki cita rasa yang khas dan sangat pas jika dalam pengolahannya dipadukan dengan bumbu Nusantara salah satunya dengan cara di ungkep dan berikut resepnya yaitu;

Bebek Ungkep Goreng

Bebek Ungkep Goreng

Bebek merupakan bahan masakan yang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang sangat menggugah selera, yaitu salah satunya resep bebek ungkep yang dimasak dengan cara digoreng tentunya akan memiliki rasa empuk pada tekstur dalamnya dan renyah untuk bagian luarnya yaitu:

Bahan-bahan

  • 1 ekor bebek (gunakan bebek muda)
  • 1 buah jeruk nipis (airnya)
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 2 batang serai (memarkan)
  • 2 ruas jahe (memarkan)
  • 2 ruas lengkuas (memarkan)
  • Minyak goreng (secukupnya)

Bumbu Halus

  • 3 ruas kunyit
  • 7 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 4 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • Garam (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • Gula (sesuai selera)

Langkah-langkahnya:

  1. Potonglah bebek menjadi empat bagian atau sesuai selera, kemudian cuci hingga bersih dan lumuri dengan air jeruk nipis.
  2. Setelah dilumuri, lalu diamkan selama 30 menit agar bau abis pada daging tersebuh menghilang dan juga untuk membuat tekstur daging menjadi lebih empuk.
  3. Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan menggunakan api kecil hingga bumbu tersebut harum, lalu masukan air dam tambahkan daun jeruk, daun salam, batang serai, lengkuas dan jahe.
  4. Kemudian bumbu-bumbu tersebut masak hingga mendidih, setelah itu masukan daging bebek dan ungkep selama 1-2 jam agar daging bebek menjadi empuk serta bumbu meresap.
  5. Setelah bumbu sudah meresap dengan ciri air ungkep tersebut surut, lalu angkat bebek dan tiriskan agar sisa-sisa air hilang.
  6. Siapkan wajan penggorengan, kemudian panaskan minyak dan setelah panas gorenglah bebek hingga bewarna kecokelatan.
  7. Setelah kecokelatan angkat bebek tersebut, lalu sajikan bersama nasi putih yang hangat beserta lalapan dan ditambahkan sambel sesuai selera.

Bebek Ungkep Khas Madura

Bebek Ungkep Khas Madura

Bebek ungkep atau biasa disebut Songkem adalah salah satu olahan bebek yang berasal di Kota Madura, yaitu kota yang terkenal dengan kuliner satenya dan sekarang memiliki olahan berbahan utama bebek.

Olahan bebek songkem ini memiliki ciri khas dengan bumbu-bumbu yang dibalut pada seluruh tubuh bebek sebelum dikukus hingga matang, berikut resepnya wajib dicoba loh:

Bahan-bahan

  • 1 ekor bebek (Potong menjadi 4 bagian)
  • 1 jeruk nipis
  • Daun pisan secukupnya (untuk membungkus)

Bumbu Halus

  • 50 gram cabe rawit merah (sesuai selera)
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 10 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt penyedap

Cara Membuatnya:

  1. Pertama cuci bersih bebek, lalu lumuri dengan air jeruk nipis seluruh tubuh bebek dan simpan dalam lemari es sekitar 30 menit agar meresap.
  2. Semua bumbu blender atau diulek hingga halus, setelah dari lemari es lumuri lagi menggunakan bumbu halus tersebut sampai rata.
  3. Siapkan daun pisang secukupnya, lalu letakan potongan bebek tersebut pada daun pisang dan bungkus sampai rapat.
  4. Panaskan dandang dan masukan bebek yang sudah dibungkus rapat menggunakan daun pisang, lalu diamkan selama 3 jam setelah itu angkat.

Kesimpulan

2 resep bebek ungkep diatas bisa dicoba dirumah loh apalagi salah satu resep bebek tersebut berasal dari Kota Madura, yang tentunya akan memiliki rasa yang lebih khas dari bumbu Madura tapi membuat para bunda bisa mencobanya dirumah tanpa harus pergi jauh ke Kota Madura.

Tips-tips diatas untuk menghilangkan bau amis pada daging bebek tersebut menjadi langkah-langkah dalam pengolahan bebek yang bercita rasa enak, maka jangan khawatir tips diatas menjadi tips masak bebek tanpa bau amis.

Related Topics

Give a Comment