8 Jenis Obat Ayam Harus Kamu Ketahui Sebagai Peternak

Pada dunia peternakan yang menjadi satu kewajiban penting adalah mengetahui pencegahan terhadap penyakit, karena ternak satu ini memiliki beberapa macam penyakit yang sering menyerang dan peternak harus mengetahui pencegahan maupun pengobatan menggunakan obat ayam.

Ayam memang hewan ternak yang berpotensi bagus dalam memenuhi kebutuhan protein untuk manusia dan kendala yang sering terjadi pada peternakan adalah serangan penyakit dan biasanya disebabkan oleh virus, bakteri, kekurangan unsur gizi dan parasit (cacing, protozoa serta kutu).

Peternak harus melakukan berbagai cara pencegahannya, selain dengan cara menjaga kesehatannya dan kebersihan lingkungan kandang dan peternak juga harus memberikan beberapa obat ayam untuk mendukung kesehatannya serta simak penjelasan berikut!

Jenis Penyakit yang Sering Menyerang Ayam!

Jenis-jenis penyakit yang sering menyerang ayam memang cukup beragam yang membuat angka kematian ternak ayam cukup tinggi, karena penyakit tersebut akan menyerang pada ayam berusia 2 bulan kebawah saja.

Ayam yang berusia 2 bulan keatas yang terserang penyakit kemungkinan besar diakibatkan oleh perubahan cuaca dan juga faktor lingkungan, maka sebelum untuk mengetahui berbagai obat ayam dalam pencegahan atau pengobatan alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu jenis penyakitnya yaitu:

Penyakit Tetelo (ND)

Penyakit Tetelo (ND)

Jenis penyakit ini adalah jenis penyakit yang cukup mematikan dan disebabkan oleh virus Paramyxo, karena penyebaran dari penyakit yang biasa disebut sampar ayam atau Newcastle Disease cukup cepat serta luas yang biasanya selama 4 hari melalui burung liar.

Penyembuhan dari penyakit jenis ini memang belum tersedia yang berupa obat ayam untuk penyembuhan penyakit tetelo, namun tindakan pencegahan yang bisa dilakukan melalui vaksinasi ND jika terlihat gejala totela pada ayam.

Penyakit jenis ini yang sering menyerang biasanya memiliki yang dapat diketahui oleh peternak mulai dari ayam akan terlihat lesu, nafsu makan berkurang, produksi telur menurun, gangguan saluran pernafasan, batuk, mulut berlendir, jengger dan kepala kebiru-biruan.

Penyakit Gumoro

Gumoro adalah salah satu penyakit yang akan menyerang serta merusak sistem kekebalan tubuh pada ayam dengan virus genus Avibirnavirus, karena penyebaran virus cukup mudah biasanya melalui air minum bahkan kontak langsung.

Ayam-ayam yang terjangkit penyakit jenis ini memang tidak langsung menyebabkan kematian bahan virus tersebut akan menyerang dalam tubuh ayam hingga 3 bulan, lalu terus menyerang sistem imun ayam hingga berakhir kematian.

Gejala-gejala yang bisa dilihat saat ayam terserang penyakit gumoro yang akan membuat ayam kehilangan nafsu makan, terlihat lesu, mengantuk, gemetar, diare berlendir, keseimbangan menurun, iritasi pada dubur.

Pengobatan untuk penyakit jenis ini memang belum tersedia untuk obat ayam yang lebih efektif jika terserang penyakit gumoro, namun peternak bisa melakukan pencegahan dengan menggunakan vaksi nobilis, delvax gumboro dan bursavac.

Penyakit Cacingan

Penyakit Cacingan Pada Ayam

Cacingan merupakan jenis penyakit yang tidak asing lagi didengar pada dunia peternakan, karena jenis penyakit ini bisa menyerang hewan jenis apa saja bahkan manusia tapi jenis cacing nya juga tentunya akan berbeda.

Tips Mudah Ternak Ayam Brahma

Peluang Bisnis Ternak Ayam Broiler, Salah Satu Unggas Yang Menguntungkan

Jenis cacing biasanya menyerang ayam adalah cacing pita dan cacing gilig yang paling rentan menyerang anak, lalu untuk cacing pita yang biasanya menyerang ayam dewasa yang didukung dengan faktor cuaca membuat suasana yang lembab.

Penyakit Ngorok

 Penyakit Ngorok

Ngorok adalah salah satu penyakit yang biasanya menyerang ayam khususnya ayam kampung, lalu disebabkan oleh bakteri Mycoplasma galisepticum yang biasa disebut Chronic Respiratory Disease (CRD) atau sinusitis.

Penyerangan penyakit ngorok biasanya pada ayam berusia 4-9 minggu dengan kontak langsung, maka gejala yang akan terjadi pada ayam yaitu nafsu makan yang hilang, kurus, lesu, buih pada mata, keluar cairan pada hidung dengan nafas yang berbunyi seperti ngorok.

Pengobatan yang lebih efektif untuk peternak lakukan dengan pemberian berupa obat ayam seperti Bacytracyn yang bisa dilarutkan di air minum, Baytril 10% peroral, Mycomas, Tetracolin yang diberikan secara oral.

Penyakit Kolera

Penyakit Kolera Pada Ayam

Jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri Pasteurella multocida atau Pasteurella yang langsung menyerang pernafasan, lalu jenis ayam petelur dan ayam boiler yang cukup rentan terhadap penyakit kolera ini.

Penyebaran penyakit jenis ini cukup mudah dengan melakukan kontak langsung melalui barang-barang yang sudah terkontaminasi, lalu bakteri didalam penyakit ini akan menyerang pernafasan hingga pencernaan pada ayam.

Ayam yang terinfeksi penyakit kolera akan menunjukan gejala dengan nafsu makan yang terus berkurang bahkan hilang, sesak nafas, kebiruan pada jengger serta piall, kotoran encer dan bau busuk.

Pengobatan yang harus dilakukan oleh peternak adalah menggunakan koleridin, lalu juga menggunakan obat ayam dari herbal seperti daun pepaya dan juga temuireng yang harus direbus terlebih dahulu sebelum diberikan.

Obat Ayam yang Biasa Digunakan Terbukti Ampuh

Jenis-jenis obat ayam memang banyak tapi tidak semua peternak mengetahuinya apalagi untuk peternak pemula, nah untuk penjelasan dibawah ini tentang obat ayam yang mungkin akan membantu peternak antara lain:

Vita Chicks

Obat Ayam Vitamin Vita Chicks

Vita chicks adalah salah satu obat yang sering digunakan untuk ayam yang mengandung multivitamin dengan kombinasi Growth Promoter Antibotic, maka berfungsi sebagai obat pemulihan setelah ayam sakit atau untuk mempercepat masa pertumbuhan pada ayam.

Pemberian obat ayam jenis ini direkomendasikan pada saat ayam berusia dibawah 1,5 bulan, karena ayam yang berusia ini sangat rentan terhadap penyakit dan pemberian Vita Chicks untuk ayam yang sudah dewasa bertujuan untuk menjaga kesehatannya.

Jenis obat atau bisa dikatakan sebagai vitamin anti biotic yang memiliki fungsi umum untuk mempercepat masa pertumbuhan khususnya anak ayam, mencegah kekurangan vitamin, mengatasi stres dan mengurangi angka kematian pada anak ayam.

Vita Plex

Obat Ayam Vita Plex

Vita plex adalah bentuk vitamin B kompleks yang sangat dibutuhkan oleh ayam bahkan menjadi obat ayam setelah sakit, karena biasanya ayam yang sakit akan kekurangan vitamin pada tubuhnya dan peternak dapat memenuhi nya dengan memberikan Vita plex.

Perubahan cuaca yang sering terjadi pada kapanpun dan pemberian vitamin jenis ini bisa membantu ayam agar terhindar dari stress, karena stress juga dapat disebabkan oleh perubahan cuaca dari musim kemarau ke musim penghujan.

Stress juga bisa menjadi faktor utama yang membuat ayam sakit yang menyebabkan hilangnya nafsu makan, lalu vita plex sendiri memiliki fungsi utama sebagai obat ayam yang terserang penyakit akibat kekurangan vitamin B kompleks.

Tonikum Plus Ginseng dan Taurine

Obat Ayam Tonikum Plus Ginseng dan Taurine

Tonikum plus ginseng adalah salah satu obat ataupun vitamin yang mudah ditemukan dan sering digunakan oleh peternak ayam bangkok khususnya, karena penggunaannya memang untuk penambah kekuatan ayam bangkok atau ayam aduan dalam berlaga.

Penggunaan obat ini memang untuk mencegah ayam ngos-ngosan saat bertarung, sehingga dapat membantu ayam dalam memulihkan kondisi stamina setelah bertarung dan cara pemakaiannya juga cukup diberikan 2 kapsul sebelum bertarung serta 1 kapsul untuk pemeliharaan.

Neobro

Obat Ayam Neobro

Penggunaan salah satu obat ayam neobro ini biasanya untuk membantu ayam dalam meningkatkan bobotnya khusus untuk ayam pedaging, selain itu juga bisa digunakan untuk ayam aduan sebagai vitamin dalam masa pertumbuhannya yang menjadi lebih cepat.

Peran jenis obat ayam ini cukup penting dalam keefektifan ransum pakan untuk ayam, sehingga untuk ayam pedaging dapat meningkatkan bobot lebih cepat dan juga dapat meminimalkan stress serta dapat memperkuat sistem pertahanan tubuh dari penyakit-penyakit yang menyerang.

Tetra Chlor

Obat Ayam Tetra Chlor

Tetra chlor salah satu suplemen yang berfungsi sebagai antibiotik yang dapat mencegah penyakit yang menyerang ayam, maka dengan pemberian salah satu obat ayam yang menjadi solusi agar ayam tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Penggunaan kapsul tetra chlor memang bisa sebagai pencegahan ataupun penyembuhan dari beberapa penyakit yang menyerang ayam yang mengandung Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12 dan Vitamin C.

Trimezyn

Obat Ayam Trimezyn

Trimezyn adalah salah satu obat ayam yang sering digunakan peternak untuk menyembuhkan beberapa penyakit yang menyerang, khususnya untuk ayam kampung super atau biasa disebut dengan ayam joper.

Jenis obat yang cukup ampuh dan biasa digunakan oleh peternak hampir seluruh Indonesia dan Trimezyn mengandung kandungan Trimethoprim dan Sulfadiazine yang termasuk golongan antiseptik untuk menghancurkan bakteri.

Rooster Plus

Obat Ayam Rooster Plus

Rooster plus adalah salah satu obat ayam yang digunakan untuk mengobati berbagai penyakit pada ayam, sehingga penggunaan obat yang satu ini cukup penting untuk ayam yang sedang mengalami sakit dan juga dapat membantu ayam dalam mengembalikan nafsu makan yang hilang saat sakit.

Obat yang memiliki tekstur bubuk dengan neto yang beragam dalam penggunaannya, yaitu cukup satu hari dengan dua sachet yang dicampurkan dengan air hangat sekitar satu per empat gelas untuk pengobatan ayam yang sakit.

Sulfamix

Obat Ayam Sulfamix

Sulfamix merupakan jenis obat ayam yang memiliki fungsi utama sebagai antibiotik yang berguna untuk mengatasi penyakit yang menyerang seperti Coccidiosis (penyakit berak darah), Pullorum (berak kapur), Coryza (snot, pilek, muka bengkak), berak hijau (Acute kolera), dan CRD (batuk, ngorok).

Antibiotik yang memiliki komposisi dengan kandungan Sulfadimethyl Pyrimididine 750 mg dan Methyl Parasept 6 mg, lalu untuk penggunaannya bisa dibaca terlebih dahulu didalam kemasan obat jenis ini.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang penyakit yang sering menyerang unggas khususnya ayam, maka peternak harus mengenali gejala nya terlebih dahulu agar peternak dapat melakukan pengobatan ataupun pencegahan yang biasanya menggunakan vaksin dan obat ayam khususnya.

Kumpulan obat ayam diatas dalam penggunaannya memang tidak boleh dilakukan sembarangan, karena jika penggunaannya melebihi dosis akan memperburuk kondisi ayam dan peternak sangat disarankan untuk membaca terlebih dahulu tentang aturan pakai pada obat tersebut.

Related Topics

Give a Comment