Tips Mudah Pelihara Ikan Mas Koki Mutiara Bagi Pemula

Ikan mas koki mutiara adalah salah satu ras fancy yang cukup kuat dan memiliki ciri unik dari sisik mutiara yang dimilikinya, karena sebagai satu-satunya jenis yang bersisik mutiara membuatnya sangat populer sebagai peliharaan untuk menghiasi akuarium dirumah agar menjadi lebih bervariasi.

Keunikan yang dimiliki pada jenis ini memang cukup menarik perhatian apalagi jika dilihat sekilas, tentunya yang didukung dengan tampilan tubuhnya yang bulat serta memiliki sisik yang hampir sama seperti mutiara dan itulah asal usul namanya berasal hingga terkenal sampai saat ini.

Membahas ikan hias jenis ini memang tidak akan ada habisnya dengan jenis yang semakin beragam, nah untuk mengetahui secara detail tentang ikan mas koki mutiara ini. Mari simak penjelasan berikut, untuk mengetahui lebih jauh ciri-ciri yang dimilikinya!

Kenali! Asal Usul Ikan Mas Koki Mutiara

Asal Usul Ikan Mas Koki Mutiara

Jenis ikan hias yang satu ini sangat berbeda dengan jenis pada umumnya, karena tidak dibiakkan di Jepan atau China seperti jenis lainnya tapi sebagian besar banyak dikembangbiakkan di Negara Inggris dengan warna basic tubuh merah serta memiliki sisik pada tubuhnya yang khas membuatnya cukup menarik perhatian.

Sisik yang dimilikinya memang nampak dipermukaan kulit bergerigi seperti halnya buah jagung yang dikupas, selain itu juga berwarna putih pada sisiknya yang jernih hingga terlihat layaknya jerawat batu dan tubuhnya yang bulat ini menjadi jenis terbaru sampai tidak ada catatan nyata tentang mereka sebelum awal abad ke-20.

Harapan hidup untuk ikan jenis ini cukup lama tapi tergantung pada seberapa baik kualitas akuarium atau tempat hidup mereka, karena usia paling umum bagi jenis ini bisa mencapai 10-15 tahun dan kadang bisa meningkat hingga 20 tahun jika benar-benar dirawat dengan baik.

Jenis ikan mas koki yang satu ini bisa tumbuh sekitar 10-15 cm, namun beda cerita lagi jika perawatan yang diberikan pemiliknya sangat baik dapat berpengaruh besar bagi kondisi hidupnya hingga bisa tumbuh mencapai 2 kali lipat pada umumnya dengan kualitas akuarium yang terawat.

Mengenal Jenis Ikan Mas Koki Ranchu, Rajanya Ikan Hias

Cara Mudah Pelihara Ikan Mas Koki Untuk Pemula

Harga Ikan Mas Koki Mutiara

Harga pada ikan Chinsurin atau ikan mas koki yang paling unik ini memang bervariasi dan biasanya tergantung pada ukuran hingga kualitas, selain itu kelangkaan atau penampilannya yang istimewa ini biasanya memiliki ukuran sekitar 4-5 cm hingga bentuk harga jualnya juga cukup murah.

Ikan jenis ini yang memiliki jambul lebih aneh akan memiliki harga jauh lebih mahal, karena jambul tersebut dinilai lebih indah hingga dapat menarik perhatian orang yang melihatnya dan harga jualnya juga lebih malah dibandingkan dengan yang tidak memiliki jambul.

Selain itu, jenis ini yang sudah siap dipelihara atau sudah terlihat keindahan yang dimilikinya salah satunya untuk yang memiliki warna hitam polos ini dianggap sebagai ikan mas koki mutiara yang langka dan istimewa tersebut memiliki harga jual yang sangat mahal.

Jenis Pakan Ikan Mas Koki Mutiara

Jenis ikan yang satu ini memang tergolong kedalam hewan Omnivora yang dapat memakan banyak hal, namun kebanyakan para pemilik akan memberikan jenis pakan beku yang dianggap lebih baik hingga dapat membantu dalam mencegah bakteri yang masuk ke dalam akuarium daripada jenis pakan hidup.

Pemilik bisa memberikan jenis pakan Flake/Serpih tapi harus direndam terlebih dahulu sebelum memberikannya, karena ikan hias jenis ini sangat rentan terdapat masalah gelembung renang atau sembelit yang akan terjadinya pembengkakan pada perut mereka apalagi jika salah dalam pemberian pakannya.

Pencegahan sembelit juga bisa diatasi dengan memberikan jenis pakan kacang polong kupas, karena pakan tersebut bisa sebagai dari diet rutin agar tidak terjadinya sembelit hingga pemberian pakan tersebut paling tidak setiap minggu sekali.

Cara Merawat Ikan Mas Koki Mutiara!

Pemilik sangat disarankan untuk memberikan perhatian khusus pada sisik yang dimiliki memang sangat halus, maka perawatan yang diberikan dengan cara kasar pada sisiknya akan rusak dan hal tersebut bisa terjadi pada saat akuarium berukuran kecil tapi berisi ikan yang cukup banyak hingga terlihat padat.

Selain itu, bisa juga diakibatkan oleh beberapa dekorasi yang banyak didalam akuarium hingga memperbesar peluang mereka untuk menabrak benda-benda keras tersebut, maka dari itu penggunaan dekorasi memang harus benar-benar diperhatikan agar mereka tidak kehilangan sisiknya.

Sisik pada ikan tersebut tidak akan tumbuh lagi maka itulah yang menjadi alasan para pemilik untuk selalu menjaga kualitas sisiknya, sehingga penampilannya akan berubah drastis bahkan ciri khas yang dimilikinya pun tidak akan ada lagi.

Jenis Ikan Mas Koki Tikus

Ikan mas koki mutiara juga yang menyebutnya ikan mas koki tikus, karena bentuknya yang kecil sangat kontras sekali dengan ukuran badannya atau perutnya ini memang memiliki ukuran yang besar serta ukuran ekornya yang pendek ini jika dilihat sekilas memang hampir mirip dengan tikus apalagi dengan mulut yang kecil.

Julukan tikus pada ikan jenis ini juga bisa dilihat dari warna hitam polos pada umumnya tapi bukan hitam pekat, sehingga varian tersebut menjadi ikan yang paling langka dengan warna hitam polos ini bisa dilihat dari bentuk kepalanya yang dibagi menjadi dua varian yaitu ikan mas koki mutiara yang berjambul dan tidak.

3 Hal Penting Sebelum Pelihara Mas Koki

cara pelihara Ikan Koki Mutiara

Tata cara merawatnya memang bisa dibilang cukup susah, namun memiliki harapan hidup yang cukup panjang bahkan bisa puluhan tahun tapi untuk memeliharanya banyak orang yang kurang memahami cara memeliharanya.

Nah untuk mengetahui tata caranya, maka simak penjelasan berikut ada beberapa tips umum yang bisa dilakukan pada saat memelihara ikan mas koki ini antara lain:

Berikan Tempat yang Nyaman

Tempat adalah langkah yang pertama harus dipersiapkan dan jangan lupa untuk memperhatikan kenyamanan nya, karena jenis ikan mas yang satu ini sangat menyukai tempat yang luas terutama apabila ikan tersebut sudah berukuran besar jadi sangat disarankan untuk menyediakan tempat yang luas.

Nah untuk pemeliharaannya bisa menggunakan aquarium indoor dengan volume air minimal 250 liter agar ikan tersebut tetap bisa leluasa bergerak, sehingga ikan tersebut akan merasa lebih nyaman jika dibesarkan dalam habitat kolam yang luas hingga dapat tumbuh dengan sehat secara optimal.

Pastikan Kebersihan dan pH Air

Kebersihan juga menjadi faktor utama untuk mendukung kelangsungan hidup pada ikan mas yang satu ini, karena jika kebersihannya tidak dijaga akan membuat mereka mudah terinfeksi berbagai penyakit apalagi jika terlalu banyak kotoran didalam habitatnya.

Pemilik sangat disarankan untuk selalu membersihkan aquarium yang digunakan untuk kelangsungan hidup ikan mas koki, maka bisa dengan cara pengurasan apalagi masa sekarang sudah banyak teknologi yang dapat mengetes tingkat kebersihan air jadi pemilik tidak perlu menunggu sampai air keruh.

Penggunaan filter tersebut juga dapat membantu pemilik dalam menjaga kebersihan habitatnya, selain itu suhu air juga diperhatikan dan pada umumnya ikan mas koki bisa mentoleransi suhu antara 20 – 23 derajat Celcius serta tingkat pH yang dibutuhkan sekitar 6,8 sampai 7,6.

Selektif dalam Memilih Dekorasi

Pemilihan dekorasi juga harus diperhatikan bukan asal pilih agar aquarium terlihat lebih menarik, namun pada saat memelihara ikan hias jenis ini penggunaan dekorasi harus diperhatikan dan juga tidak boleh dipasang secara sembarangan apalagi jika memelihara ikan mas koki jenis black moor yang sensitif terhadap dekorasi.

Dekorasi yang tepat bisa menggunakan jenis tanaman air yang berdampak baik jika diletakkan pada aquarium salah satunya marimo ball, bolbitis (pakis air afrika), java fern, amazon sword, photos, anubias dan bisa juga menggunakan tanaman apung seperti eceng gondok air, selada air, duckweed serta juga frogbit.

Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan lebih dalam tentang ikan mas koki mutiara, karena beberapa penjelasan diatas cukup penting bagi yang tertarik untuk memelihara ikan jenis ini yang bisa dibilang cukup rumit apalagi khusus pemula.

Nah jika ingin memeliharanya, pemilik harus memberikan perawatan khusus untuk ikan mas koki mutiara ini yang memiliki sisik timbul tersebut harus dirawat dengan perawatan yang halus agar sisik tersebut tetap terjaga.

Tinggalkan komentar