Cara Mudah Pelihara Ikan Mas Koki Untuk Pemula

Ikan mas koki adalah jenis ikan air tawar yang sangat populer dijadikan sebagai penghias aquarium, karena memiliki tampilan yang sangat cantik ini pada awalnya dibudidayakan oleh masyarakat Tiongkok di sekitar tahun 960 terus berkembang hingga pada tahun 1729.

Tampilannya memang hampir serupa dengan ikan mas, maka tidak salah jika kedua jenis tersebut berasal dari satu keluarga yang sama tapi untuk jenis ini tidak memiliki sepasang sungut yang ada dibagian mulutnya yang dimiliki ikan mas.

Pada Negeri Matahari Terbit tersebut ikan ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, sehingga menghasilkan banyak jenis baru dengan bentuk yang lebih bervariasi berasal dari perkawinan silang yang terus dikembangkan dan untuk mengenalnya lebih dalam mari simak penjelasan dibawah ini!

Habitat Ikan Mas Koki

Habitat Ikan Mas Koki

Habitatnya ikan hias jenis ini pada air tawar dengan aliran yang lambat serta dangkal, karena banyak ditemukan pada daerah danau ataupun sungai dan ikan mas koki mampu bertahan hidup pada lingkungan air dengan pH antara 6 hingga 7 dan suhu sekitar 27o – 300o Celsius.

Nah untuk di negara 4 musim ikan jenis ini akan lebih aktif pada saat musim semi saja, karena pada saat itu suhu lingkungan sekitar bisa mencapai 12o hingga 20o celsius dan ikan jenis ini juga bisa melakukan pemijahan sepanjang tahun yang tidak dapat dipengaruhi oleh musim.

Berniat untuk memelihara ikan mas koki dalam penggunaan jenis air harus diperhatikan, karena hal tersebut sebagai media hidupnya yang harus memiliki perbandingan antara gas karbon dioksida (CO2) dan oksigen (O2) yang seimbang serta apabila kadar CO2 yang lebih tinggi dapat mengakibatkan kematian pada ikan.

Mengenal 9 Jenis Ikan Mas Hias & Cara Merawat

Banyak Gizi & Manfaat Ikan Lele Yang Baik Bagi Tubuh

Karakteristik Ikan Mas Koki

Karakteristik yang dimiliki hewan bertubuh bulat serta dengan ekor yang menjuntai tersebut, ternyata berasal dari nenek moyang yang tidak jauh berbeda dengan ikan mas hanya saja memiliki warna tubuh yang lebih cerah hingga terjadilah perkawinan silang yang dilakukan manusia menghasilkan ikan yang berbeda-beda serta unik.

Perkawinan silang tersebut juga semakin banyak hingga diperkirakan jenis ini di dunia sudah mencapai 130 jenis, nah untuk setiap jenisnya juga tentunya akan memiliki bentuk yang berbeda-beda salah satunya jenis yang paling populer adalah jenis oranda bertubuh bulat dengan benjolan di kepala nya.

Masa hidupnya juga cukup lama apalagi jika dirawat dengan perawatan yang baik ikan jenis ini bisa hidup hingga 10 tahun loh, selain itu ada yang lebih unik terdapat pada betina nya yang mampu mengeluarkan ribuan telur dan akan menetas dalam waktu dua hari tapi kadang ikan betina tersebut akan memakan telurnya sendiri.

Cara Merawat Ikan Mas Koki

Cara Merawat Ikan Mas Koki

Tata cara merawat ikan hias yang satu ini memang bisa dibilang cukup susah, namun memiliki harapan hidup yang cukup panjang bahkan bisa puluhan tahun tapi untuk memeliharanya banyak orang yang kurang memahami cara memeliharanya jadi sangat disayangkan jika sudah membelinya dengan harga maha tapi tidak mengetahui cara merawatnya.

Nah untuk mengetahui tata caranya, maka simak penjelasan berikut ada beberapa tips umum yang bisa dilakukan pada saat memelihara ikan mas koki ini antara lain:

Berikan Tempat yang Nyaman

Tempat adalah langkah yang pertama harus dipersiapkan dan jangan lupa untuk memperhatikan kenyamanan nya, karena jenis ikan mas yang satu ini sangat menyukai tempat yang luas terutama apabila ikan tersebut sudah berukuran besar jadi sangat disarankan untuk menyediakan tempat yang luas.

Nah untuk pemeliharaannya bisa menggunakan aquarium indoor dengan volume air minimal 250 liter agar ikan tersebut tetap bisa leluasa bergerak, sehingga ikan tersebut akan merasa lebih nyaman jika dibesarkan dalam habitat kolam yang luas hingga dapat tumbuh dengan sehat secara optimal.

Pastikan Kebersihan dan pH Air

Kebersihan juga menjadi faktor utama untuk mendukung kelangsungan hidup pada ikan mas yang satu ini, karena jika kebersihannya tidak dijaga akan membuat mereka mudah terinfeksi berbagai penyakit apalagi jika terlalu banyak kotoran didalam habitatnya.

Pemilik sangat disarankan untuk selalu membersihkan aquarium yang digunakan untuk kelangsungan hidup ikan mas koki, maka bisa dengan cara pengurasan apalagi masa sekarang sudah banyak teknologi yang dapat mengetes tingkat kebersihan air jadi pemilik tidak perlu menunggu sampai air keruh.

Penggunaan filter tersebut juga dapat membantu pemilik dalam menjaga kebersihan habitatnya, selain itu suhu air juga diperhatikan dan pada umumnya ikan mas koki bisa mentoleransi suhu antara 20 – 23 derajat Celcius serta tingkat pH yang dibutuhkan sekitar 6,8 sampai 7,6.

Selektif dalam Memilih Dekorasi

Pemilihan dekorasi juga harus diperhatikan bukan asal pilih agar aquarium terlihat lebih menarik, namun pada saat memelihara ikan hias jenis ini penggunaan dekorasi harus diperhatikan dan juga tidak boleh dipasang secara sembarangan apalagi jika memelihara ikan mas koki jenis black moor yang sensitif terhadap dekorasi.

Dekorasi yang tepat bisa menggunakan jenis tanaman air yang berdampak baik jika diletakkan pada aquarium salah satunya marimo ball, bolbitis (pakis air afrika), java fern, amazon sword, photos, anubias dan bisa juga menggunakan tanaman apung seperti eceng gondok air, selada air, duckweed serta juga frogbit.

Penggunaan dekorasi dalam bentuk tumbuhan air sangat berguna berperan penting dalam menurunkan kadar amonia pada air akuarium, karena amonia sangat berbahaya jika dibiarkan dan biasanya berasal dari bahan alami yang ada di akuarium serta untuk menghilangkan kadarnya bisa dengan mengganti air nya atau menambahkan tumbuhan air didalamnya.

Pemberian Makanan yang Sesuai

Berikanlah makanan yang tepat pada ikan jenis ini dan biasanya banyak memakan jenis hewan serta tanaman seperti serangga, zooplankton, cacing berukuran mikro, ganggang dan beberapa jenis tanaman air yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Selain makanan diatas, saat ini banyak pelet atau pakanan serpih yang memiliki kandungan nutrisi seimbang tapi ada beberapa jenis ikan dengan gelembung renang maka akan lebih baik jika menggunakan jenis pakan tenggelam bukan jenis pakan yang mengapung dan untuk penggunaan pakan juga harus disesuaikan dengan jenis ikan mas koki nya.

Harga Ikan Mas Koki

Harga Ikan Mas Koki
Goldfish in aquarium with green plants

Harga berbagai jenis ikan mas koki ini tentunya berbeda tergantung dari jenis nya, namun secara umum terdapat rentang harga yang dapat dijadikan sebagai acuan yang biasanya dilihat berdasarkan tingkat kesehatannya, kelangkaannya, kecantikannya hingga faktor lainnya.

Nah berikut daftar harga yang bisa dijadikan referensi sebelum membeli ikan hias jenis ini, karena tabel harga dibawah ini berdasarkan jenis yang memiliki keunikan masing-masing dan berikut harganya :

Jenis Ikan Mas KokiHarga
MutiaraRp70.000
Lionhead (Kepala Singa)Rp12.000 – Rp50.000
RyukinRp35.000
OrandaRp50.000
RanchuRp22.000 – Rp30.000
Choten Gan (Panda Moor)Rp40.000 – Rp60.000
Black Moor (Moor Hitam)Rp25.000 – Rp35.000,00
Butterfly Tail Moor (Ekor Kupu-Kupu)Rp13.000 – Rp75.000
Bubble Eye (Mata Gelembung)Rp25.000
CalicoRp30.000
TosakinRp45.000

Kesimpulan

Itulah informasi penting tentang ikan mas koki yang perlu diketahui apalagi untuk orang yang ingin memeliharanya tapi tidak mengetahui tata cara merawatnya, maka simak penjelasan diatas ada banyak hal yang perlu diketahui agar ikan tersebut selalu sehat.

Pemeliharaan untuk pemula sangat disarankan agar memelihara ikan mas koki jenis Ryukin, karena tidak ada perawatan khusus untuk jenis ini tapi dalam pemberian pakan jangan pernah memberikan jenis makanan mengapung yang akan meningkatkan resiko masalah gelembung renang pada pencernaannya.

Related Topics

Give a Comment