Cara Masak Ikan Kembung Untuk Pemula Agar Hasil Enak

Cara masak ikan kembung memang cukup mudah yang biasanya banyak dipadukan dengan berbagai bumbu Nusantara, selain memiliki rasa yang gurih pada dagingnya pengolahan ikan jenis ini dengan perpaduan bumbu mampu menghasilkan hidangan yang sangat menggugah selera.

Pengolahan yang tepat memang akan menghasilkan masakkan yang lezat, namun disisi lain kualitas ikan yang akan digunakan juga sangat berpengaruh besar terhadap rasa maka sangat disarankan untuk pengolahannya harus menggunakan ikan yang berkualitas tinggi.

Nah untuk yang tidak mengetahui tata cara memasak ikan kembung jangan khawatir, karena penjelasan berikut terdapat tata cara masak ikan kembung dalam bentuk olahan pepes yang akan membantu dalam memasak ikan laut jenis ini mari simak!

Cara Masak Ikan Kembung Pepes

Cara Masak Ikan Kembung Pepes

Tata cara memasak memang akan sama seperti memasak ikan jenis lainnya, nah untuk tata cara yang satu ini ikan kembung tersebut akan dibuat pepes dengan bumbu kuning yang sangat menggugah selera terutama bau yang dihasilkan bumbu tersebut serta berikut tata caranya :

Siapkan Bahan:

  • 500 gram ikan kembung
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 ikat daun kemangi (gunakan daunnya)
  • 1 batang daun bawang (diiris serong kecil)
  • 2 buah cabe merah (diiris menyerong)
  • 15 butir bawang merah (diiris tipis)
  • Daun pisang (untuk membungkus)

Bumbu Halus:

  • 10 butir kemiri (disangrai)
  • 4 siung bawang putih
  • 15 cm kunyit
  • 1/2 sdt gula pasir
  • Garam (secukupnya)

Tata Cara Masak Ikan Kembung Pepes:

  • Pertama bersihkan terlebih dahulu hingga isian didalam perutnya dikeluarkan, kemudian dicuci hingga benar-benar bersih dan tidak lupa untuk melumuri dengan air perasan jeruk nipis.
  • Setelah semuanya dilumuri diamkan kurang lebih 15 menit, nah untuk menunggu selama itu bisa mencampurkan bumbu halus dengan irisan bawang merah .
  • Tambahkan juga cabe merah dan daun bawang aduk hingga benar-benar rata, lalu lumuri pada seluruh bagian tubuh ikan serta masukkan bumbu tersebut ke bagian dalam tubuh ikan agar bumbu lebih meresap.
  • Siapkan daun pisang yang dialasi daun kemangi dan letakkan ikan berlumur bumbu tersebut, lalu tambahkan kembali daun kemangi dibagian atasnya hingga menutupi ikan.
  • Bungkus lah hingga rapih menggunakan, nah untuk masing-masing bungkusan tersebut bisa diatur sesuai selera atau bisa diisi 2 ekor ikan dalam setiap bungkusannya.
  • Panaskan kukusan dan masukkan bungkusan ikan tersebut, lalu kukus hingga 30 menit kemudian angkat pepes ikan kembung bumbu kuning tersebut.
  • Sajikan bersama nasi hangat.

Cara Memiliki Ikan Kembung Berkualitas

Cara Memiliki Ikan Kembung Berkualitas

Nah cukup penting diketahui tentang cara memilih ikan kembung yang berkualitas, karena dalam proses memasak cukup penting agar rasa lezat pada daging jenis ikan tersebut tetap terjaga serta kandungan didalamnya juga tetap utuh.

Manfaat Ikan Kembung Mampu Mencegah Stroke & Harga Murah

Daftar Harga Ikan Lele Di Indonesia Lengkap

Ikan yang mengandung berbagai macam kandungan gizi menurut Seafood Consumption and Componentes For Health yang menyebutkan jika penggunaan ikan dalam bentuk fresh akan mengandung Protein, Asam amino, Serat, Vitamin dan juga Mineral serta berikut ciri-cirinya yaitu:

Perhatikan Bagian Mata serta Insang

Memperhatikan bagian tersebut cukup penting sebelum melakukan tata cara masak ikan kembung, karena bagian mata dan insang bisa menjadi ciri utama bahwa ikan tersebut masih fresh serta jika dilihat bagian matanya terlihat jernih pada bagian tengahnya berwarna hitam tandanya ikan tersebut masih segar.

Permukaan matanya yang terlihat menonjol serta kenyal pada saat diraba juga akan menandakan bahwa ikan tersebut masih segar, namun jika warnanya akan terlihat keruh serta mengerut berarti ikan tersebut sudah tidak segar lagi atau tidak layak.

Selain itu, perhatikan juga bagian insang pada ikan tersebut dan jika warnanya masih merah atau bersih itu tandanya ikan tersebut dalam keadaan segar tapi beda cerita lagi jika insangnya berwarna keabuan atau cokelat berarti ikan sudah dalam keadaan busuk.

Periksalah Bagian Sisik dan Dagingnya

Bagian sisik juga akan menunjukkan kondisi ikan masih segar ataupun sudah tidak layak, karena untuk tata cara masak ikan kembung harus didukung oleh ikan yang masih segar agar proses memasaknya mampu menghasilkan masakkan yang tidak kala lezat seperti halnya direstoran.

Cara masak ikan kembung yang pertama adalah menggunakan jenis ikan yang segar, nah untuk mengetahuinya bisa dilihat dari sisik yang mengkilap serta berwarna terang berarti ikan laut jenis ini tandanya ikan sudah busuk.

Selain itu juga bisa dilihat dari bagian dagingnya dan jika memiliki warna yang cerah serta bertekstur kenyal itu tandanya ikan tersebut masih segar, namun jika terlihat kusam dan tekstur daging menjadi lunak tandanya ikan sudah tidak layak untuk digunakan.

Perhatikan Bagian Perut serta Aromanya

Perhatikan juga bagian perut pada saat membeli ikan jenis ini dan ikan yang segar akan memiliki aroma menyengat, nah untuk ikan busuk tentunya aroma yang akan tercium aroma amis cukup menyengat dan ha tersebut menjadi salah satu tata cara masak ikan kembung.

Nah jika bagian perut pada ikan kembung tersebut sudah terurai, maka ikan sudah dalam keadaan busuk serta tidak layak untuk dikonsumsi dan hal tersebut sangat penting diperhatikan pada saat memilih untuk dijadikan olahan yang menggugah selera.

Kesimpulan

Itulah tata cara masak ikan kembung dalam bentuk pepes yang sangat populer dengan bumbu kuning yang khas, nah untuk mencobanya jangan khawatir diatas juga terdapat resep yang bisa dicoba dan penjelasan diatas juga mengandung beberapa tips dalam pemilihan ikan kembung yang masih segar.

Related Topics

Give a Comment