Mengenal Jenis Kelinci Fg Besar ( Flemish Giant ),

Kelinci Fg atau Flesmish Giant adalah salah satu jenis kelinci termahal yang memiliki tubuh cukup besar dan sebanding dengan bobotnya yang bisa mencapai 20 kg bahkan lebih, sehingga sering disebut sebagai kelinci raksasa tersebut mulai dibudidayakan sejak awal abad ke-16 yang ditemukan di Belgia.

Pada awalnya penggunaan kelinci jenis ini yang sengaja dibudidayakan sebagai ternak penghasil daging, karena memiliki ukuran tubuh yang cukup besar daripada jenis pada umumnya walaupun memiliki harga cukup fantastis yang mencapai Rp 10 juta dan membuat penggunaannya sebagai hewan peliharaan.

Jenis hewan mamalia yang satu ini penggunaannya memang sebagai hewan penghasil daging, sehingga membuat kelinci jenis ini tidak terlalu terkenal apalagi memiliki harga jual yang cukup tinggi tapi hal tersebut bukan penghalang bagi para penggemar kelinci fg ini dan untuk mengenalnya lebih dalam mari simak penjelasan berikut!

Mengenal Kelinci Fg (Flemish Giant)

Kelinci yang memiliki tubuh besar ini pada mulanya berasal dari daerah Flanders atau bagian dari Negara Belgia, karena sebelumnya jenis ini penggunaannya sebagai hewan penghasil daging konsumsi yang berkualitas tinggi dengan tekstur daging yang begitu tebal apalagi daging hewan mamalia ini memiliki manfaat yang cukup banyak.

Ras asli untuk kelinci fg ini memang cukup sulit ditemukan tapi jangan khawatir saat ini banyak yang membudidayakannya dengan cara menyilangkannya dengan ras lainnya, maka dalam bentuk harga juga akan berbeda bahkan akan jauh lebih murah daripada ras asli.

Ketahui Jenis Kelinci Hias Yang Ada Di Indonesia

Penyebab Kelinci Tidak Mau Makan ( Tidak Nafsu Makan )

Nah untuk yang ingin memilikinya dengan ras asli sangat disarankan untuk mengetahui lebih dalam tentang Flemish Giant ini, karena hal tersebut agar di tipu oleh penjual dan perlu di ingat untuk kelinci yang sudah dewasa akan memiliki ukuran 20 inci atau kurang dari 50 cm.

Kelinci fg ras asli memang cukup banyak ditemukan di peternakan apalagi untuk jenis ini bisa dibilang mudah untuk dibudidayakan dan jangan pernah tergoda dengan hewan mamalia jenis ini yang memiliki corak berbeda, karena untuk jenis ini hanya memiliki satu 1 warna saja pada bulu yang berada di seluruh tubuhnya.

Ciri-ciri Kelinci Fg (Flemish Giant)

Kelinci fg berwarna coklat sedang bersantai di atas rumput-rumput hijau

Ciri-ciri yang harus diketahui memang penting khususnya untuk yang ingin memilikinya, nah ciri pertama yang menonjol adalah tubuhnya yang besar dengan kualitas fur nya tidak kalah bagus membuatnya menjadi primadona bagi para penggemar kelinci apalagi jika dijadikan sebagai kelinci hias.

Flemish Giant memiliki karakteristik yang bisa dilihat maulai dari rambut pendeknya yang biasa disebut dengan Shoert Hair, memiliki bobot super besar sekitar 6,3 kg untuk jantan serta pada betina dan memiliki bobot sekitar 6,8 kg apalagi jika pemilik melakukan perawatan yang tepat akan membuat bobot nya bisa menjadi lebih dari 15 kg loh.

Nah untuk variasi rambutnya sendiri cukup beragam dan yang paling sering ditemukan adalah warna steel gray (abu-abu besi) serta juga sandy (warna seperti pasir), selain itu juga memiliki warna lainnya yang penggunaannya memang untuk dipelihara serta juga disilangkan dengan ras lainnya untuk meningkatkan produksi daging.

Jenis Pakan Untuk Kelinci Fg (Flemish Giant)

Kelinci fg sedang memakan rumput-rumput hijau

Pemberian pakan memang akan sama seperti halnya pada jenis lainnya, namun untuk peternakan jenis ini di Indonesia sendiri berada di Kota Hujan atau Bogor ini biasanya memberikan jenis pakan hijauan, konsentrat, sayuran seperti lobak, wortel dan tidak lupa untuk selalu memberikan vitamin tambahan untuk menjaga daya tahan tubunya.

Memberikan multivitamin memang sangat penting apalagi saat terserang penyakit yang disebabkan oleh virus, maka dengan memberikan multivitamin akan membantu daya tahan tubuh kelinci dalam melawan virus tersebut dan juga akan mengembalikan nafsu makan yang hilang biasanya cukup rentan menyerang kelinci.

Berikan jenis multivitamin seperti Vitamin B12, Antibiotik dan juga B kompleks apalagi dalam fase penyembuhan serta untuk memberikannya bisa menyuapinya yang dibarengi dengan pemberian susu untuk menambah cairan di dalam tubuhnya.

Nah untuk anakan kelinci fg sangat disarankan untuk memberikan susu dari indukkan atau susu tambahan khusus kelinci, karena sistem pencernaan pada masa anakan ini memiliki sistem pencernaan yang sangat lemah tapi jika sudah mulai berumur 3 bulan bisa langsung memperkenalkan sedikit demi sedikit makanan pada umumnya.

Tata Cara Merawat Kelinci Fg (Flemish Giant)

Kelinci termasuk hewan peliharaan yang memiliki sifat agresif yang tentunya sangat membutuhkan jenis kandang yang memiliki ruang gerak cukup, selain itu juga ukuran kandang harus diperhatikan agar kelinci dapat benar-benar berbaring dan berdiri tanpa menabrak bagian atas kandang.

Gunakan jenis kandang dengan bagian lantai yang dilapisi berbahan kardus atau bahan lainnya, karena hal tersebut bisa digunakan sebagai persembunyian dan memenuhi kebutuhan hewan mamalia ini terhadap waktu tenangnya yang biasa tidur di waktu siang serta malam hari.

Beda ceritanya lagi jika sistem pemeliharaannya di rumah dan hal pertama yang bisa dilakukan adalah menyiapkan tempat tinggal dengan tempat yang dianggap paling aman apalagi kelinci termasuk hewan yang cukup menarik perhatian, nah sangat disarankan untuk menempatkannya di dalam ruangan dengan menjauhkan barang-barang yang cukup membahayakan baginya.

Perhatikan pemberian pakan yang jenis padat dan sangat disarankan untuk mengurangi jenis pakan padat memang cukup penting agar tidak rentan terserang penyakit usus, maka pemberian pakan akan lebih bagus jika memberikannya dengan beragam atau dijadwalkan.

Harga Kelinci Fg (Flemish Giant)

Kelinci jenis Flemish Giant sedang terduduk yang memperlihat seluruh badannya yang super Giant

Kelinci yang satu ini memiliki harga yang cukup beragam tergantung pada jenis dan ukurannya, nah untuk kelinci Flemish Giant hasil import dan juga jika indukan yang berjenis kelamin jantan akan memiliki harga sekitar Rp 1.500.000 hingga Rp 2.500.000 dan harga tersebut sebanding dengan kualitas daging yang dimilikinya.

Jenis ini juga memiliki harga yang cukup mahal jika sudah berumur dewasa dan tentunya juga kelinci Flemish Giant dengan ras asli tanpa persilangan akan memiliki harga yang bisa mencapai sekitar Rp 10.000.000 loh, maka untuk para peternak sangat disarankan untuk lebih pintar dalam menyilangkannya agar mendapatkan kelinci pedaging unggul hingga harga jual semakin tinggi.

Kesimpulan

Itulah informasi lebih dalam dan juga singkat tentang kelinci fg atau biasa disebut dengan Flemish Giant, karena penjelasan diatas bisa membantu bagi para pemilik pemula yang ingin memelihara jenis ini agar bisa melakukan perawatan yang tepat.

Pembelian jenis ini juga harus hati-hati apalagi untuk yang menginginkan ras asli dari Flemish Giant, karena banyak para peternak yang menyilangkan ras asli dengan ras lainnya hingga menghasilkan kelinci yang memiliki bobot besar dan tentunya akan tetap unggul untuk kelinci fg.

Related Topics

Give a Comment