Mengenal 3 Jenis Kelinci Rex Pure Di Indonesia

Kelinci rex pure adalah jenis kelinci yang berasal dari ras Rex yang tidak disilangkan dan untuk memahami hewan bertelinga panjang dari rex pure ini cukup mudah yang lebih menegaskan pada rasnya, namun masih saja membuat beberapa mayoritas orang merasa rumit untuk memahaminya hingga berpendapat bahwa kata pure tersebut menegaskan pada kualitasnya.

Pure pada hewan peliharaan ini memang masuk ke dalam istilah yang biasa digunakan untuk mengelompokkan yang lebih menegaskan pada ras daripada kualitasnya, maka istilah-istilah tersebut cukup banyak untuk ras ini dengan berbagai macam penjelasan dan untuk menggunakan istilah tersebut sangat disarankan untuk memahaminya terlebih dahulu.

Rex adalah ras yang pertama kali dipamerkan di depan umum pada tahun 1924 yang lebih tepatnya di Paris, lalu untuk diakui sebagai trah standar sejak tahun 1925 yang paling banyak di bagian Eropa dan breed tersebut masuk ke AS setelah Paris Internasional Rabbit Show di tahun 1924 serta untuk memahami tentang istilah kelinci rex pure mari simak penjelasan berikut!

Beberapa Jenis Kelinci Rex Pure

Istilah pada ras ini memang cukup banyak dan yang paling populer adalah rex pure, karena istilah tersebut cukup hangat diperbincangkan yang dimana istilah tersebut sedikit lebih rumit dalam penegasannya dan berikut istilah-istilah lainnya yaitu :

Kelinci Rex Pure

Kelinci Rex Pure

Pure adalah istilah yang sering gunakan para peternak adalah jenis kelinci yang berasal dari turunan atau silsilah asli dan tidak pernah mengalami persilangan dengan jenis lainnya, nah untuk di negara Indonesia sendiri istilah pure ini adalah jenis kelinci yang berkualitas tinggi serta dihasilkan dari luar negeri merupakan kelinci dari kontes.

Namun pernyataan tersebut bisa dibilang kurang tepat, karena tidak selamanya bisa dijadikan sebagai kelinci kontes dan keturunan berkualitas serta untuk istilah dari silsilah turunan juga masih orisinil hingga tidak salah jika banyak orang yang menganggapnya sebagai kelinci kontes.

Mengenal Jenis Kelinci Anggora Lokal

Kelinci Pedaging, Salah Satu Kelinci Yang Bisa Di Masak

Penggunaan istilah pure memang tidak sembarangan dan harus memahaminya terlebih dahulu agar tidak salah dalam penggunaannya, namun banyak orang yang menggunakannya dengan menegaskan kualitas tapi arti yang paling tepat untuk istilah pure ini adalah jenis kelinci yang berasal dari ras asli atau tidak pernah disilangkan.

Nah untuk yang ingin mencari hewan peliharaan ras ini dengan kualitas tinggi sangat tidak dianjurkan untuk tetap menggunakan istilah kelinci rex pure, karena pure pada hewan peliharaan yang satu ini kualitas terbaik dari pure adalah kualitas show maka untuk mencari kualitas terbaik carilah dengan kualitas yang show.

Kelinci Rex Lokal

Kelinci Rex Lokal berwarna hitam

Rex lokal adalah istilah yang sering digunakan merupakan jenis kelinci berasal dari keturunan rex yang sudah dikombinasikan dengan jenis lainnya, nah banyak orang yang beranggapan bahwa istilah ras lokal ini tidak bagus dijadikan sebagai kelinci kontes dan padahal tergantung pada jenis yang disilangkannya tentunya berbeda dengan kelinci rex pure.

Tampilan biasanya pada rex lokal ini sangat menarik perhatian dengan tampilannya yang cantik dan menggemaskan, maka cukup pas jika diikut sertakan kontes yang bisa menjadi peluang cukup besar untuk menduduki kejuaraan dengan beberapa kategori penilaian tertentu tapi jika persilangan tersebut berasal dari jenis biasa saja hingga hasilnya hanya dimanfaatkan sebagai kelinci pedaging.

Perkembangan istilah rex lokal di Indonesia menjadi perbincangan yang cukup hangat, karena banyak yang beranggapan bawah rex lokal adalah kelinci rek yang tidak pure padahal peranakan rex import yang sudah dikembangkan di Indonesia umumnya sudah bisa dikatakan sebagai rex loka tapi banyak orang tetap mengatakan sebagai rex tidak pure.

Kenapa dikatakan sebagai rek tidak pure? Karena alasannya terdapat pada kata “Lokal” yang sudah dipahami tersebut tidak lagi bermakna sebagai produk dalam negeri, namun lebih bermakna pada rex yang sudah dikembangkan di Indonesia pada masa lampau atau secara kasarnya adalah jenis rex lokal yang sudah rusak kualitasnya.

Kelinci Rex Cross

Kelinci Rex Cross sedang bersantai diantara rumput-rumput

Namanya saja kelinci cross yang memiliki arti dalam bahasa inggris untuk cross sendiri di artikan sebagai “Silang”, maka jika disambungkan adalah kelinci silang dan hewan peliharaan yang masuk ke dalam istilah cross ini bisa diartikan dengan berbagai macam penyebutannya bisa berarti sebagai ras silangan atau juga silangan antar line.

Kelinci rex yang satu ini ternyata pengertian yang dimaksud adalah persilangan antar kelinci rex pure dengan rex lokal, sehingga menghasilkan jenis yang cukup mudah dalam perawatannya dengan tekstur bulu yang lebih tipis dan cukup mudah dalam merawat kualitas bulunya serta juga memiliki bulu yang tidak mudah rontok.

Ciri ciri Kelinci Rex

Jenis kelinci yang satu ini memiliki fungsi yang bisa digunakan sebagai penghasil daging konsumsi yang berkualitas, selain itu juga cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan dan kontes apalagi jenis kelinci rex pure bisa dibilang salah satu hewan yang cukup pintar hingga membuatnya bisa dilatih berbagai macam trik dan berikut ciri-cirinya yaitu:

Ciri-ciri kelinci rex  dengan ras asli
  • Memiliki bobot yang bisa dibilang cukup standar yaitu sekitar 3,5 hingga 5 kg, selain itu juga memiliki ukuran mini dengan berat badan sekitar 1,4 hingga 4,2 kg.
  • Kelinci yang memiliki bulu pendek dengan tekstur yang lebih halus seperti halnya beludru yang nampak kemerahan.
  • Bagian daun telinga yang lebar serta tegak, nah ini lah menjadi ciri khas nya.
  • Memiliki warna bulu yang lebih beragam mulai dari hitam, biru, merah dan bahkan juga memiliki kombinasi 3 warna dengan varietas terpopuler adalah jenis White rex.

Kesimpulan

Itulah istilah-istilah yang biasa digunakan para peternak dalam memperkenalkan jenis kelinci yang berasal dari ras Rex, namun dari ketiga istilah terdapat salah satu yang penggunaannya sering mengalami kesalahpahaman adalah jenis kelinci rex pure yang dimana kesalahan terjadi pada arti dari pure tersebut.

Kelinci rex pure sendiri dalam penggunaannya yang cukup banyak dipahami adalah istilah yang sering digunakan dalam menentukan kualitas, sedangkan arti sesungguhnya adalah lebih menegaskan kepada ras dan penjelasan di atas juga terdapat ciri-ciri dari kelinci rex yang harus diketahui sebelum membelinya.

Give a Comment