Mengenal Jenis Kelinci Anggora Lucu Di Indonesia

Kelinci anggora apakah pernah mendengarnya? Nah ternyata ras anggora tidak hanya berasal dari kucing saja, karena salah satu jenis kelinci hias pun begitu yang berasal dari Ankara, Turki dengan ciri yang cukup umum yaitu memiliki bulu cuku lebat serta lembut membalut seluruh tubuhnya hingga wajahnya yang kadang tidak terlihat.

Jenis ini pada awalnya ditemukan oleh pelaut Inggris yang dibawa ke Prancis pada tahun 1723 dengan bobot sekitar 3,5 kg, nah biasanya hewan mamalia ini cukup aktif hingga berlarian dan beda ceritanya lagi untuk kelinci anggora ini akan terlihat lebih kalem dari pada biasanya serta untuk harganya juga cukup mahal sekitar Rp 600.000 – Rp 2.000.000.

Hewan menggemaskan ini masuk ke dalam Mamalia dari familia Leporidae yang memiliki jenis cukup banyak di seluruh bagian dunia dan sangat recomended, apalagi jika dijadikan sebagai hewan peliharaan pada umumnya dan untuk penjelasan lebih dalamnya mari simak penjelasan berikut.

3 Jenis Kelinci Anggora

Ras anggora pada kelinci memang memilik berbagai macam jenis seperti halnya pada kucing, nah untuk jenis lainnya yang biasanya berasal dari persilangan dilakukan ras anggora dengan ras lainnya hingga menghasilkan jenis yang cukup beragam antara lain:

Kelinci Anggora Lokal

Kelinci Anggora lokal yang pertama kalinya masuk ke tanah Jawa dan dibawa oleh orang dari Belanda pada tahun 1835 yang penggunaannya sebagai hewan peliharaan, sehingga sudah terbukti bahwa kelinci telah menjadi binatang peliharaan sejak 182 tahun lalu dan untuk seluruh masyarakat Indonesia sebagai binatang peliharaan dengan berbagai latar belakang dan kelas ekonomi.

Kelinci anggora lokal Indonesia

Ras anggora pada hewan bertelinga panjang ini memang paling banyak dibudidayakan di Indonesia, karena bobotnya sendiri bisa mencapai sekitar 6 kg dan beberapa jenis lainnya sangat populer sebagai kelinci yang tidak menyukai lingkungan yang lembab jadi untuk yang ingin memeliharanya harus memperhatikan faktor suhu lingkungan.

Hewan mamalia jenis ini dalam penggunaannya memang tidak hanya untuk dipelihara saja, namun banyak juga yang sengaja dipelihara untuk dijadikan sebagai hewan pedaging yang dimana dagingnya dimanfaatkan untuk dikonsumsi dan pada bagian bulunya memang cukup tebal yang dimanfaatkan para untuk dijual sebagai bahan pembuatan baju hangat.

Ternak Bebek Peking F1

Mengenal Jenis Bebek Hibrida

Harga Kelinci Anggora Lokal

Harga yang bisa dibilang sangat terjangkau dan hewan mamalia jenis ini juga masuk ke dalam jajaran hewan peliharaan yang sangat favorit, namun untuk bentuk harga bisa di bawah Rp 50.000 loh apalagi untuk kategori hewan mamalia ini cukup produktif untuk dikembangkan.

Kenapa harga kelinci anggora lokal lebih murah? Karena jenis ini berasal dari persilangan yang pastinya akan memiliki kekurangan, maka untuk harga yang dimilikinya sekitar Rp 45.000 sampai Rp 55.000 dan untuk anakan kelinci anggora Indonesia akan dihargai sekitar Rp 150.000 serta bisa lebih tergantung pada keunikannya sendiri.

Pembelian ras anggora lokal biasanya dalam bentuk sepasang untuk di kembangbiakkan kembali apalagi jenis ini memiliki harga yang bisa dibilang cukup mahal, maka dengan membeli sepasang akan membuat para penggemar mampu menghemat budget untuk membeli keperluan lainnya untuk mendukung pemeliharaan.

Jenis kelinci anggora lokal ini memang berasal dari hasil perkawinan dengan jenis kelinci lainnya yang mampu menghasilkan ras anggora, sehingga akan memiliki harga jauh lebih murah daripada jenis anggora pada umumnya dan untuk di Kota Karawang sendiri memiliki harga yang paling tinggi sekitar Rp 100.000 dengan usia 2 bulan keatas.

Cara Merawat Kelinci Anggora Lokal

Tata cara merawatnya memang akan sama seperti halnya ras anggora lainnya pada hewan mamalia bertelinga panjang ini, tentunya dengan memberikan jenis pakan yang seimbang dan selalu memberikan multivitamin untuk mendukung daya tahan tubuhnya agar tidak mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh virus.

Jaga selalu kebersihan pada kandangnya apalagi ras jenis ini sangat tidak menyukai lingkungan yang lembab, maka dari itu pemilik harus benar-benar menjaga suhu ruang jika dipelihara di dalam rumah dan jika dipelihara diluar rumah juga harus menjaga lingkungan kandang dari suhu yang membuatnya lembab.

Kelinci Anggora Inggris

Kelinci anggora Inggris berwarna putih

Jenis ras anggora yang satu tidak kalah populer dengan ras anggora lainnya di kalangan para pencinta hewan bertelinga panjang ini, sehingga tidak salah jika penggunaannya di jadikan sebagai hewan peliharaan dengan sikapnya begitu jinak apalagi jenis ini memiliki tampilannya yang cukup unik sebagai daya tarik.

Ras anggora dari Inggris ini termasuk ke dalam varian anggora yang memiliki bulu cukup tebal dan panjang jika dibandingkan dengan ras anggora lainnya, maka tidak heran jika sekilas bagian telinga dan mata tidak akan terlihat yang disebabkan oleh bulu yang hampir menutup seluruh muka nya.

Ciri khas yang dapat ditemukan terletak pada bentuk telinganya yang berdiri tegak seperti halnya seekor anjing, lalu bobotnya juga bisa mencapai 2 kg hingga 4 kg yang membuatnya akan terlihat menggemaskan dan sangat pas dijadikan sebagai hewan peliharaan untuk menemani bermain.

Harga Kelinci Anggora Inggris

Harga pada ras anggora yang satu ini cukup mahal tergantung pada jenis ras anggora Inggris ini akan memiliki harga sekitar Rp 500.000 – Rp 3.200.000, selain itu terdapat juga harga yang lebih miring ataupun lebih murah untuk membelinya sangat disarankan memilih kelinci yang masih berumur 2-3 bulan sekitar Rp 100.000 hingga Rp 300.000.

Pedagang kelinci biasanya berada dipinggir jalan dan sangat disarankan jangan membelinya, karena hewan mamalia tersebut pastinya sudah terserang stres yang disebabkan suara kebisingan jalan raya dan kesehatannya juga akan terpengaruh cuaca serta juga lingkungan yang tidak biasanya.

Cara Merawat Kelinci Anggora Inggris

Tata Cara Merawat Kelinci Anggora Inggris

Cara merawatnya juga akan lebih memperhatikan kebersihan bulunya apalagi ras jenis ini memiliki bulu cukup lebat serta juga cukup panjang, sehingga membuat para pemilik harus selalu menyisir bulu-bulu di seluruh tubuhnya agar terhindar dari bulu-bulu yang menggumpal di dalam sistem pencernaannya.

Selain itu jaga kebersihan di bagian kuku dan jangan pernah membiarkan hewan peliharaan yang menggemaskan ini memiliki kuku yang panjang, karena selain membahayakan bagi pemiliknya dan juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulitnya apalagi jika kuku tersebut kotor.

Pemberian pakan juga harus diperhatikan apalagi untuk menghindari masalah yang sering terjadi seperti bulu-bulu yang menggumpal di dalam sistem pencernaannya, sehingga jenis pakan yang harus diberikan banyak yang mengandung serat untuk mengeluarkan gumpalan bulu tersebut seperti jerami ataupun rumput.

Keamanan memang harus menjadi faktor utama diperhatikan dalam pembuatan kandang yang bisa menjaga kelinci anggora dari berbagai macam predator, selain itu juga kenyamanan pada hewan mamalia ini harus terjaga dengan rutin membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada kandang.

Kelinci Anggora Jerman

Jenis hewan mamalia bertelinga panjang ini banyak dijumpai di Negara Amerika Serikat dan juga Kanada yang memiliki ciri cukup khas, karena jenis ini memiliki bulu yang panjang dan lebat tersebut pada umumnya banyak juga dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk pembuatan wool.

Kelinci anggora Jerman berwarna hitam dan putih

Bobot pada jenis hewan mamalia menggemaskan ini hanya mampu mencapai bobot sekitar 2 hingga 5 kg saja, namun bulunya yang halus serta panjang menjadi daya tarik tersendiri dengan karakter yang lebih kalem membuatnya sangat pas dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Harga Kelinci Anggora Jerman

Harga pada ras anggora jenis ini yang tentunya dapat dibedakan pada umurnya yang biasanya memiliki harga mencapai Rp 400.000 untuk yang masih berumur 1-3 bulan, nah jika hewan mamalia tersebut sudah berusia 4 bulan akan memiliki harga yang bisa dibilang cukup mahal yaitu sekitar Rp 700.000.

Fungsi dari jenis kelinci yang satu ini cukup beragam dan biasanya banyak memanfaatkan bulunya yang tebal serta juga panjang untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan wol, sehingga hal tersebut bisa membuat harganya semakin tinggi jika memiliki bulu yang berkualitas.

Cara Merawat Kelinci Anggora Jerman

Cara merawatnya memang tergantung pada jenisnya dan untuk jenis ini yang memiliki bulu jauh lebih lebat dan halus, maka cara merawatnya juga akan sangat apalagi jenis kelinci anggora Jerman ini dalam perawatan yang dilakukan harus lebih fokus dalam menjaga kualitas bulunya.

Pemberian pakannya juga harus mengandung nutrisi yang akan menjaga kesehatan bulunya, selain itu kebersihan bulunya juga harus terjaga apalagi bulu yang kotor akan menjadi jalannya virus untuk berkembang biak hingga bersarang di dalam bagian kulit luarnya.

Pakan yang sangat dibutuhkan adalah jenis pakan yang mengandung serat dan protein tinggi, karena kandungan protein yang tinggi akan mendukung produksi bulu serta untuk kandungan serat yang tinggi berperan penting dalam mengurangi risiko terkena penyakit dan sangat disarankan memberikan pakan dengan kandungan protein sekitar 18%.

Jenis pakan yang harus dibatasi adalah wortel, rumput hijau, pisang dan jangan pernah sesekali mengganti jenis pakannya secara mendadak yang akan membuat hewan mamalia bertelinga panjang ini mogok makan serta sangat berpengaruh dalam kesehatannya.

Kesimpulan

Itulah informasi lebih dalam mengenai jenis kelinci anggora yang tentunya memiliki ciri khas masing-masing, nah perlu diingat untuk ras ini memang memiliki jenis bulu cukup lebat serta juga panjang yang membuat pemeliharaan harus lebih fokus pada kualitas bulunya.

Jenis-jenis hewan mamalia bertelinga panjang di atas masuk ke dalam kategori kelinci anggora lucu, maka jika tertarik untuk memeliharanya harus mengetahui tata cara merawatnya agar dapat memberikan perawatan yang tepat hingga membuatnya berkualitas.

Related Topics

Give a Comment