3 Jenis Kandang Merpati Yang Wajib Kamu Pelajari

Kandang didalam dunia peternakan akan menjadi sesuatu yang paling penting diperhatikan dan menjadi langkah pertama yang harus dilakukan adalah pembuatan kandang, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas ternak dan salah satunya kandang merpati.

Bahan-bahan untuk membuat kandang sangat disarankan menggunakan bahan-bahan yang ringan, agar kandang tersebut dapat diletakkan sesuai keinginan dan biasanya kandang akan diletakkan dibagian atas pohon khusus untuk merpati tidak lupa membuat Ventilasi udara agar dapat memperoleh udara yang segar.

Bentuk kandang diperhatikan dan untuk kandang yang ideal akan membujur arah utara ke selatan, karena agar kandang tersebut mendapatkan akses cahaya yang cukup dari sinar matahari dan berikut penjelasan kandang merpati mari simak!

Sistem Pemeliharaan Burung Merpati

Pemeliharaan Burung Merpati

Sistem pemeliharaan burung merpati akan berbeda tergantung dari penggunaannya, namun biasanya banyak yang menggunakan sistem pemeliharaan yang dilepas bebas sekitar rumah tapi tetap tersedia untuk kandang merpati dan berikut sistem pemeliharaan yang bisa dilakukan :

Sistem Umbaran

Sistem umbaran ini akan menjadi cara utama yang bisa dilakukan para pecinta burung merpati dalam sistem pemeliharaannya, karena dengan melepaskan secara bebas tanpa dimasukkan kedalam kandang merpati tapi tetap tersedia kadang untuk istirahatnya dan bertelur.

Memiliki kelebihan yang membuat para pecinta merpati dapat menekan biaya pakan, karena jika burung merpati dilepas liar bias mendapatkan makanan dari alam bebas yang dapat menghemat biaya pakan.

Kelebihan tersebut memang menggiurkan para peternak tapi sistem umbaran ini juga memiliki kelemahan, yaitu membuat perkembangbiakan burung merpati tidak terlalu insentif dan bahkan asal-asalan.

Sistem Intensif

Sistem intensif adalah pemeliharaan yang hampir sama dengan sistem umbaran, namun untuk sistem ini wilayah untuk burung merpati bergerak akan semakin diperkecil atau tidak dilepas bebas seperti sistem umbaran tetap berada didalam kandang tapi jenis kandang utama yang lebih luas.

Pemeliharaan dengan sistem intensif juga tetap membutuhkan kandang dengan tempat agar merpati dapat berlindung maupun bertelur yang biasanya digunakan peternak burung merpati, lalu telur tersebut bisa dipisahkan dari induknya untuk ditetaskan di alat indikator.

Proses perkembangbiakan dengan sistem ini akan lebih cepat dan menjadi salah satu dari kelebihannya, namun kekurangannya yang membuat peternak burung merpati khususnya harus lebih banyak menyediakan pakan.

Membuat Kandang Burung Merpati

Jenis-jenis kandang merpati yang biasa digunakan untuk pemeliharaan burung cukup jinak ini harus diketahui, karena akan lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu jenis kadang beserta kelebihan dan kekurangannya yaitu:

Kandang Umbaran

Kandang Umbaran Merpati

Jenis kandang umbaran dan sistem pemeliharaan umbaran memang berkaitan, karena untuk jenis kandang umbaran tetap memerlukan sebuah rumah-rumahan yang biasanya berupa susunan-susunan atau pagupon.

Kandang jenis ini biasanya juga terletak dipohon sekitar rumah dan merpati-merpati tersebut akan dilepas bebas, namun didalam kandang jenis ini akan tersedia tempat untuk berteduh bahkan bersarang saat bertelur dan berikut kelebihan serta kekurangannya yaitu:

Kelebihan kandang Umbaran

  • Dampak yang cukup penting dari penggunaan jenis kandang yang satu ini, karena akan membuat merpati menjadi lebih sehat dengan hidup yang lebih bebas.
  • Pemberian pakan yang lebih praktis bisa ditaburkan pada permukaan tanah, maka merpati akan menghampiri sendiri dan untuk menghindari rebutan bisa menyediakan wadah pakan yang besar.
  • Menjaga kebersihan kandang yang cukup mudah, karena para burung merpati akan terbang kesana ke kemari dan tidak akan terus menerus didalam kandang merpati.

Kekurangan Kandang Umbaran

  • Burung merpati bebas terbang kemana pun yang akan mengakibatkan merpati tersebut memiliki sifat liar, sehingga membuatnya tidak mudah untuk dipegang.
  • Kadang pada saat masa bertelur tiba banyak burung merpati yang bertelur tidak pada tempatnya, karena diakibatkan kalah dalam rebutan pagupon untuk bertelur.
  • Penggunaan kandang merpati jenis ini memang cukup rawan dicuri orang, maka keamanan yang lemah membuat pemiliknya harus sering berjaga agar tidak dicuri.

Jenis Kandang Koloni

Kandang Koloni  Merpati

Jenis kadang yang satu ini memiliki ukuran yang cukup besar dimana dalam satu kandang terdapat beberapa pasang merpati, sehingga semua aktivitas burung akan dilakukan didalam kandang yang membuat pemeliharaan lebih intensif.

Kandang merpati jenis ini memang akan sangat berbeda daripada kandang jenis lainnya, karena kadang koloni ini membuat burung tidak bisa terbang bebas dan terdapat sebuah pembatas berupa kayu atau kawat yang tentunya memiliki kekurangan serta kelebihan yaitu:

Kelebihan Kandang Koloni

  • Kelebihan pertama yang membuat merpati tetap bergerak bebas tanpa membawa sifat liar, tentunya tidak akan seperti jenis kandang umbaran.
  • Sistem pemeliharaan yang lebih mudah, karena hanya membutuhkan satu atau dua wadah pakan saja dan tidak lupa untuk selalu menyediakan tempat minum untuk beberapa pasang merpati.
  • Masa birahi dari sang induk akan lebih meningkat dengan adanya pasangan lain didalam satu kandang, apalagi burung merpati adalah jenis burung yang memiliki sifat pada pasangannya.

Kekurangan Kandang Koloni

  • Penggunaan kandang jenis ini yang kemungkinan besar akan terjadinya pertarungan dalam rebutan sarang, maka kandang jenis akan lebih cocok penggunaannya untuk masa peremajaan.
  • Penularan penyakit pada merpati akan lebih mudah, sehingga untuk pencegahan nya dengan selalu memperhatikan kebersihan dan pengecekan kesehatan pada burung merpati.

Jenis Kandang Baterai

 Kandang Baterai Merpati

Jenis kandang baterai biasanya disebut dengan kandang individual yang dikumpulkan disuatu tempat, karena didalam kandang jenis akan terdiri dari sepasang burung merpati dan biasanya dinding pada kandang jenis ini akan terbuat dari kawat.

Ukuran pada kandang merpati yang satu ini mungkin akan lebih kecil dari jenis kandang sebelumnya, selain itu kandang baterai untuk burung merpati ini tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangannya antara lain:

Kelebihan Kandang Baterai

  • Indukkan dikandang baterai ini akan lebih leluasa untuk berproduksi, sehingga tidak perlu untuk berebut sarang.
  • Kesehatan pada burung merpati akan lebih terjaga, karena pada satu kandang hanya berisi satu pasang yang mudah di antisipasi jika salah satunya terserang penyakit.

Kelemahan Kandang Baterai

  • Pembuatan kandang jenis ini akan memiliki biaya yang cukup besar daripada pembuatan kandang jenis lainnya, walaupun hanya untuk sepasang merpati saja.
  • Memiliki perawatan yang lebih rumit apalagi saat membersihkan kandang, karena harus dibersihkan satu persatu.
  • Burung merpati tidak akan bergerak leluasa yang disebabkan oleh kandang yang terlalu kecil, sehingga tidak jarang merpati akan mengalami stress.

Kesimpulan

Kandang akan menjadi sesuatu yang cukup penting didalam pembuatan nya juga harus benar-benar diperhatikan, karena akan menjadi faktor utama untuk menjaga kualitasnya dan penggunaan kandang merpati juga akan berbeda.

Penjelasan diatas memiliki beberapa jenis kandang yang sering digunakan dalam breending merpati, oleh karena itu informasi diatas semoga membantu para pecinta merpati dalam merencanakan breending nya.

Related Topics

Give a Comment