Pelihara Merpati Balap ? Pelajari Cara Merawatnya

Merpati balap adalah jenis burung yang hasil perkembangbiakan dari burung merpati secara khusus, karena agar menghasilkan burung dengan terbang yang lebih cepat untuk mengikuti kontes adu kecepatan spesies burung.

Jenis burung merpati ini masuk kedalam golongan burung yang cukup pintar, maka hal tersebut sudah terbukti dengan kemampuannya dalam mengenali kandang serta daerah sekitarnya apalagi untuk burung merpati yang digunakan untuk mengantar surat.

Merpati yang memiliki daya jelajah cukup jauh dan kecerdasan dalam menentukan arah tujuan, selain itu juga memiliki kecepatan terbang yang tinggi khususnya merpati balap dan berikut penjelasan yang lebih lengkap tentang merpati jenis ini. Mari simak!

Ciri Ciri Merpati Balap Ada 5 Faktor.

Ciri Merpati Balap

Merpati jenis ini memang memiliki ciri-ciri tertentu yang memang harus diketahui, karena untuk burung jenis ini akan memiliki ciri yang mempengaruhi kecepatan terbang nya loh dan berikut ciri yang harus dipahami yaitu:

Postur Tubuh

Ciri merpati balap pertama yang bisa diamati adalah postur tubuhnya secara keseluruhan harus memiliki bentuk yang ideal, karena hal tersebut akan mendukung performanya saat terbang dengan kecepatan yang sangat diharapkan sang pemilik.

Para hobi burung jenis ini biasanya akan mendapatkan ciri yang sesuai pada saat merpati berdiri diatas kurungan, selain itu juga pada saat dipegang akan memastikan burung yang terlihat gemuk atau urus hingga dapat menemukan burung merpati dengan postur ideal.

Amati Bagian Kepala dan Ukuran Paruh

Bagian kepala adalah bagian kedua yang harus diamati dalam menentukan kualitasnya yang baik atau tidaknya, yaitu bisa melihat dan memperhatikan tingkat kemiringan batok kepala depan serta juga batok kepala belakang.

Ukuran paruh merpati bisa dijadikan sebagai salah satu pengukur kualitasnya yang memiliki ciri mulai dari bentuk paruh yang semakin merincing, selain itu juga paruh nya akan cenderung lebih kecil tapi pada ujungnya akan terlihat lancip.

Perhatikan Bentuk Mata dan Leher

Ciri merpati balap bisa dilihat dari bentuk mata pada merpati yang berkualitas tinggi akan terlihat dari bentuk matanya yang bundar, selain itu juga akan memiliki dua warna yang berbeda dan perbedaan tersebut akan terletak dibagian warna pupil dengan kornea matanya.

Bagian leher juga harus diperhatikan yang akan mempengaruhi kelincahan saat terbang, maka pilihlah jika bagian leher dipegang akan terasa kencang atau kuat maka akan mendukung performa merpati saat terbang.

Perlu diketahui jika burung jenis ini memiliki leher yang panjang jangan dipilih, karena hal tersebut akan mempengaruhi performa saat terbang akan menengok kanan dan menengok kiri atau bisa dibilang kurang fokus.

Bagian Sayap, Kaki dan Ekor

Anda bisa lihat juga ciri merpati balap di bagian badan memang harus seluruhnya diamati dengan pundak yang tegap sebagai tempat menempel nya sayap, lalu otot sayap yang cukup tebal akan mempengaruhi dalam pengepakkan sayapnya hingga dapat memperoleh jangkauan yang cukup jauh dalam sekali kepak.

Merpati akan memiliki kaki yang bisa dibilang profesional dengan jari yang kecil serta panjang, karena hal tersebut akan mengarahkan angin kebelakang pada terbang hingga mencapai kecepatan akhir yang lebih maksimal.

Dilihat dari Tulang Supit dan Pinggang

Burung merpati jenis ini akan memiliki kerangka tulang yang cukup kokoh dan untuk memastikan nya dengan cara diraba dari tulang supit nya sendiri, maka jika tuang tersebut cukup keras akan mendukung performanya saat terbang.

Jarak pinggang yang besar atau kecilnya juga dapat mempengaruhi pada kestabilan saat terbang, karena pinggang yang memiliki jarak cukup renggang dari badan akan membuat burung merpati balap khususnya tidak memiliki keseimbangan yang bagus.

Jenis Pakan Untuk Merpati Balap

Jenis Pakan Untuk Merpati Balap

Jenis pakan untuk burung jenis ini memang hampir sama seperti burung pada umumnya yang akan diberikan segala biji-bijian seperti, jagung kuning, beras, gabah, kacang hijau, kacang panjang, kedelai dan kacang tanah.

Selain itu pemberian pakan berbentuk sayuran juga penting untuk burung merpati ini, antara lain bayam, kangkung, kubis, wortel, seledri, selada dan penggunaannya harus diiris-iris kecil terlebih dahulu sebelum ditaburkan.

Penggunaan sayuran masuk kedalam variasi pakan khususnya untuk merpati balap apalagi jika sistem pemeliharaannya tidak dilepas bebas, selain itu juga bisa menggunakan mineral seperti:

  • 45% kulit kerang yang dihancurkan berukuran sedang
  • 35% berupa pecahan-pecahan kecil batu gamping/kapur atau batu granit
  • 10% pecahan kecil dari arang kayu (kayu-kayu yang keras)
  • 5% tepung tulang
  • 5% tepung kapur
  • 4% garam
  • 1% apa yang disebut venetian red

Perhatian pemberian pakan untuk burung jenis ini yang sangat disarankan untuk memberikan pakan dua kali dalam sehari, maka hindari burung mengalami kekenyangan yang akan menyebabkan gemuk dan mempengaruhi kualitas terbang.

Jamu untuk Merpati Balap

Jamu Merpati Balap Racikan

Pemberian jamu untuk merpati balap memang cukup penting agar menjaga kesehatan tubuhnya tetap bugar, sehingga dapat membuatnya lebih lincah saat terbang dan berikut jenis jamu merpati terbang yaitu:

Bahan-bahan

  • 3 buah telur bebek atau 5 buah telur ayam kampung
  • 1 sendok teh temu kunci

Cara Membuatnya

  • Siapkan 3 buah telur bebek jika menggunakan telur bebek, lalu gunakan bagian kuning telur dan sedikit putih telur sebagai pelekat.
  • Setelah itu campurkan dengan 1 sendok teh temu kunci, kemudian simpan di dalam kulkas agar tidak berjamur untuk penggunaannya yang beberapa kali.
  • Nah sebelum diberikan sangat disarankan untuk dijemur terlebih dahulu, setelah itu berikan.

Kesimpulan

Jenis merpati ini memang memiliki kecepatan terbang yang tinggi, sehingga burung merpati ini banyak diikutsertakan dalam kontes adu kecepatan spesies burung yang disebut dengan merpati balap.

Pemeliharaan merpati jenis ini memang sedikit berbeda daripada jenis lainnya, karena jika pemeliharaan yang tepat akan menghasilkan burung dengan peringkat teratas sebagai burung termahal didunia yang mampu tembus harga hingga 20 miliaran rupiah loh.

Related Topics

Give a Comment