Manfaat Telur Puyuh Baik, Tapi Jangan Berlebih !!

Telur sejak dulu menjadi bahan pangan yang cukup populer mulai dari masyarakat kelas bawah hingga kelas atas, karena memiliki harga yang cukup murah dengan kandungan nutrisi yang tidak kalah bagus yang akan memberikan manfaat telur puyuh yang cukup banyak dan penting untuk kesehatan.

Selain itu, kandungan telur pada burung mungil ini juga cukup tinggi salah satunya kadar protein yang tak disangka-sangka memiliki manfaat cukup penting untuk ayam aduan atau ayam bangkok tapi banyak orang yang tidak mengetahui manfaat telur puyuh untuk ayam bangkok.

Kepopuleran telur unggas yang berukuran lebih kecil daripada telur unggas lainnya ini sangat terkenal dengan telur yang tinggi kandungan kolesterol, sehingga membuat banyak orang yang enggan memakannya terutama pada bagian kuning nya dan berikut penjelasan tentang manfaat telur puyuh. Mari simak!

Kandungan Gizi 100 Gram Pada Telur Puyuh!

Kandungan Gizi 100 Gram Pada Telur Puyuh!

Telur yang berukuran kecil ini mungkin tidak akan menyangka dengan kandungan yang ada didalam, karena dengan ukuran kecil saja memiliki kandungan yang hampir 2 kali lipat telur ayam yang berukuran jauh lebih besar dan untuk 100 gram saja mengkonsumsi telur puyuh akan memiliki kandungan gizi sebagai berikut:

  • Energi = 168 kkal
  • Protein = 13,1 g
  • Lemak = 11,1 g
  • Riboflavin = 0,478 mg
  • Karbohidrat = 1,0 g
  • Kalsium = 64 mg
  • Asam Phantothenat = 1,438 mg
  • Besi = 3,65 mg
  • Vitamin B6 = 0,143 mg
  • Kolin = 263,4 mg
  • Fosfor = 226 mg
  • Vitamin B12 = 1,58 mkg
  • Kalium = 132 mg
  • Natrium = 141 mg
  • Vitamin E = 1,08 mg
  • Seng = 1,47 mg
  • Tembaga = 0,062 mg
  • Kolesterol = 844 mg
  • Mangan = 0,038 mg
  • Lutein+zeaksantin = 369 mkg
  • Selenium = 32,0 mg
  • Thiamin = 0,069 mg
  • Niasin = 0,07 mg
  • Magnesium = 13 mg
  • Vitamin K = 0,3 mkg
  • Vitamin A = 543 IU

Manfaat Telur Puyuh Untuk Kesehatan

Manfaat Telur Puyuh Untuk Kesehatan

Manfaat telur puyuh untuk kesehatan memang cukup penting dengan mengkonsumsi 100 gram saja, maka gizi harian tubuh akan terpenuhi dan berikut manfaat-manfaat yang akan didapatkan yaitu:

Menjaga Sistem Imun

Manfaat telur puyuh mampu meningkatkan Sistem imun pada manusia akan terjaga dengan mengkonsumsi telur unggas jenis ini sekitar 100 gram saja, karena memiliki kandungan yang cukup banyak khususnya Vitamin A dan Vitamin C untuk membantu tubuh dalam menetralkan radikal bebas.

Daya tahan tubuh memang akan terjaga dengan mengkonsumsi telur unggas yang satu ini, namun dalam porsi yang wajar dan teratur memang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat Burung Puyuh

Aneka Resep

Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan mata akan terjaga dengan mengkonsumsi telur puyuh sekitar 100 gram saja, maka dalam mengkonsumsi nya memang harus benar-benar diperhatikan agar kandungan Vitamin A pada telurnya dapat meningkatkan kesehatan mata dan meminimalkan rasa perih pada mata.

Vitamin A pada mata sangatlah penting untuk menjaga kesehatannya dan didalam vitamin A memiliki peran mengurangi terjadinya degenerasi makula, selain itu juga dapat mencegah terjadinya katarak dengan mengkonsumsi 100 gram saja akan memiliki harga telur puyuh yang lebih murah.

Mampu Mengobati TBC dan Asma

Manfaat telur puyuh yang mampu mengobati TBC dan Asma, maka hal tersebut juga telah dipercayai oleh masyarakat Tiongkok selama berabad-abad sebagai obat tradisional yang cukup ampuh dalam mengatasi kedua penyakit tersebut.

Penggunaan telur tersebut sebagai obat penyakit TBC dan Asma memang belum ada bukti yang cukup kuat didunia medis, namun tidak ada salahnya jika ingin mencobanya untuk penderita kedua penyakit tersebut tapi dalam mengkonsumsi telur puyuh harus dengan porsi yang pas.

Mencegah Anemia

Kandungan mineral dan manfaat telur puyuh ini memang cukup tinggi bahkan menjadi sumber mineral yang terbaik, maka dari itu kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi sel darah merah yang dibutuhkan oleh tubuh dengan mengkonsumsi 100 gram telur saja.

Telur unggas yang satu ini memang menjadi sumber mineral terbaik, selain itu juga mengandung zat besi yang mampu membantu tubuh dalam meningkatkan produksi sel darah merah yang menjadi pencegahan terjadinya anemia atau kekurangan darah.

Meminimalkan Resiko Penyakit Jantung

Kandungan vitamin B 6 yang cukup penting dalam dalam menjaga kesehatan jantung, karena mengkonsumsi 1 porsi (5 butir) akan mengandung 244 IU Vitamin A dan juga mengandung sekitar 199 mg kolin pada kandungan gizi telur puyuh.

Kedua kandungan tersebut cukup efektif dalam mencegah terjadinya infeksi dan penyakit jantung, karena dengan mengkonsumsi nya 1 porsi saja dapat menyumbang sekitar 10% dari jumlah total asupan Vitamin A harian dan sekitar 28% asupan kolin harian.

Menjaga Kesehatan Kulit

Meningkatkan kesehatan kulit serta dengan mengkonsumsi 100 gram saja dengan kandungan gizi telur puyuh yang lebih pas, karena telur tersebut mengandung vitamin C yang cukup penting dalam merawat kesehatan kulit dan antioksidan pada kandungan tersebut juga memiliki peranan yang cukup bagus.

Selain antioksidan, telur ini juga mengandung asam lemak vital dan selenium yang berfungsi sebagai anti gen penuaan yang sempurna yang akan memperlambat penuaan pada organ membuat kulit menjadi lebih lembut serta lembab.

Manfaat Telur Puyuh Untuk Ayam Bangkok

Manfaat Telur Puyuh Untuk Ayam Bangkok

Manfaat telur memang tidak hanya untuk kesehatan tubuh manusia saja, namun juga untuk memiliki manfaat untuk ayam aduan atau ayam bangkok dalam dalam meningkatkan kekuatan dengan cepat dan berikut manfaat lainnya:

Meningkatkan Energi Ayam Bangkok

Kandungan dari 100 gram saja telur puyuh jika diberikan pada ayam bangkok akan memiliki peran penting dalam meningkatkan energi sekitar 168 kkal, karena hal tersebut sudah terbukti berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan di laboratorium.

Penambahan energi sebesar 168 kkal sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan ayam aduan baik untuk harian atau ketika dibutuhkan dalam bertarung, namun dalam pemberian nya juga harus diperhatikan dan ditunjang dengan pemberian pakan lainnya.

Sumber Protein Terbaik

Kandungan protein pada telur puyuh sangat bermanfaat pada tubuh manusia, selain itu juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan ayam bangkok dan bahkan menjadi sumber protein terbaik daripada kandungan protein didalam telur ayam.

Pemberian 100 gram saja telur puyuh pada ayam bangkok, maka akan memiliki manfaat dalam proses pembangunan jaringan sel yang rusak dan juga akan membantu ayam bangkok dalam membuat cadangan kekuatan untuk digunakan saat bertarung.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ayam Bangkok

Telur puyuh yang diberikan pada ayam bangkok dapat berperan penting dalam menjaga kesehatan ayam bangkok, maka seperti penjelasan sebelumnya manfaat telur puyuh untuk ayam bangkok salah satunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada ayam bangkok.

Memberikan 100 gram saja telur puyuh untuk ayam bangkok dapat membantunya dalam memperbaiki proses metabolisme, maka akan meningkatkan stamina ayam bangkok agar tetap kuat dan bisa juga menggunakan suplemen lainnya untuk hasil yang lebih opimal.

Menjaga Kesehatan Pencernaan Ayam Bangkok

Memberikan telur yang mentah memang dapat meningkatkan stamina dengan cepat, namun pemberian telur yang mentah juga sangat berisiko terserang bakteri Salmonella adalah jenis bakteri pencernaan yang bisa dibilang cukup berbahaya apalagi ayam bangkok yang akan mempengaruhi kualitas staminanya.

Ayam bangkok yang terserang bakteri jenis ini pencernaan didalam tubuhnya akan terganggu, nah untuk mencegah hal itu terjadi bisa memberikan telur puyuh dalam bentuk matang atau sudah terlanjur memberikan telur mentah sangat disarankan untuk langsung memberikan telur puyuh matang menjadi salah satu manfaat telur puyuh.

Sumber Vitamin Terbaik

Telur puyuh memang memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh manusia ataupun pada ayam bangkok, karena memiliki kandungan Vitamin B1 sebesar 140 mu-g yang dapat menjadi sumber vitamin terbaik dengan memberikan 100 gram saja telur puyuh.

Kandungan Vitamin B2 serta Vitamin A pada telur puyuh akan jauh lebih besar daripada kandungan vitamin dari telur ayam, maka dengan memberikan telur puyuh akan membantu ayam bangkok untuk memenuhi kebutuhan vitamin hariannya dan hal tersebut menjadi salah satu manfaat telur puyuh.

Kesimpulan

Manfaat telur puyuh diatas cukup penting didalam tubuh manusia hingga ayam bangkok dengan mengkonsumsi 100 gram saja telur puyuh, karena memiliki kandung gizi yang dapat peranan penting tapi dalam penggunaannya tetap memberikan telur puyuh yang sudah matang khususnya untuk ayam bangkok.

Kandungan gizi pada 100 gram saja pada telur puyuh diatas cukup banyak bukan? Maka dalam penggunaannya harus benar-benar diperhatikan, karena dengan 100 gram saja dapat menghasilkan manfaat telur puyuh untuk ayam bangkok.

Related Topics

Give a Comment