Daftar Harga Telur Puyuh Update Berbagai Kota

Puyuh adalah salah satu burung yang sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia, karena burung yang satu ini sangat terkenal dengan telurnya yang biasa dimanfaatkan khususnya untuk bisnis kuliner dan untuk harga telur puyuh biasanya cukup beragam.

Telur adalah salah satu bahan makanan yang sering mengalami Fluktuasi pada harganya, sehingga hal tersebut menjadi salah satu faktor yang membuat pembeli merasa kebingungan dalam mempersiapkan anggaran untuk membelinya.

Kandungan telur pada burung mungil ini juga cukup tinggi salah satunya kadar protein, maka dalam penggunaannya juga harus benar-benar diperhatikan dengan porsi yang pas agar menghasilkan manfaat baik bagi tubuh dan berikut penjelasan lengkap mengenai harga telur puyuh dan kandungan gizinya. Mari simak!

Daftar Harga Telur Puyuh

Daftar Harga Telur Puyuh

Harga telur konsumsi pada setiap unggas lainnya sewaktu-waktu akan mengalami perubahan apalagi pada hari-hari besar khususnya saat bulan Ramadhan, hingga Lebaran yang membuat harganya semakin tinggi salah satunya pada telur burung mungil ini.

Pada tahun 2021 saja harga jual telur ini mengalami perubahan yang tadinya memiliki harga sekitar Rp 26.000 menjadi Rp 35.000 pada setiap kg nya, namun setiap harga tersebut akan berbeda tergantung disetiap daerah masing-masing.

Faktor yang akan mempengaruhi harganya naik biasanya disebabkan oleh peternak puyuh petelur yang mengalami gagal panen, maka permintaan pasar tidak akan terpenuhi hingga menjadi kesempatan untuk para agen besar dalam meningkatkan harganya.

Resep Telur Puyuh Goreng

Telur puyuh yang matang juga akan memiliki harga yang berbeda dan bahkan bisa jauh lebih tinggi, karena harga tersebut ditentukan disetiap bijinya sekitar Rp 500 hingga Rp 1000 dan apalagi jika diolah dengan bumbu nusantara yang akan membuat harganya 3 kali lipat lebih mahal.

Pengolahan telur puyuh yang dapat menghasilkan rasa asin didalamnya, maka akan memiliki harga jual bukan dalam kisaran kilogram namun akan dihitung perbutirnya sekitar Rp 5000 untuk 10 butir dan berikut harga telur puyuh per kg nya antara lain:

Daftar Harga Telur Puyuh Di Setiap Kota

Daftar Harga Telur Puyuh

Telur dari burung mungil ini akan memiliki harga yang berbeda tergantung pada setiap kotanya, namun harga tersebut juga dapat mengalami perubahan dan berikut daftar harga yang bisa dijadikan referensi yaitu:

KOTAHARGA TELUR PUYUH
JakartaRp 26.000
BandungRp 26.000
SurabayaRp 26.000
SemarangRp 26.000
MedanRp 24.500
MakassarRp 26.000
PalembangRp 22.800
BatamRp 26.000
LampungRp 22.800
PekanbaruRp 26.000
MalangRp 26.000
PadangRp 26.000
SamarindaRp 25.500
DenpasarRp 26.000
TasikmalayaRp 26.000
BanjarmasinRp 25.500
SerangRp 26.000
PontianakRp 25.500
JambiRp 24.000
BalikpapanRp 25.500

Kandungan Gizi Telur Puyuh

Kandungan Gizi Telur Puyuh

Kandungan gizi telur puyuh ini jika dikonsumsi 100 gram saja tubuh akan mendapatkan manfaat, namun jika dikonsumsi lebih dari 100 gram akan membuat tubuh mengalami penyakit yang cukup berbahaya salah satunya kolesterol dan berikut kandungan dari 100 gram telur puyuh adalah:

Kandungan Gizi 100

  • Energi = 168 kkal
  • Protein = 13,1 g
  • Lemak = 11,1 g
  • Riboflavin = 0,478 mg
  • Karbohidrat = 1,0 g
  • Kalsium = 64 mg
  • Asam Phantothenat = 1,438 mg
  • Besi = 3,65 mg
  • Vitamin B6 = 0,143 mg
  • Kolin = 263,4 mg
  • Fosfor = 226 mg
  • Vitamin B12 = 1,58 mkg
  • Kalium = 132 mg
  • Natrium = 141 mg
  • Vitamin E = 1,08 mg
  • Seng = 1,47 mg
  • Tembaga = 0,062 mg
  • Kolesterol = 844 mg
  • Mangan = 0,038 mg
  • Lutein+zeaksantin = 369 mkg
  • Selenium = 32,0 mg
  • Thiamin = 0,069 mg
  • Niasin = 0,07 mg
  • Magnesium = 13 mg
  • Vitamin K = 0,3 mkg
  • Vitamin A = 543 IU

Manfaat 100 Gram Telur Puyuh

Telur puyuh yang memiliki bentuk lebih kecil ini memiliki harga yang sebanding dengan harga telur ayam tapi kandungan kolesterol cukup tinggi, namun jika dikonsumsi dengan porsi yang pas sekitar 100 gram saja akan memiliki manfaatnya sebagai berikut:

Menjaga Sistem Imun

Manfaat telur puyuh mampu meningkatkan Sistem imun pada manusia akan terjaga dengan mengkonsumsi telur unggas jenis ini sekitar 100 gram saja, karena memiliki harga telur puyuh bisa dibilang maha dengan kandungan yang cukup banyak khususnya Vitamin A dan Vitamin C untuk membantu tubuh dalam menetralkan radikal bebas.

Daya tahan tubuh memang akan terjaga dengan mengkonsumsi telur unggas yang satu ini, namun dalam porsi yang wajar dan teratur memang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan mata akan terjaga dengan mengkonsumsi telur puyuh sekitar 100 gram saja, maka dalam mengkonsumsi nya memang harus benar-benar diperhatikan agar kandungan Vitamin A pada telurnya dapat meningkatkan kesehatan mata dan meminimalkan rasa perih pada mata.

Vitamin A pada mata sangatlah penting untuk menjaga kesehatannya dan didalam vitamin A memiliki peran mengurangi terjadinya degenerasi makula, selain itu juga dapat mencegah terjadinya katarak dengan mengkonsumsi 100 gram saja akan memiliki harga telur puyuh yang lebih murah.

Mampu Mengobati TBC dan Asma

Manfaat telur puyuh yang mampu mengobati TBC dan Asma, maka hal tersebut juga telah dipercayai oleh masyarakat Tiongkok selama berabad-abad sebagai obat tradisional yang cukup ampuh dalam mengatasi kedua penyakit tersebut.

Penggunaan telur tersebut sebagai obat penyakit TBC dan Asma memang belum ada bukti yang cukup kuat didunia medis, namun tidak ada salahnya jika ingin mencobanya untuk penderita kedua penyakit tersebut tapi dalam mengkonsumsi telur puyuh harus dengan porsi yang pas.

Mencegah Anemia

Kandungan mineral dan manfaat telur puyuh ini memang cukup tinggi bahkan menjadi sumber mineral yang terbaik, maka dari itu kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi sel darah merah yang dibutuhkan oleh tubuh dengan mengkonsumsi 100 gram telur saja.

Telur unggas yang satu ini memang menjadi sumber mineral terbaik, selain itu juga mengandung zat besi yang mampu membantu tubuh dalam meningkatkan produksi sel darah merah yang menjadi pencegahan terjadinya anemia atau kekurangan darah.

Meminimalkan Resiko Penyakit Jantung

Kandungan vitamin B 6 yang cukup penting dalam dalam menjaga kesehatan jantung, karena mengkonsumsi 1 porsi (5 butir) akan mengandung 244 IU Vitamin A dan juga mengandung sekitar 199 mg kolin pada kandungan gizi telur puyuh.

Kedua kandungan tersebut cukup efektif dalam mencegah terjadinya infeksi dan penyakit jantung, karena dengan mengkonsumsi nya 1 porsi saja dapat menyumbang sekitar 10% dari jumlah total asupan Vitamin A harian dan sekitar 28% asupan kolin harian.

Menjaga Kesehatan Kulit

Meningkatkan kesehatan kulit serta dengan mengkonsumsi 100 gram saja dengan kandungan gizi telur puyuh yang lebih pas, karena telur tersebut mengandung vitamin C yang cukup penting dalam merawat kesehatan kulit dan antioksidan pada kandungan tersebut juga memiliki peranan yang cukup bagus.

Selain antioksidan, telur ini juga mengandung asam lemak vital dan selenium yang berfungsi sebagai anti gen penuaan yang sempurna yang akan memperlambat penuaan pada organ membuat kulit menjadi lebih lembut serta lembab.

Kesimpulan

Harga telur puyuh yang berukuran lebih kecil ini memang hampir sama dengan harga telur ayam bahkan jauh lebih mahal harga telur puyuh, maka tidak salah jika kandungan gizi telur puyuh jauh lebih baik.

Manfaat-manfaat diatas cukup penting didalam tubuh dengan mengkonsumsi 100 gram saja telur puyuh, karena memiliki kandung gizi yang memiliki peranan penting didalam tubuh tapi dalam penggunaannya harus benar-benar diperhatikan.

Give a Comment