Telur Puyuh, Telur Dengan Banyak Gizi Dan Kolestrol

Telur adalah salah satu bahan pangan yang cukup populer mulai dari masyarakat kelas bawah hingga kelas atas, karena memiliki harga yang cukup murah dengan kandungan nutrisi yang tidak kalah bagus salah satunya pada telur puyuh ini.

Kepopuleran telur unggas yang berukuran lebih kecil daripada telur unggas lainnya dan sangat terkenal dengan telur yang tinggi kandungan kolesterol, sehingga membuat banyak orang yang enggan memakannya terutama pada bagian kuning nya.

Perdebatan antara telur puyuh dan telur ayam memang cukup populer mengenai kandungan kolesterol mana yang lebih tinggi, namun dari sebuah riset yang telah dilakukan oleh Negara India mengatakan bahwa konsentrasi kolesterol per gram didalam kuning telur burung puyuh lebih tinggi hingga 2 kali lipat dan berikut penjelasan lebih dalamnya. Mari simak!

Perbandingan Gizi Telur Puyuh dan Telur Ayam

Perbandingan Gizi Telur Puyuh dan Telur Ayam

Kedua telur tersebut memang selalu menjadi perbincangan hangat dilingkungan masyarakat, karena hal tersebut akan berurusan dengan kolesterol yang membuat banyak orang merasa takut untuk memakan telur puyuh khususnya dan berikut perbandingan gizi kedua telur tersebut:

Kandungan Telur Ayam

  • Kalori: 147
  • Lemak total: 9,94 gram
  • Kolesterol: 372 miligram
  • Sodium: 142 miligram
  • Karbohidrat: 0,77 gram
  • Protein: 13 gram
  • Vitamin A: 487 IU
  • Kalsium: 53 miligram
  • Zat besi: 1,83 miligram
  • Potasium; 138 miligram

Kandungan Telur Puyuh

  • Kalori: 158
  • Lemak total: 11,09 gram
  • Kolesterol: 844 miligram
  • Sodium: 141 miligram
  • Karbohidrat: 0,41 gram
  • Protein: 13,05 gram
  • Vitamin A: 543 IU
  • Kalsium: 64 miligram
  • Zat besi: 3,65 miligram
  • Potasium; 132 miligram

Kandungan kedua telur diatas bisa disimpulkan bahwa telur puyuh memiliki kandungan kolesterol cukup tinggi sekitar 844 miligram, lalu untuk tubuh manusia memiliki batasan kolesterol pada setiap harinya yaitu sekitar 300 miligram.

Berapa Rekomendasi Konsumsi Telur Puyuh??

Maksimal konsumsi telur puyuh 4 butir, memang terlihat sedikit akan tetapi per butir telur puyuh memiliki kolestrol 844 gram yang tentunya sangat berbahaya untuk jantung.

Fakta Telur Puyuh

Telur unggas jenis ini memang memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi dari telur unggas lainnya dan bahkan 2 kali lipat, namun dari hal tersebut tahukah bahwa tubuh manusia memerlukan asupan kolesterol? Karena salah satunya berfungsi untuk memproduksi enzim pencernaan.

Kolesterol yang masuk kedalam tubuh tidak semuanya akan berubah menjadi kolesterol darah dan asupan kolesterol didalam tubuh memiliki peran penting loh, untuk pembentukan hormon, vitamin D serta dapat menjaga fungsi otak.

Hasil riset menguraikan tentang kolesterol yang masuk kedalam tubuh dari telur puyuh tidak hanya berubah menjadi kolesterol didalam darah tapi peningkatan jumlah kolesterol yang cukup tinggi berasal dari konsumsi lemak, gula dan makanan lainnya yang tinggi kalori.

Manfaat Telur Puyuh Untuk Kesehatan

Manfaat Telur Puyuh Untuk Kesehatan

Telur yang memiliki bentuk lebih kecil dari telur unggas lainnya dan sangat terkenal dengan kandungan kolesterol cukup tinggi, namun manfaatnya jarang diketahui dan berikut manfaat-manfaat lainnya:

Menjaga Sistem Imun

Manfaat telur puyuh mampu meningkatkan Sistem imun pada manusia akan terjaga dengan mengkonsumsi telur unggas jenis ini sekitar 100 gram saja, karena memiliki kandungan yang cukup banyak khususnya Vitamin A dan Vitamin C untuk membantu tubuh dalam menetralkan radikal bebas.

Daya tahan tubuh memang akan terjaga dengan mengkonsumsi telur unggas yang satu ini, namun dalam porsi yang wajar dan teratur memang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan kandungan Vitamin yang ada didalam telur tersebut.

Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan mata akan terjaga dengan mengkonsumsi telur puyuh sekitar 100 gram saja, maka dalam mengkonsumsi nya memang harus benar-benar diperhatikan agar kandungan Vitamin A pada telurnya dapat meningkatkan kesehatan mata dan meminimalkan rasa perih pada mata.

Manfaat Konsumsi Ayam Kampung Yang Memiliki Banyak Gizi

Cara Mudah Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula

Vitamin A pada mata sangatlah penting untuk menjaga kesehatannya dan didalam vitamin A memiliki peran mengurangi terjadinya degenerasi makula, selain itu juga dapat mencegah terjadinya katarak dengan mengkonsumsi 100 gram saja telur puyuh.

Mampu Mengobati TBC dan Asma

Manfaat telur puyuh yang mampu mengobati TBC dan Asma, maka hal tersebut juga telah dipercayai oleh masyarakat Tiongkok selama berabad-abad sebagai obat tradisional yang cukup ampuh dalam mengatasi kedua penyakit tersebut.

Penggunaan telur tersebut sebagai obat penyakit TBC dan Asma memang belum ada bukti yang cukup kuat didunia medis, namun tidak ada salahnya jika ingin mencobanya untuk penderita kedua penyakit tersebut tapi dalam mengkonsumsi telur puyuh harus secara wajah jangan berlebihan ya.

Mencegah Anemia

Kandungan mineral dan manfaat telur puyuh ini memang cukup tinggi bahkan menjadi sumber mineral yang terbaik, maka dari itu kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi sel darah merah yang dibutuhkan oleh tubuh dengan mengkonsumsi 100 gram telur saja.

Telur unggas yang satu ini memang menjadi sumber mineral terbaik, selain itu juga mengandung zat besi yang mampu membantu tubuh dalam meningkatkan produksi sel darah merah yang mampu menjadi pencegahan terjadinya anemia atau kekurangan darah.

Meminimalkan Resiko Penyakit Jantung

Kandungan vitamin B 6 yang cukup penting dalam dalam menjaga kesehatan jantung, karena mengkonsumsi 1 porsi (5 butir) akan mengandung 244 IU Vitamin A dan juga mengandung sekitar 199 mg kolin pada telur burung puyuh ini.

Kedua kandungan tersebut cukup efektif dalam mencegah terjadinya infeksi dan penyakit jantung, karena dengan mengkonsumsi nya 1 porsi saja dapat menyumbang sekitar 10% dari jumlah total asupan Vitamin A harian dan sekitar 28% asupan kolin harian.

Menjaga Kesehatan Kulit

Meningkatkan kesehatan kulit serta dengan mengkonsumsi 100 gram saja telur puyuh, karena telur tersebut mengandung vitamin C yang cukup penting dalam merawat kesehatan kulit dan antioksidan pada kandungan tersebut juga memiliki peranan yang cukup bagus.

Selain antioksidan, telur ini juga mengandung asam lemak vital dan selenium yang berfungsi sebagai anti gen penuaan yang sempurna dan juga akan memperlambat penuaan pada organ yang membuat kulit menjadi lebih lembut serta lembab.

Dampak Mengkonsumsi Telur Puyuh dengan Porsi Berlebih

Sate telur puyuh

Telur puyuh memang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, karena akan berisiko mengalami beberapa penyakit yang cukup berbahaya serta juga akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya yaitu:

Menimbulkan Resiko Alergi

Telur unggas ini jika dikonsumsi secara wajar memang memiliki manfaat yang mampu meminimalkan risiko terjadinya alergi, namun beda cerita nya lagi jika dikonsumsi dengan porsi berlebihan akan memberikan efek sebaliknya pada tubuh atau akan menimbulkan risiko alergi.

Alergi akan terjadi jika mengkonsumsi telur puyuh dengan porsi berlebihan walaupun pada sebelumnya tidak memiliki riwayat alergi, maka dari itu dalam mengkonsumsi nya harus diperhatikan agar riwayat alergi yang muncul tidak bertambah parah.

Meningkatkan Resiko Tekanan Darah Rendah

Telur puyuh memang memiliki kandungan mineral yang cukup baik hingga dapat menjadi sumber mineral hewani, lalu kandungan salah satu mineralnya adalah kalium yang jika dikonsumsi terlalu banyak didalam tubuh akan meningkatkan risiko tekanan darah.

Kandungan mineral tersebut memang sangat bermanfaat untuk penderita tekanan darah tinggi jika dikonsumsi dengan batas wajar, namun jika tidak akan meningkatkan risiko hipotensi atau tekanan darah rendah dengan gejala pusing dan pandangan kabur serta gejala lainnya.

Meningkatkan Risiko Hipoglikemia

Penggunaan telur puyuh pada penderita diabetes memang berbahaya apalagi dalam mengkonsumsi nya secara berlebihan, karena akan lebih berisiko pada penyakit jenis ini dan sangat tidak disarankan untuk mengandalkan asupan harian dari telur puyuh.

Kandungan telur tersebut memang cukup baik tapi tidak dengan penderita penyakit ini, karena memiliki indeks glikemik yang rendah dan membuat penyerapan glukosa menuju darah akan memakan waktu cukup lama yang membuat penderita diabetes sangat berisiko mengalami Hipoglikemia.

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap tentang telur puyuh yang memiliki kandungan lebih tinggi daripada telur unggas lainnya, maka dari itu manfaat telur puyuh memang cukup banyak yang sudah dijelaskan diatas jika dikonsumsi secara batas wajar.

Kandungan kolesterol pada telur puyuh memang cukup tinggi tapi belum tentu akan menyebabkan seseorang mengalami kolesterol tinggi juga, karena hal tersebut akan tergantung pada reaksi tubuh masing-masing individu.

Related Topics

No Responses

Give a Comment