Mengenal Jenis Ikan Kembung, Ikan Tinggi Omega 3

Ikan kembung adalah sekelompok ikan laut yang tergolong kedalam marga Rastrelliger yang memiliki tubuh kecil tapi masih kerabat dekatnya ikan tenggiri dan tuna, nah jenis ini juga dikenal dengan nama Lema atau Tatare khusus dikota Makassar lebih banyak disebut dengan ikan banyar maupun banyara.

Kenapa bernilai ekonomis? Karena bisa dihitung dari segi komoditas yang cukup penting bagi para nelayan lokal, nah pengolahannya juga biasanya banyak diolah dalam bentuk pindang atau ikan asin yang membuatnya lebih tahan lama.

Jenis ikan laut yang tidak kalah populer dengan kerabat dekatnya, selain itu dagingnya juga memiliki citarasa yang enak dan juga tergolong murah ikan ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Nah, untuk mengenalnya lebih dalam mari simak penjelasan berikut!

Harga Ikan Kembung

Harga Ikan Kembung

Harga di setiap daerah tentunya akan berbeda hingga saat ini harga tersebut mengalami kenaikan, karena faktor utama kenaikan harga tersebut biasanya didukung dengan kondisi cuaca tidak menentu dan berikut daftar harganya yaitu:

Nama DaerahHarga Per Kg
JakartaRp 45.000
BogorRp 45.000
BekasiRp 46.000
CirebonRp 43.000
BandungRp 42.000
SemarangRp 40.000
YogyakartaRp 45.000
SurabayaRp 43.000
MalangRp 44.000
MedanRp 39.000
MakassarRp 38.000
PalembangRp 35.000
DenpasarRp 48.000
PadangRp 37.000
SerangRp 44.000
BalikpapanRp 36.000

Gizi Ikan Kembung, Salah Satu Yang Terbaik

Ikan kembung identik dengan pertarungan gizi dengan ikan salmon, akan tetapi ikan kembung masih jauh lebih baik untuk dalam hal gizi omega 3. Ikan kembung dalam 85 gram memiliki kandungan gizi

3 Resep Ikan Kembung Bumbu Kuning Paling Enak Dan Mudah

Manfaat Ikan Kembung Mampu Mencegah Stroke & Harga Murah

  1. Kalori: 223
  2. Protein: 20 gram
  3. Lemak: 15 gram
  4. Lemak jenuh: 4 gram
  5. Lemak tak jenuh tunggal: 6 gram
  6. Lemak tak jenuh ganda: 4 gram
  7. Riboflavin
  8. Niacin
  9. Vitamin B6
  10. Vitamin B12
  11. Magnesium
  12. Fosfor
  13. Selenium
  14. Kalium

Ikan Kembung Kecil, Dapat Menjadi Nilai Tambah

Ikan Kembung Kecil

Pengolah ikan laut yang satu ini ternyata dapat menjadi nilai tambah tersendiri apalagi dimasa Pandemi Covid-19 ini, selain masyarakat membutuhkan banyak asupan gizi salah satunya asupan protein yang bisa terpenuhi dengan mengkonsumsinya.

Jenis yang sangat umum khususnya di Indonesia, karena memiliki nilai gizi yang tinggi dan juga nilai ekonomis yang relatif murah hingga saat ini banyak yang menjual dengan berbagai macam olahan contohnya dengan dibuat pindang.

Pada tahun 2017 Studi American Journal Of Epidemiologi membuktikan bahwa kandungan vitamin B12 didalam ikan tersebut sangat bermanfaat bagi ibu hamil, karena dapat mencegah cacat lahir dan kandungan vitamin D didalamnya cukup penting dalam memaksimalkan absorpsi kalsium.

Pengolahan yang beragam memang bisa menjadi nilai tambah tersendiri contohnya ikan kembung rebus khas Medan, nah pengolahan tersebut akan menggunakan ikan jenis ini yang kecil untuk direbus menggunakan jenis garam yang beryodium.

Penggunaan garam pada proses memiliki fungsi dalam menghasilkan rasa gurih pada ikan, selain itu juga untuk menurunkan kadar air yang ada didalam tubuh ikan serta bisa menghambat dalam pertumbuhan bakteri pembusuk hingga organisme lainnya yang bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Proses perebusan tersebut akan berlangsung dalam jangka waktu yang panjang hingga satu minggu, karena dalam waktu tersebut ada 3 tahap perebusan yang dilakukan dan yang pertama ikan akan direbus dengan 10 kg garam dalam 1 tong yang berisi sekitar 50 ekor.

Perebusan ke 2 akan dilakukan pada hari ke 4 yang menggunakan air sisa dari rebusan pertama, lalu dimanfaatkan kembali dengan menambahkan 10 liter air serta penambahan garam kembali sekitar 5 kg.

Nah proses perebusan yang ke 3 dilakukan pada hari ke 7, dimana air tersebut digunakan kembali dan juga menambahkan yang 3 kg garam serta 10 liter air yang bertujuan agar ikan tersebut matang dengan merata.

Proses perebusan sudah selesai dan ikan sudah siap dipasarkan, setelah melewati proses tersebut tekstur tulang pada ikan menjadi lunak hingga dikenal dengan sebutan ikan pindang.

Berbagai Macam Ikan Kembung

Jenis Ikan Kembung

Ikan yang memiliki dua macam ini biasanya dapat dibedakan menjadi 3 spesies mulai dari Rastrelliger Kanagurta, Rastrelliger Brachysoma dan Rastrelliger Neglectus tapi yang dikenal hanya 2 spesies saja yang jenis betina nya bernama ilmiah Rastrelliger Brachysoma.

Jenis jantan pada ikan laut ini terdiri dari ikan jantan dan betina dengan periode pemijahan yang terbagi menjadi dua, yaitu periode pertama pada musim timur yang dimulai dari bulan Juni hingga Agustus serta untuk periode kedua adalah pada musim barat dimulai dari Febuari sampai April.

Nah untuk jenis betina tetap memiliki genus yang sama seperti halnya pada jantan, namun ada perbedaan yang cukup mencolok diantaranya terdapat satu bintik atau totol hitam yang dekat pada sirip dada dan untuk betina akan memiliki perut yang lebih lebar daripada jantan.

Habitat untuk ikan laut ini yang paling banyak di perairan Laut Jawa, Sumatera Barat, Kalimantan hingga Selat Malaka dan ada yang lebih menarik untuk jenis ini yang dimana gerakan vertikal pada jenis jantan akan dipengaruhi oleh gerakan harian plankton.

Taksonomi

KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasPisces
Sub kelasTeleostei
OrdoPercomorpy
Sub ordoScombridae
FamiliScombridae
GenusRastrelliger
Spesies jantanRastrelliger kanagurta
Spesies betinaRastrelliger brachysoma

Kesimpulan

Itulah Informasi mengenai ikan kembung yang dimana kandungan gizinya sangat baik bagi tubuh, maka tidak salah jika peminat ikan jenis sangat banyak dan penggunaannya juga tidak hanya sebagai ikan konsumsi tapi juga bisa digunakan umpan hidup untuk memancing jenis ikan lainn.

Jenis-jenis ikan ini juga lebih dikenal dengan nama lokal ikan kembung jantan, ikan mabong dan ikan rumahan tapi banyak juga masyarakat yang mengenalnya sebagai ikan tamenong, ikan banyak hingga pelaling.

Related Topics

Give a Comment