Daftar Harga Bibit Ikan Lele (Benih) Yang Ada Di Pasaran

Bibit ikan lele di pasaran sangat populer hingga para budidaya pemula tidak akan kesulitan pada saat mencarinya, karena banyaknya permintaan pasar yang membuatnya menjadi salah satu ikan dengan prospek yang terus meningkat pada setiap waktunya hingga dapat menambah peluang yang cukup besar.

Permintaan ikan lele memang cukup banyak membuat ketersediaan bibitnya sekarang banyak dibutuhkan, nah untuk bibit sendiri cukup beragam tergantung pada jenis ikan lele yang akan dijadikan sebagai ikan budidaya dan juga akan memiliki harga yang berbeda.

Nah para pembudidaya memang cukup penting harus mengetahui terlebih dahulu tentang ciri bibit ikan lele yang berkualitas, selain itu harga pada bibit juga penting diketahui agar para pembudidaya bisa mempersiapkan terlebih dahulu budget untuk memulai ternak ikan lele. Mari simak penjelasan lebih dalamnya!

5 Hal Yang Harus Diketahui Untuk Menentukan Benih Lele Berkualitas

Harga bibit ikan lele

Penggunaan bibit yang berkualitas akan menjadi langkah utama dalam meraih kesuksesan didunia pembesaran ikan lele, maka sangat penting bagi peternak untuk mengetahui ciri-ciri bibit ikan lele yang berkualitas dan jika masih merasa kebingungan berikut ciri-ciri bibit yang berkualitas yaitu:

Berasal Dari Budidaya Benih

Ciri pertama untuk memastikan bibit tersebut berkualitas biasanya bibit lele harus berasal dari hasil budidaya benih lele, karena hal tersebut kualitasnya jauh lebih terjaga yang mengalami proses pemeliharaan intensif selama budidaya berlangsung.

Cara Mudah Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula

Daftar Harga Ikan Baung & Jenisnya Terbaru

Bibit yang berasal dari budidaya benih tersebut akan cenderung berasal dari indukan yang terbaik, sehingga kualitasnya juga tidak perlu diragukan dan para pembudidaya hanya perlu melakukan perawatan yang terbaik agar kualitasnya tetap terjaga hingga menjadi ikan lele siap jual.

Memiliki Gerakan yang Lincah

Bibit yang bergerak dengan lincah menjadi salah satu ciri bahwa bibit tersebut cukup bagus atau berkualitas, nah untuk memperhatikannya bisa dengan cara menangkapnya menggunakan tangan dan jika bibit ikan tersebut sulit tertangkap berarti bibit tersebut sangat bagus.

Selain itu juga terdapat cara lain untuk memastikan bahwa bibit tersebut berkualitas, yaitu masukan bibit kedalam suatu wadah dan miringkan wadah tersebut agar pergerakan nya dapat dengan mudah dilihat maka jika bibi bergerak melawan arus berarti bibit tersebut memang bagus.

Memiliki Fisik yang Sempurna

Kesempurnaan fisik pada saat pemilihan bibit memang sangat berarti, karena gerakan incah saja kadang tidak akan menjamin kualitas pada bibit ikan lele dan jika dilihat pada bibit memiliki kecacatan pada fisiknya sangat disarankan untuk tidak memilihnya.

Bibit ikan lele yang berkualitas akan memiliki badan mulus dan berwarna cokelat tua atau hitam kemerahan, selain itu juga bibit yang berkualitas tidak akan bergerombol pada pojokan kolam dan jika menemukan salah satu bibit yang memiliki tubuh tidak sempurna atau cacat sebaiknya dipisahkan.

Kesempurnaan fisik pada bibit tersebut akan menjadi penentu harga jual loh, karena konsumen juga akan sangat jeli memilih bibit ikan lele yang baik dan mana yang tidak baik hingga hal tersebut dapat menentukan keuntungan atau kerugian dalam budidaya.

Berukuran Sama

Bibit ikan yang berukuran sama akan menjadi ciri utama bahwa bibit tersebut sangat baik atau berkualitas, karena pemilihan bibit yang berukuran sama sangat penting dan apabila jika tidak akan membuat ikan lele menjadi kaniba yang cukup tinggi apalagi ikan jenis ini masuk kedalam hewan karnivora.

Pertumbuhan bibit juga akan berpengaruh apabila penggunaan bibit yang tidak seragam, sehingga proses pembesaran tersebut yang tidak sesuai akan membuat para pembudidaya mengalami gagal panen.

Contohnya pada saat membeli 500 bibit untuk dibudidayakan dan bibit tersebut harus berukuran 5 cm pada tubuhnya, selain itu juga bisa ditoleransi ukurannya mulai dari 4-6 cm tapi dengan catatan bibitnya yang berukuran tersebut populasinya tidak lebih dari 10% agar ukurannya bisa dibilang sama persis.

Perhatikan Riwayat Induknya

Kualitas bibit akan berpengaruh pada induknya yang menjadi faktor utama, karena jika bibit tersebut berasal dari indukan yang unggul maka sudah dipastikan bahwa anak yang dihasilkan juga berkualitas tinggi yang disebabkan oleh sifat genetik yang diwariskan.

Para pembudidaya harus memilih bibit yang asalnya bukan dari perkawinan inbreeding atau tingkat kekerabatan yang tinggi, karena tingkat kekerabatan yang semakin jauh kualitas pada bibitnya juga akan semakin bagus dan akan lebih baik jika penggunaan bibit dari indukan lele jenis sangkuriang.

Harga Bibit Ikan Lele

harga benih lele

Harga pada bibit ikan berkumis ini biasanya berbeda tergantung pada ukurannya, selain itu juga jumlah pembelian bibit akan menentukan harga maka jika pembeliannya semakin banyak dalam bentuk harga juga lebih murah dan berikut tabel harganya yaitu:

Ukuran Bibit Harga Bibit
15 cm -18 cmRp.1000,-/ekor
11 cm – 12 cmRp.650,-/ekor
10 cm – 11 cmRp.550,-/ekor
8 cm – 9 cmRp.400,-/ekor
7 cm – 8 cmRp.350,-/ekor
6 cm – 7 cmRp.300,-/ekor
4 cm – 5 cmRp.200,-/ekor
3 cm – 2 cmRp.150,-/ekor

Kesimpuan

Itulah penjelasan ciri-ciri bibit ikan lele yang berkualitas hingga harga bibit terbaru tahun ini, nah untuk harga sewaktu-waktu bisa saja berubah bahkan bisa menjadi lebih murah atau lebih mahal dan sangat disarankan untuk pembelian bibit harus pada produsen yang terpercaya ya.

Ciri-ciri diatas bisa menjadi pedoman dalam pemilihan bibit yang berkualitas, selain itu para pembudidaya juga harus menanamkan pola pemeliharaan yang matang serta lahan budidaya yang cukup agar kesuksesan semakin didepan.

Related Topics

Give a Comment