5 Jenis Ikan Lele Besar Di Dunia Yang Mengerikan

Ikan lele besar adalah salah satu jenis ikan yang memiliki tubuh besar tentunya berbeda dengan ikan lele yang sering digunakan sebagai pecel lele ya, maka tidak salah jika ikan lele masuk kedalam ikan komersial yang memiliki peminat cukup banyak dan didalam bahasa Inggris disebut dengan Catfish yaitu sejenis ikan yang hidup di air tawar dikenal dengan tubuh licin serta kepala berkumis.

Lele juga masuk kedalam hidangan lokal Indonesia yang cukup populer menjadi bahan utamanya salah satunya pecel lele, nah untuk hidangan yang satu ini sudah tidak asing lagi dan banyak pedagang pecel lele dengan mudah ditemukan diberbagai kota kecil hingga besar khususnya di Indonesia apalagi untuk harga pecel lele sendiri sangat terjangkau.

Nah rata-rata ukuran ikan lele yang dijual dipasaran memang kecil-kecil yang digunakan untuk pecel lele biasanya disajikan untuk satu orang saja, apakah pernah mendengar ikan lele besar yang sudah ditemukan diberbagai negara dan yang paling populer adalah ikan lele yang bernama Mengko Giant Catfish yang ditemukan di sungai Mengko Thailand dengan berat sekitar 350 kg dan berikut ikan lele raksasa lainnya mari simak!

Mengerikan, Spesies-spesies Ikan Lele Besar Di Dunia

Ikan lele terbesar didunia memang cukup banyak ditemukan dan bahkan sudah dilaporkan mampu tumbuh hingga ukuran 3 meter pada panjangnya, maka tidak spesies lele-lele ini juga disebut sebagai lele raksasa didunia loh dan masih banyak spesies lainnya yang tidak kalah besar antara lain:

Mengko Giant Catfish

Mengko Giant Catfish salah satu Ikan Lele Besar

Lele mengko adalah spesies ikan lele yang terbesar di dunia pada tahun 2005 tentunya ditemukan disungai Mengko, selain itu juga pernah masuk dan terdaftar pertama sebagai ikan air tawar terbesar oleh Guinness World Record tidak salah jika pertumbuhannya juga terbilang cukup cepat bahkan dalam kurun waktu 6 tahun saja akan tumbuh hingga bobot 150 – 200 kg loh.

Mengenal Jenis Ikan Lele Yang Banyak Di Konsumsi

Daftar Harga Ikan Kerapu Berbagai Jenis Lengkap

Ikan lele besar ini juga pernah tertangkap dengan panjang sekitar 2,7 meter dengan berat mencapai 293 kg dan lokasi penangkapan pertama ikan lele jenis ini berada di Utara khususnya Negara Thaiand, nah ikan tersebut juga berjenis kelamin betina dan hingga saat ini belum ada Mengko Giants Catfish lainnya yang tertangkap dengan ukuran lebih besar lagi.

Wels Catfish

Wels Catfish salah satu Ikan Lele raksasa

Ikan lele besar yang satu ini bernama Wels Catfish berasal dari benua Eropa (bagian tengah, selatan dan timur) yang biasa hidup di danau-danau besar dengan suhu air yang hangat, selain itu juga hidup didalam sungai dengan air yang mengalir lambat serta untuk jenis ini juga cukup populer sebagai ikan lele dengan mulutnya yang berukuran besar.

Pada tahun 2015 di Po Delta lebih tepatnya di Negara Italia ikan lele besar ini pernah ditemukan dan tercatat dengan ukuran panjang sekitar 2,67 meter dengan berat mencapai 127 kg, nah untuk Wels Catfish ini juga dipercayai mampu tumbuh hingga panjang sekitar 5 meter dan berat maksimal diatas 300 kg yang sangat sulit jika ditemukan pada zaman sekarang.

Brachyplatystoma Filamentosum

Brachyplatystoma Filamentosum

Spesies ikan lele besar yang satu ini hidup di Negara Amerika Selatan salah satunya di cekungan Amazon dan juga Orinoco, nah untuk habitat aslinya berada di air tawar serta juga air payau (campuran air laut dan juga air tawar hingga membentuk air payau) banyak yang menggunakan ikan jenis ini sebagai ikan hias yang kerap dipelihara untuk menghiasi aquarium pada saat usianya masih keci.

Kerena jika usianya sudah dewasa akan tumbuh hingga mencapai panjang 3,6 meter dengan berat sekitar 200 kg, maka jika memeliharanya menggunakan aquarium tapi dalam batasan tertentu agar keamanan tetap terjaga apalagi mengingat ukurannya bisa mencapai bobot 200 kg cukup menyeramkan bukan!

Ikan lele besar ini pernah menjadi rekor terbesar yang tertangkap memiliki ukuran panjang sekitar 2 meter dengan berat mencapai 155 kg, nah ikan tersebut ditangkap pertama pada tahun 2009 oleh seseorang yang berasal dari Brazil bernama Jorge Masullo de Aguiar lebih tepatnya diperairan yang berada di Rio Solimoes.

Goonch Catfish

Goonch Catfish

Goonch Catfish adalah nama dari ikan lele raksasa yang ditemukan di Negara Indonesia khususnya Pulau Sumatera dan juga Kalimantan, nah banyak masyarakat yang menyebutnya sebagai ika lele iblis raksasa atau Giant Devil Catfish masuk ke dalam spesies ikan lele yang hidup di sungai-sungai khususnya Asia Selatan.

Panjang pada tubuhnya bisa mencapai 2 meter dengan berat hingga 90 kg tapi pernah tercatat pada acara Warrior Fish dari National Geographic, yaitu pemilik rekor salah satu jenis ikan lele besar ini yang pernah ditangkap dengan bobot 75 kg dan panjang sekitar 1,57 meter tertangkap di Sungai Ramaganga tepatnya di Indida pada tahun 2009.

Redtail Catfish

Redtail Catfish

Ikan lele terbesar selanjutnya bernama Redtail Catfish yang memiliki ekor berwarna merah dan masuk ke dalam jenis lele Pimelodid atau berkumis panjang, nah khusus pada Negara Venezuela yang dikenal dengan sebutan Camaro dan di Negara Brazil sendiri disebut dengan nama Pirarara serta spisies yang satu ini banyak ditemukan pada pedagang-pedagang ikan hias.

Walaupun banyak ditemukan dipedagang ikan hias jenis ini ternyata masuk kedalam salah satu ikan predator yang sangat menyeramkan, bahkan bisa menjadi satu tank dengan ikan predator lainnya hingga tidak salah jika masuk kedalam ikan yang sangat rakus dan pertumbuhannya bisa mencapai 180 cm dengan bobot mencapai 80 kg.

Pada tahun 2010 Gileberto Fernandes menangkap ikan lele besar yang satu ini dengan ukuran sekitar 1,4 meter pada panjangnya dan beratnya sekitar 56 kg serta ditemukan dengan punggung berwarna kecoklatan, bagian sisinya berwarna kuning dan sirip pada punggung serta untuk bagian ekornya berwarna oranye-merah.

Ikan Lele Raksasa, Adalah Spesies Ikan Terbesar

Ikan lele raksasa dengan ukuran yang dimilikinya sangat besar jika dibandingkan dengan spesies ikan lele besar lainnya, karena jenis ini masuk ke dalam rekor dunia ikan air tawar yang pegang oleh seekor catfish atau lele dan dikenal dengan mana Mekong Giant Catfish yang ditangkap di Negara Thailand pada tahun May 2005.

Penangkapan ikan lele jenis ini juga tidak sembarangan loh yang hanya boleh ditangkap oleh beberapa nelayan dengan izin khusus, karena hewan yang satu ini sudah masuk kedalam kategori langka dengan panjang 9 kaki dan berat sekitar 260 kg yang membuatnya lebih besar jika dibandingkan dengan rekor dunia sebelumnya.

Para ilmuwan juga menemukan hal-hal lainnya yang sangat menakjubkan dari ikan lele raksasa yang satu ini, yaitu mereka (lele raksasa) akan menghabiskan sebagian hidupnya di lautan tapi banyak orang yang memiliki kesan bahwa ikan jenis ini hanya hidup berdiam diri pada dasar sungai namun baru diketahui bahwa rute imigrasi ikan ini dapat menyaingi ikan salmon loh.

Ikan lele jenis ini dapat berenang hingga sejauh 600 mil atau 1000 km dari laut cina selatan sampai ke sungai mekong untuk berkembangbiak, nah penemuan ini tentunya menimbulkan perdebatan yang hampir sebagian besar hidup dilaut bahkan hal inilah yang menjadi perdepatan apakan jenis ini masuk ke dalam ikan air tawar atau air laut hingga saat ini belum ada yang mampu menjelaskan mengenai ha ini.

Kesimpulan

Itulah informasi singkat mengenai berbagai macam jenis ikan lele besar dengan tampilan yang begitu menyeramkan jika diukur dengan bobotnya mungkin ikan lele-lele diatas mampu menyantap manusia, nah untuk pembahasan diatas dibuat dengan berdasarkan ukuran ikan lele terbesar yang pernah tertangkap dan tercatat rekor didunia.

Bagaimana tertarik untuk memeliharanya? Nah ikan lele jenis ini tidak bisa dipelihara sembarangan loh apalagi dengan ukurannya yang bisa melebihi ukuran tubuh manusia, maka sangat disarankan jika tetap ingin memeliharanya bisa memilih salah satu jenis ikan lele hias seperti pada artikel sebelumnya.

Related Topics

Give a Comment