Jenis Kelinci Terbesar Di Dunia Dengan Harga Mahal

Kelinci terbesar di dunia memiliki beberapa jenis yang tentunya dengan tubuh yang cukup besar dari pada jenis umumnya, nah untuk jenis ini juga biasanya diternakkan untuk dijadikan sebagai hewan penghasil daging terbaik hingga keberadaannya banyak dicari apalagi penggunaannya juga bisa menjadi hewan peliharaan.

Perkembangan jenis ini cukup pesat hingga membuatnya sangat mudah ditemukan apalagi sekarang banyak dibudidayakan, karena sudah diakui oleh para pembudidaya di Indonesia khususnya sebagai jenis kelinci terbesar di dunia dengan kenaikan bobot yang sangat singkat.

Penggunaan kelinci terbesar memang tergolong sebagai hewan penghasil daging tapi ada juga yang digunakan sebagai kelinci hias dengan tubuh yang besar, karena tampilannya akan terlihat sangat menggemaskan loh. Bagaimana cukup penasaran bukan? Jenis-jenis kelinci terbesar, mari simak penjelasan berikut agar mengetahuinya!

Kenali Kelinci Terbesar Didunia

Kelinci terbesar didunia yang biasa disebut dengan kelinci rakasasa

Hewan mamalia yang dikelompokkan dalam Ordo Lagomorpha ini dengan ukuran terbesar di dunia khususnya bernama Darius, yaitu kelinci yang berasal dari jenis Continental Giant dengan panjang hampir sekitar 1,2 meter pada saat berumur sekitar 7 bulan saja dan panjang juga akan semakin bertambah jika umur juga bertambah.

Jenis ini memang memiliki karakter yang ramah dan juga jinak hanya saja membutuhkan perawatan yang khusus, karena memiliki tubuh yang sangat besar akan membutuhkan kandang yang lebih besar agar tidak akan mengganggu ruang gerak yang akan membuatnya mudah terserang stress.

Mengenal Jenis bebek Peking Dengan Bobot 4 Kg Up

Mengenal Jenis Kelinci Giant

Kelinci raksasa ini memegang rekor sebagai kelinci terbesar dengan berat mencapai 22,2 kg dan tinggi sekitar 1,3 meter, nah pemilik Darius yang bernama Annette Edwards memelihara jenis ini dengan perawatan yang khusus dan untuk pemberian pakan juga harus mengeluarkan biaya sekitar 5.000 Pounsterling untuk setiap harinya.

Annette Edwards tidak segan-segan memberikan jenis pakannya apalagi jenis ini memiliki nafsu makan yang cukup tinggi, sehingga dalam satu minggu saja mampu menghabiskan 2 gulung dan dalam setahun mampu menghabiskan sekitar 2000 wortel dan juga 700 apel.

Jenis Kelinci Terbesar Di Dunia

Jenis-jenis kelinci yang memiliki tubuh raksasa memang cukup banyak tapi hanya ada beberapa jenis saja yang paling populer keberadaannya, selain itu juga jenis ini banyak digunakan sebagai hewan ternak penghasil daging yang unggul adalah:

Kelinci Flesmish Giant

Kelinci terbesar didunia diduduki oleh jenis Flesmish Giant

Jenis kelinci terbesar di dunia ini memang memiliki tubuh besar yang pada mulanya berasal dari daerah Flanders atau bagian dari Negara Belgia, karena sebelumnya jenis ini penggunaannya sebagai hewan penghasil daging konsumsi yang berkualitas tinggi dengan tekstur daging yang begitu tebal apalagi daging hewan mamalia ini memiliki manfaat yang cukup banyak.

Ras asli untuk kelinci fg ini memang cukup sulit ditemukan tapi jangan khawatir saat ini banyak yang membudidayakannya dengan cara menyilangkannya dengan ras lainnya, maka dalam bentuk harga juga akan berbeda bahkan akan jauh lebih murah daripada ras asli.

Nah untuk yang ingin memilikinya dengan ras asli sangat disarankan untuk mengetahui lebih dalam tentang salah satu jenis kelinci terbesar di dunia ini, karena hal tersebut agar di tipu oleh penjual dan perlu di ingat untuk kelinci yang sudah dewasa akan memiliki ukuran 20 inci atau kurang dari 50 cm.

Ciri-ciri Kelinci Flesmish Giant

Ciri-ciri yang harus diketahui memang hampir sama seperti halnya kelinci terbesar di dunia lainnya, nah ciri pertama yang menonjol adalah tubuhnya yang besar dengan kualitas fur nya tidak kalah bagus membuatnya menjadi primadona bagi para penggemar kelinci apalagi jika dijadikan sebagai kelinci hias.

Flemish Giant memiliki karakteristik yang bisa dilihat maulai dari rambut pendeknya yang biasa disebut dengan Shoert Hair, memiliki bobot super besar sekitar 6,3 kg untuk jantan serta pada betina dan memiliki bobot sekitar 6,8 kg apalagi jika pemilik melakukan perawatan yang tepat akan membuat bobot nya bisa menjadi lebih dari 15 kg loh.

Nah untuk variasi rambutnya sendiri cukup beragam dan yang paling sering ditemukan adalah warna steel gray (abu-abu besi) serta juga sandy (warna seperti pasir), selain itu juga memiliki warna lainnya yang penggunaannya memang untuk dipelihara serta juga disilangkan dengan ras lainnya untuk meningkatkan produksi daging.

Harga Kelinci Flesmish Giant

Harga dari golongan kelinci terbesar ini memang beragam tergantung pada jenis dan ukurannya, nah untuk kelinci Flemish Giant hasil import dan juga jika indukan yang berjenis kelamin jantan akan memiliki harga sekitar Rp 1.500.000 hingga Rp 2.500.000 dan harga tersebut sebanding dengan kualitas daging yang dimilikinya.

Jenis ini juga memiliki harga yang cukup mahal jika sudah berumur dewasa dan tentunya juga kelinci Flemish Giant dengan ras asli tanpa persilangan akan memiliki harga yang bisa mencapai sekitar Rp 10.000.000 loh, maka untuk para peternak sangat disarankan untuk lebih pintar dalam menyilangkannya agar mendapatkan kelinci pedaging unggul hingga harga jual semakin tinggi.

Kelinci German Giant

Kelinci German Giant adalah salah satu jenis kelinci terbesar

German giant adalah salah satu kategori kelinci terbesar di dunia yang perkembangannya cukup populer setelah Flemish Giant, karena kedua jenis tersebut penggunaannya paling banyak sebagai hewan penghasil daging berat pada bobotnya saja bisa mencapai hingga 15 kg dengan memberikan perawatan hingga pakan yang tepat.

Jenis hewan dari mamalia yang satu ini memiliki variasi rambut yang cukup beragam dan yang paling sering dijumpai yaitu Steel Gray (abu-abu) serta juga Sandy (seperti pasir) tapi juga memiliki warna lainnya mulai dari  hitam, putih, light gray (abu-abu muda), biru dan fawn.

Perkawinan bisa dilakukan pada saat berusia sekitar 10 – 12 bulan yang mampu menghasilkan anak cukup banyak, maka jika ingin memeliharanya sangat disarankan menggunakan sistem perkandangan khusus untuk wilayah dengan ketinggian sekitar 250 – 500 m di atas permukaan laut bisa menggunakan kandang individu terbuat dari kayu dengan ukuran yang melebihi tubuh kelinci terbesar di dunia tersebut.

Ciri-ciri Kelinci German Giant

Ciri-ciri yang bisa dikenali untuk salah satu jenis kelinci terbesar di dunia ini tentunya memiliki tubuh raksasa, selain itu juga untuk jenis ini sering disebut dengan Vlaamesreus yang cukup menonjol memiliki ukuran tubuh terbesar dan karakteristik bulu yang pendek atau Short hair.

Nah biasanya untuk jantan akan memiliki bobot sekitar 7,5 kg dan untuk betina bobot tubuhnya mampu mencapai 7,8 kg yang kadang jika didukung pemberian pakan yang tepat bobotnya akan lebih dari itu.

Harga Kelinci German Giant

Harga akan tergantung pada setiap umur salah satu kelinci terbesar di dunia, selain itu ras asli juga dapat mempengaruhi harga bahkan jauh lebih tinggi yang biasanya memiliki harga sekitar Rp 4.500.000 tapi beda lagi untuk yang masih berumur 1 bulan akan dihargai sekitar Rp 150.000 per ekor dan tentunya bukan ras asli ya.

Para peternak biasanya akan memiliki jenis ini untuk dijadikan sebagai hewan penghasil daging yang berkualitas, sehingga akan memiliki indukkan jenis ini agar mendukung harga jual daging tetap stabil bahkan akan jauh lebih tinggi.

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai kelinci terbesar di dunia yang diraih oleh jenis kelinci Continental Giant yang bernama Darius, nah untuk pemilik hewan mamalia terbesar ini bernama Annette Edwards yang memeliharanya dengan perawatan khusus hingga membuat bobot Darius menjadi lebih besar.

Jenis lainnya juga dijelaskan diatas yang bisa menjadi rekomendasi untuk memelihara kelinci raksasa ini, karena kedua jenis kelinci terbesar di dunia tapi di Indonesia banyak dibudidayakan sebagai hewan penghasil daging terbaik.

Tinggalkan komentar