Membuat Kandang Ayam Bangkok Terbaik Dan Berkualitas

Asal usul dari ayam ini berasal dari negara Thailand yang penduduknya telah berhasil menemukan ayam petarung atau biasa disebut ayam jago, lalu penduduk tersebut memberi nama King’s Chicken yang membuat peminat ayam jenis ini cukup banyak dan dalam pemeliharaannya harus diperhatikan salah satunya kandang ayam bangkok.

Ayam bangkok adalah jenis ayam yang sudah tidak asing lagi dikalangan pencinta ayam aduan yang berasal dari Thailand, karena sudah terbukti menjadi ayam petarung berkualitas yang membuat banyaknya peternak mengembangkan ternak ayam dengan sistem pemeliharan yang berbeda untuk meningkatkan kualitas.

Jenis ayam yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan membuat para pebisnis pemula tertarik dengan harga jual tersebut, maka Para pebisnis ternak pemula kandang akan menjadi langkah pertama yang harus dipikirkan serta juga lahan untuk membangun kandang dan berikut terdapat penjelasan tentang kandang ayam bangkok. Mari simak!

Perhatikan Tempat Ideal Untuk Kandang Ayam Bangkok!

Kandang ayam bangkok

Penempatan untuk kadang ayam bangkok akan menjadi hal yang harus benar-benar diperhatikan, karena tempat yang tepat akan membuat aman dan nyaman untuk ayam-ayam tersebut serta tidak lupa juga untuk memperhatikan lingkungan setempat.

Tujuan penyimpanan kandang yang tepat akan membuat kandang memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga hal ini akan begitu penting bagi peternak yang menempatkan kadang dengan semi outdoor dan tanah sebagai alasnya.

Tempat ideal untuk kandang ayam bangkok harus membujur arah utara ke selatan, karena agar kandang tersebut mendapatkan akses cahaya yang cukup dari sinar matahari dan untuk peternak pemula posisi kandang cukup penting diperhatikan.

Kandang umbaran ayam bangkok juga banyak digunakan oleh peternak karena multifungsi sehingga memudahkan dalam budidaya.

Hal-hal yang haru Diperhatikan Untuk Membuat Kandang Ayam Bangkok

Kandang ayam bangkok mandiri

Hal yang harus diperhatikan adalah bagian dinding agar sinar matahari dapat masuk kedalam kadang dan membuat suhu kandang menjadi hangat dan tidak lembab, sehingga bisa menggunakan atap Fiberglass transparan agar sinar matahari bisa tembus hingga mengenai ayam bangkok ataupun lantai kandang.

Gunakanlah dinding kandang dengan susunan kayu ataupun bahan lainnya yang dapat membawa udara masuk kedalam kandang, karena agar kondisi kandang tetap kering dan mampu mengurangi bau pada kandang ayam bangkok.

Kandang ayam bangkok betina yang sedang bertelur atau ayam betina yang sedang merawat anaknya, maka peternak harus menyiapkan menempatkan kandang yang bebas dari air hujan maupun genangan air apapun dan kandang harus dibuat khusus agar tidak ada binatang lain masuk.

Baca Juga

Membuat Kandang Ayam Petelur

Cara Ternak Ayam Bangkok

Bahan-bahan untuk membuat kandang sangat disarankan untuk menggunakan bahan-bahan yang ringan, agar kandang tersebut dapat digeser sesuai keinginan dan tidak buatlah Ventilasi udara supaya ayam dapat memperoleh udara yang segar.

Jenis-jenis Kandang Ayam Bangkok

Jenis-jenis kandang untuk jenis ayam yang satu ini tidak terlalu banyak, karena biasanya ayam bangkok yang dipelihara di pedesaan akan dilepas bebas tanpa menggunakan kandang tapi beda ceritanya lagi jika dipelihara untuk memenuhi kebutuhan penghobi ayam petarung akan diperhatikan dalam pemeliharaannya dan berikut jenis kandangnya yaitu:

Jenis Kandang Postal

Kandang ayam bangkok postal

Kandang postal ini adalah jenis kandang yang dikhususkan untuk para peternak anak ayam yang baru menetas, maka pada ukurannya akan lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis kandang lainnya dan didalam kandang akan lengkap dengan adanya alat pemanas yang biasanya berasal dari lampu bolham.

Ukuran kandang jenis hanya memiliki tinggi 1 meter, panjang 1 meter, lebar 0,8 dan untuk kandang jenis kandang ini pada umumnya memang untuk menampung 10 hingga 15 ekor anakan ayam bangkok serta pada bagian dinding akan terbuat dari kawat.

Jenis Kandang Tidur

Kandang ayam bangkok Tidur

Jenis kadang ini memang terbuat khusus untuk tempat tidur ayam bangkok pada saat malam hari tiba, maka kandang akan dibuat dengan alas yang sedikit lebih tinggi bahkan dalam bentuknya saja hampir sama dengan jenis kandang panggung.

Fungsi dari salah satu jenis kandang ayam bangkok ini memang untuk menghindari suhu tanah yang akan berubah menjadi lebih dingin pada malam hari, sehingga hal tersebut akan membantu dalam menjaga suhu kandang.

Jenis Kandang Umbaran Ayam Bangkok

Kandang ayam bangkok satuan

Jenis kandang yang satu ini adalah jenis kandang umbaran ayam bangkok yang paling banyak digunakan oleh peternak ayam , karena jenis kandang yang memiliki sifat multifungsi.

Kandang umbaran ayam bangkok multifungsi untuk berproses yang membuatnya tidak membutuhkan kandang yang berbeda, karena bisa untuk umbaran, kawin bahkan bisa juga digunakan untuk menetaskan telur.

Bahan untuk pembuatan kandang jenis ini biasanya menggunakan kayu dengan ukuran ideal mulai dari lebar kandang tersebut adalah 1 meter, tinggi 2,5 meter dan untuk panjangnya 1,5 meter.

Kandang umbaran ayam bangkok satuan pada alasnya bisa menggunakan alas tanah yang sudah dicampuri pasir, karena akan berguna untuk pembentukan optimal dari struktur jari-jari maupun cakar ayam kampung tersebut.

Tipe kandang yang bisa dibilang ideal tapi tentu saja tidak lepas dari kekurangan jenis kandang ayam bangkok ini, karena namanya juga diumbarkan atau dilepaskan yang membuat ayam menjadi liar.

Kesimpulan

Itulah penejalasan yang bisa digunakan dalam menentukan jenis kandang ayam , karena biasanya untuk pemula mungkin akan merasa kebingungan dalam masalah memilih kandang dan tiga jenis kandang diatas memang kandang yang sering digunakan dalam memelihara ayam .

Perhatikan arah angin dalam pembuatan kandang yang memiliki tujuan agar ayam-ayam tersebut terhindar dari penyakit yang biasanya muncul dari arah datangnya angin, maka peternak harus menghindari penempatan kandang yang berlawanan dengan arah angin khusus untuk kandang ayam bangkok.

Related Topics

No Responses

Give a Comment