Mengenal Jenis Bebek Itik, Apa Bedanya Dengan Bebek ?

Bebek itik adalah salah satu unggas ternak yang masuk ke dalam jenis burung, sehingga hewan unggas yang satu ini kebanyakan memiliki bentuk tubuh seperti ayam atau bebek yang dimanfaatkan sebagai ternak pedaging atau telurnya maupun bulunya.

Itik ini memiliki nama umum untuk beberapa spesies burung di dalam familia Anatidae, karena pada umumnya bebek atau itik merupakan burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan kerabatnya.

Pemeliharaan hewan ternak yang satu ini cukup mudah dirawat atau produktif yang biasanya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat, namun kebanyakan masyarakat tidak mengetahui perbedaan bebek itik dan berikut penjelasan lebih dalam tentang unggas ini. Mari simak!

Perbedaan Bebek dan Itik

Perbedaan kedua jenis hewan ternak ini memang tidak banyak diketahui orang dan untuk rasa dagingnya saja tidak bisa dibedakan untuk bebek itik yang sama-sama enak jika dibuat berbagai macam masakan, nah berikut perbedaan yang bisa diketahui yaitu:

Bebek

Mengenal Jenis Bebek Pedaging

Bebek adalah salah satu hewan ternak yang cukup populer dan menjadi salah satu bisnis yang cukup menggiurkan, sehingga burung akuatik yang satu ini memiliki ukuran lebih kecil daripada angsa dan memiliki beberapa jenis yang dibedakan dalam penggunaannya.

Unggas aves ini yang memiliki tulang belakang dan berasal dari keluarga Anatidae yang bernama ilmiah Anas Platyrnchos, ternyata memiliki jenis yang bernilai tinggi yaitu jenis bebek yang dijadikan sebagai bebek hias dengan tampilan yang mampu menarik perhatian.

Harga bebek hias ini cukup mahal dan bisa dikatakan salah satu hobi yang mahal, bagaimana tidak? karena harga bebek hias bisa mencapai harga 8 jutaan hingga puluhan juta loh yang sangat berbeda dengan jenis bebek petelur ataupun pedaging.

Jenis bebek petelur atau pedaging adalah jenis bebek untuk dibuat menjadi sebuah bisnis ternak yang akan memiliki nilai prospek cukup tinggi, nah untuk populasi hidupnya yang bisa hidup di darat maupun.

Ciri Jenis Bebek

Ciri-ciri bebek memang harus diketahui agar dapat membedakan bebek itik yang memiliki tampilan tubuh sekilas tidak dapat dibedakan, maka berikut ciri yang bisa membedakan keduanya yaitu:

  • Ciri pada bebek sendiri yang berlekuk dan lebar.
  • Memiliki leher yang relatif panjang, walaupun tidak sepanjang yang dimiliki angsa.
  • Bentuk tubuh pada umumnya pada bebek akan terlihat membulat.
  • Dilihat dari bentuk paruh yang sedikit lebih lebar.
  • Pastinya memiliki lamellae yang berfungsi sebagai penyaring makanan yang masuk.
  • Cara berjalan pada bebek akan horizontal dan gerakannya lebih lambat.

Jenis Pakan Bebek

Jenis makanan pada bebek sendiri cukup bervariasi tapi tergantung pada jenis bebek serta penggunaannya yang biasanya bebek akan memakan seperti rumput, tanaman air, ikan, serangga, amfibi kecil, cacing, moluska kecil dan kadang dedak padi.

Pada umumnya bebek dibudidayakan yang akan dimanfaatkan dagingnya walaupun sebagai bebek petelur, karena peternakan bebek konsumsi bagian daginglah yang menjadi prioritas utamanya dan hal tersebut juga menjadi faktor utama permintaan pasar.

Itik

Mengenal Jenis Itik Bebek

Itik adalah salah satu jenis unggas air yang sering disebut dengan Waterfowls ini masuk ke dalam kelas Aves, Ordo Anseriformes, Familia Anatidae, Sub Famili Anatinae, Tribus Anatini dengan genus Anas dan pemeliharaan itik sendiri untuk penggunaannya sama seperti bebek.

Sehingga, tidak salah jika bebek itik di masyarakat tidak dapat dibedakan yang sama-sama memiliki tujuan utama pemeliharaan sebagai itik petelur atau itik pedaging dan itik ornamen yang dibesarkan untuk kepentingan manusia.

Bangsa-bangsa itik memang masuk ke dalam golongan yang disesuaikan dengan penggunaannya, yaitu salah satunya untuk bebek itik pedaging yang biasanya memiliki sifat dengan pertumbuhan yang lebih cepat serta memiliki struktur daging yang cukup baik.

Itik yang masuk ke dalam golongan itik pedaging adalah Aylesbury, Cayuga, Orpington, Muskovi, Peking dan Rouen yang memiliki masa pertumbuhan lebih cepat seperti halnya terjadi pada bebek pedaging yang dijadikan sebagai bisnis ternak dengan keuntungan yang menjanjikan.

Bangsa-bangsa itik yang masuk kedalam jenis petelur yang biasanya memiliki badan lebih kecil daripada jika dibandingkan dengan bebek itik petelur, maka jenis itik yang masuk kedalam jenis ini adalah Campbell dan Indian Runner.

Jenis itik yang masuk ke dalam itik ornamen yang tentunya memiliki warna bulu lebih menarik atau dengan bentuk badan lebih bagus sebagai itik hias yang juga masuk ke dalam jenis bebek bebek hias yaitu Calls, East India, Mallard, Mandarin dan Wood duck.

Ciri Itik Bebek

Ciri itik memang memiliki bentuk tubuh yang sama seperti bebek hingga membuat orang tidak dapat membedakannya, namun keduanya juga tentunya dapat dibedakan antara lain:

  • Dilihat dari bentuk tubuhnya pada itik akan memiliki bentuk yang lebih ramping.
  • Pada saat berjalannya juga tidak akan setegak bebek.
  • Diperhatikan dari gerakan itik yang terlihat lebih lincah dari pada bebek.

Jenis Pakan Itik Bebek

Jenis pakan pada itik akan sama seperti halnya pada pakan bebek yang biasanya diberikan rumput dan dedak khusus itik, nah untuk pembudidayaan untuk dimanfaatkan telurnya peternak harus memperhatikan bahan yang akan mendukung produktivitas telurnya.

Bentuk telur pada itik sendiri akan lebih besar dari pada bentuk telur bebek, namun untuk menghasilkan telur yang lebih produktif antara bebek itik tetap dipegang oleh bebek yang mampu menghasilkan telur 230 butir per tahun setiap satu ekor.

Kesimpulan

Bagaimana sudah menemukan perbedaan bebek itik? Karena sebagian besar orang berpendapat bahwa itik merupakan nama lain dari bebek yang memiliki bentuk hampir sama tapi jika diteliti lebih dalam keduanya memiliki perbedaan yang sudah dijelaskan di penjelasan sebelumnya.

Give a Comment