Mengenal jenis Bebek Putih, Salah Satu Unggas Lucu

Bebek putih adalah jenis unggas yang memiliki dua fungsi, yaitu bisa dijadikan sebagai penghasil telur dan penghasil daging dan untuk jenis bebek pedaging yang membuat banyak masyarakat terjun ke dalam dunia peternakan untuk mengembangkan usaha budidaya yang sangat menjanjikan.

Peternakan bebek sendiri sudah dimulai sejak ribuan tahun yang diperkirakan bermula dari kawasan Asia Tenggara tapi tidak terkenal di Negara Amerika dan Eropa, dikarenakan bebek ternak memiliki daging yang tidak segemuk daging ayam serta daging bebek terlalu banyak mengandung lemak.

Jenis-jenis bebek putih biasanya sebagai bebek yang memiliki 2 fungsi produksi, yaitu bisa sebagai bebek petelur atau bebek pedaging dan di Indonesia sendiri bebek yang berwarna putih adalah jenis bebek pedaging yang dikonsumsi serta beriku penjelasan tentang bebek berwarna putih mari simak!

3 Jenis Bebek Putih

Bebek Putih sendiri di Indonesia memiliki 2 jenis yang dibedakan dari penggunaannya, karena ternak bebe sendiri sangat potensial untuk memproduksi telur yang membuat populasi bebek berwarna putih bersih ini tersebar hampir merata di seluruh wilayah tanah air khususnya bebek bali dan berikut jenis lainnya:

Bebek Hibrida

Bebek Hibrida Peking

Bebek hibirda adalah jenis bebek yang memiliki dua fungsi yaitu sebagai bebek penghasil telur dan bebek pedaging yang masih menjadi keturunan dari bebek peking yang ingin menghasilkan DOD bebek hibrida berkualitas diperlukan proses persilangan.

Proses persilangan tersebut berasal dari pejantan bebek peking dan betina bebek mojosari, sehingga hasil dari persilangan tersebut untuk bebek pedaging hibrida sering disebut dengan bebek PMp yang memiliki masa pertumbuhan lebih cepat dan tetap masuk kedalam jenis bebek putih.

Jenis bebek pedaging yang memiliki masa panen cukup singkat membuatnya banyak diminati oleh masyarakat, selain itu juga bebek hibrida dapat menghasilkan telur yang sudah dikembangkan oleh para peternak dan berikut penjelasan kedua jenis bebek hibrida yaitu:

Bebek Hibrida Pedaging

Bebek Hibrida Pedaging

Jenis bebek hibrida yang satu ini bisa dibilang super jumbo ini adalah jenis terbaru dan cukup mudah ditemukan di kota Cirebon, yaitu jenis bebek putih pedaging yang dapat dipanen pada saat usia 40 hari dengan bobot sekitar 1,5-18 kg untuk per ekor.

Masa pertumbuhan yang begitu cepat bebek hibrida super jumbo ini membutuhkan pakan sekitar 120 gram/ekor/hari untuk bebek yang berusia 25 hari, maka dengan berjalannya waktu bebek pedaging jenis ini cukup banyak diminati untuk harga DOD bebek hibrida super jumbo sekitar Rp 6000 per ekornya.

Bebek Hibrida Petelur

Bebek pedaging ini penghasil telur memiliki 2 jenis yaitu Hibrida Ratu dan Hibrida Raja yang pada umumnya bebek pedaging jantan dijadikan bebek potong yang sudah dijelaskan sebelumnya, lalu untuk bebek hibrida betina dijadikan bebek petelur unggul.

Proses pertelurannya dalam kurun waktu satu tahun dapat memproduksi telur setelah berumur 5,5-6 bulan dengan jumlah telur mencapai 250 butir per ekor, lalu telur yang dihasilkan memiliki bobot hampir 70 gram/butir dan warna pada telurnya sedikit berbeda yang berwarna sedikit keputihan.

Para peternak bebek pedaging penghasil telur biasanya dimanfaatkan untuk ditetaskan kembali, tapi banyak juga peternak yang menyediakan telur bebek hibrida untuk dijadikan telur konsumsi dan untuk harga DOD bebek hibrida petelur khusus daerah Pulau Jawa sekitar Rp 5.700 – Rp 6000 yang tergantung dari jumlah pemesanan.

Bebek Bali

Bebek Hibrida Bali

Bebek bali adalah salah satu jenis bebek putih yang paling banyak perkembangannya di Pulau Bali dan Lombok, karena memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat membuatnya dapat dipelihara di berbagai wilayah Indonesia yang pada umumnya juga memiliki ciri yang hampir sama seperti bebek hibrida.

Ciri-ciri pada bebek Bali sendiri memiliki tubuh yang lebih berisi atau gemuk dan pada bagian lehernya akan lebih pendek, lalu juga memiliki warna tubuh yang lebih putih terang ini menjadi jenis ternak unggas yang paling produktif sebagai unggas penghasil telur sekitar 153 butir untuk setiap tahunnya.

Jenis bebek putih dari Bali ini memiliki beberapa jenis yang bias dibedakan dari produksi telurnya, yaitu bebek Bali bulu “Sumi” dapat menghasilkan telur sekitar 155 butir/tahun, bebek Bali bulu “Sumbian” yang menghasilkan sekitar 145 butir/tahunnya.

Nah jenis bebek Bali bulu yang terakhir adalah bebek putih “Sikep” jenis itik petelur yang mampu memproduksi telur sekitar 100 butir per tahunnya, maka telur pada bebek putih jenis ini akan memiliki berat mencapai 70 gram/butir dan tentunya dengan kerabang telur yang berwarna putih.

Bebek penghasil telur ini akan memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dengan ukuran tubuh standar untuk jantan sekitar 1,8-2 kg, lalu untuk ukuran betina sekitar 1,6-1,8 kg dengan tubuh yang hampir tegak berdiri dan pada umumnya akan bertelur saat berusia sekitar 23-24 minggu tapi tidak memiliki sifat mengeram telur.

Ciri-ciri yang paling umum pada bebek Bali ini adalah bebek yang sebagian besar tubuhnya berwarna putih, selain itu juga memiliki pundak yang lebih besar dari pada bebek putih lainnya dan berikut ciri-ciri yang terdapat pada bebek jenis ini yaitu:

  • Bagian kepala memiliki yang leher kecil atau biasa dibilang pendek, bulat memanjang dan tegak tapi agak melengkung.
  • Pada bagian badannya akan terlihat ramping, lalu untuk ekornya akan relatif lebih pendek.
  • Ciri khas yang paling untuk dari bebek putih jenis ini adalah jenis bebek yang di bagian kepalanya selalu berjambul.

Kesimpulan

Jenis-jenis bebek yang memiliki warna putih bersih di negara Indonesia sendiri tidak memiliki jenis yang cukup banyak, karena yang cukup mudah ditemukan khususnya di Pulau Bali atau Lombok yang penggunaan pada umumnya sebagai unggas petelur yang cukup produktif.

Bebek putih yang sering temukan dijadikan sebagai unggas ternak adalah jenis bebek hibrida, karena jenis bebek ini memiliki dua fungsi yang bisa digunakan sebagai bebek pedaging hingga bebek petelur yang mampu menghasilkan telur hingga 250 butir telur per ekornya.

Related Topics

Give a Comment