Mengenal Jenis Kelinci Flam Dengan Bobot Mencapai 6 Kg

Kelinci flam adalah jenis kelinci yang sangat cocok dijadikan sebagai hewan penghasil daging yang berkualitas tinggi, karena memiliki daging yang cukup banyak dan juga memiliki kandungan gizi yang berkualitas jika dikonsumsi serta bisa juga dijadikan sebagai hewan peliharaan dengan tekstur bulu yang begitu halus.

Perkembangan jenis ini cukup pesat hingga membuatnya sangat mudah ditemukan apalagi sekarang banyak dibudidayakan salah satunya jenis Flemish Giant, karena sudah diakui oleh para pembudidaya di Indonesia khususnya sebagai jenis kelinci terbesar dengan kenaikan bobot yang sangat singkat.

Nah untuk semua jenis hewan mamalia yang masuk dikelompokkan dalam Ordo Lagomorpha ini, tentunya kelinci flam yang memiliki bobot sangat besar dan untuk yang masih penasaran untuk jenis ini. Yuk simak bagaimana ciri-cirinya dibawah ini!

Mengenal Kelinci Flam

Kelinci flam yang berwarna coklat sedang duduk diatas motor

Jenis kelinci yang paling banyak dikembangkan hingga jenis yang paling terkenal adalah Flemish Giant, karena jenis flam sendiri memiliki tubuh yang sangat besar daripada jenis lainnya hingga membuatnya banyak diternakkan dengan tujuan untuk diambil dagingnya.

Nama untuk hewan mamalia yang satu ini berasal dari Flemish dengan ciri utama yang bisa dilihat adalah ukuran tubuhnya cukup besar, lalu juga memiliki bulu yang pendek serta juga kasar dengan bobot sekitar 8,5 kg untuk indukan kelinci jantan dan untuk bobot pada betina bisa mencapai 6,7 kg.

Hewan mamalia yang satu ini diduga berasal dari Argentina yang ditunjang oleh fakta adanya varian kelinci patagonia di wilayah tersebut pada abad 14 hingga abad 17, nah perkembangan tersebut berawal dari pelaut yang berasal dari Belanda membawa kelinci jenis pada sekitar abad 16.

Setelah itu, jenis ini tersebar hingga ke seluruh penjuru dunia dan di Indonesia sendiri sering ditemukan di beberapa lokasi peternakan kelinci penghasil daging atau di beberapa lokasi penjualan hewan peliharaan apalagi banyak masyarakat yang lebih suka menjadikannya sebagai hewan peliharaan daripada dikonsumsi.

Ciri-ciri Kelinci Flam

Kelinci flam berwarna coklat sedang duduk diatas kandang
EXIF JPEG

Ciri-ciri yang dilihat untuk jenis ini terdapat pada bagian telinga yang cukup panjang dan juga tebal menjuntai, selain itu tulang pinggul yang menonjol hingga membuat ketika berdiri tegak membuat gayanya tidak begitu bagus dilihat serta juga masuk ke dalam golongan kelinci yang sangat pandai.

Keunikan dari hewan mamalia jenis ini bisa dibuktikan dari beberapa bulan saja dia akan ingat dengan nama panggilan yang biasa didengarnya, selain itu juga mereka sudah mengerti bagaimana membuang kotorannya sendiri hingga untuk yang ingin memeliharanya tidak perlu repot-repot.

Harga Kelinci Flam

Harga untuk jenis ini memang cukup beragam biasanya akan tergantung pada ukuran yang dimilikinya ataupun pada ras nya, karena jika jenis ini berasal dari ras asli yang tidak disilangkan dengan jenis lainnya maka kualitas daging dan kenaikan bobot akan jauh lebih singkat membuat harga memang cukup tinggi.

Kelinci flam memang memiliki harga bisa dibilang cukup tinggi tapi jenis yang cukup banyak diburu, nah untuk bentuk harga biasanya mulai dari Rp 300.000 sampai Rp 900.000 untuk setiap ekornya tapi harga tersebut akan jauh lebih tinggi hingga jutaan dan tentunya dengan bobot yang jauh lebih besar.

Jenis Kelinci Flam Terpopuler

Jenis hewan mamalia yang memiliki bobot terbesar ini memang cukup banyak tapi ada beberapa jenis yang sangat populer keberadaannya hingga dijadikan sebagai hewan penghasil daging berkualitas, nah di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis yang paling populer adalah:

Kelinci Flesmish Giant

Kelinci flam yang paling populer adalah jenis kelinci flemish giant

Jenis kelinci flam ini memang memiliki tubuh besar ini pada mulanya berasal dari daerah Flanders atau bagian dari Negara Belgia, karena sebelumnya jenis ini penggunaannya sebagai hewan penghasil daging konsumsi yang berkualitas tinggi dengan tekstur daging yang begitu tebal apalagi daging hewan mamalia ini memiliki manfaat yang cukup banyak.

Ras asli untuk kelinci fg ini memang cukup sulit ditemukan tapi jangan khawatir saat ini banyak yang membudidayakannya dengan cara menyilangkannya dengan ras lainnya, maka dalam bentuk harga juga akan berbeda bahkan akan jauh lebih murah daripada ras asli.

Nah untuk yang ingin memilikinya dengan ras asli sangat disarankan untuk mengetahui lebih dalam tentang Flemish Giant ini, karena hal tersebut agar di tipu oleh penjual dan perlu di ingat untuk kelinci yang sudah dewasa akan memiliki ukuran 20 inci atau kurang dari 50 cm.

Ciri-ciri Kelinci Flesmish Giant

Ciri-ciri yang harus diketahui memang hampir sama seperti halnya kelinci flam, nah ciri pertama yang menonjol adalah tubuhnya yang besar dengan kualitas fur nya tidak kalah bagus membuatnya menjadi primadona bagi para penggemar kelinci apalagi jika dijadikan sebagai kelinci hias.

Flemish Giant memiliki karakteristik yang bisa dilihat maulai dari rambut pendeknya yang biasa disebut dengan Shoert Hair, memiliki bobot super besar sekitar 6,3 kg untuk jantan serta pada betina dan memiliki bobot sekitar 6,8 kg apalagi jika pemilik melakukan perawatan yang tepat akan membuat bobot nya bisa menjadi lebih dari 15 kg loh.

Nah untuk variasi rambutnya sendiri cukup beragam dan yang paling sering ditemukan adalah warna steel gray (abu-abu besi) serta juga sandy (warna seperti pasir), selain itu juga memiliki warna lainnya yang penggunaannya memang untuk dipelihara serta juga disilangkan dengan ras lainnya untuk meningkatkan produksi daging.

Harga Kelinci Flesmish Giant

Harga dari salah satu jenis kelinci flam yang ini memang beragam tergantung pada jenis dan ukurannya, nah untuk kelinci Flemish Giant hasil import dan juga jika indukan yang berjenis kelamin jantan akan memiliki harga sekitar Rp 1.500.000 hingga Rp 2.500.000 dan harga tersebut sebanding dengan kualitas daging yang dimilikinya.

Jenis ini juga memiliki harga yang cukup mahal jika sudah berumur dewasa dan tentunya juga kelinci Flemish Giant dengan ras asli tanpa persilangan akan memiliki harga yang bisa mencapai sekitar Rp 10.000.000 loh, maka untuk para peternak sangat disarankan untuk lebih pintar dalam menyilangkannya agar mendapatkan kelinci pedaging unggul hingga harga jual semakin tinggi.

Kelinci German Giant

Kelinci german giant salah satu jenis kelinci flam yang paling populer setelah Kelinci Flesmish Giant

German giant adalah salah satu jenis kelinci flam yang perkembangannya cukup populer setelah Flemish Giant, karena kedua jenis tersebut penggunaannya paling banyak sebagai hewan penghasil daging berat pada bobotnya saja bisa mencapai hingga 15 kg dengan memberikan perawatan hingga pakan yang tepat.

Jenis hewan dari mamalia yang satu ini memiliki variasi rambut yang cukup beragam dan yang paling sering dijumpai yaitu Steel Gray (abu-abu) serta juga Sandy (seperti pasir) tapi juga memiliki warna lainnya mulai dari  hitam, putih, light gray (abu-abu muda), biru dan fawn.

Perkawinan bisa dilakukan pada saat berusia sekitar 10 – 12 bulan yang mampu menghasilkan anak cukup banyak, maka jika ingin memeliharanya sangat disarankan menggunakan sistem perkandangan khusus untuk wilayah dengan ketinggian sekitar 250 – 500 m di atas permukaan laut bisa menggunakan kandang individu terbuat dari kayu.

Ciri-ciri Kelinci German Giant

Ciri-ciri yang bisa dikenali untuk salah satu jenis kelinci flam ini yang seperti jenis lainnya memiliki tubuh raksasa, selain itu juga untuk jenis ini sering disebut dengan Vlaamesreus yang cukup menonjol memiliki ukuran tubuh terbesar dan karakteristik bulu yang pendek atau Short hair.

Nah biasanya untuk jantan akan memiliki bobot sekitar 7,5 kg dan untuk betina bobot tubuhnya mampu mencapai 7,8 kg yang kadang jika didukung pemberian pakan yang tepat bobotnya akan lebih dari itu.

Harga Kelinci German Giant

Harga dari salah satu jenis kelinci flam ini akan tergantung pada setiap umur kelinci, selain itu ras asli juga dapat mempengaruhi harga bahkan jauh lebih tinggi yang biasanya memiliki harga sekitar Rp 4.500.000 tapi beda lagi untuk yang masih berumur 1 bulan akan dihargai sekitar Rp 150.000 per ekor dan tentunya bukan ras asli ya.

Para peternak biasanya akan memiliki jenis ini untuk dijadikan sebagai hewan penghasil daging yang berkualitas, sehingga akan memiliki indukan jenis ini agar mendukung harga jual daging tetap stabil bahkan akan jauh lebih tinggi.

Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat mengenai kelinci flam yang dikenal memiliki tubuh jauh lebih besar daripada jenis umumnya, bagaimana tertarik untuk memeliharanya? Maka pilihlah salah satu jenis diatas untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan atau sebagai indukan yang unggul.

Related Topics

No Responses

Give a Comment