Mengenal Jenis Kelinci English Anggora, Kelinci Lucu

Kelinci English Anggora adalah salah satu jenis yang bisa dibilang cukup populer hingga membuatnya banyak dicari, karena ras anggora sendiri tidak hanya ada pada kucing saja serta kelinci juga memiliki ras ini dengan varietas cukup banyak dan tentunya juga memiliki keunikan tersendiri yang cukup menarik perhatian.

Hewan menggemaskan ini masuk ke dalam kategori Mamalia dari familia Leporidae yang memiliki ras cukup banyak dan salah satunya kelinci english anggora ini, selain itu juga memiliki tampilan yang sangat unik dengan bulu-bulu di seluruh tubuhnya cukup tebal yang membuatnya terlihat lebih gemuk.

Cukup menarik kan untuk dipelihara? Maka sebelum mengambil keputusan untuk memeliharanya sangat disarankan calon pemilik harus mengenali lebih dalam tentang ras yang satu ini, nah berikut penjelasan yang bisa membantu agar memberikan perawatan yang tepat. Mari simak!

Kenali! Kelinci English Anggora

Jenis ras anggora yang satu tidak kalah populer dengan ras anggora lainnya di kalangan para pencinta hewan bertelinga panjang ini, sehingga tidak salah jika penggunaannya di jadikan sebagai hewan peliharaan dengan sikapnya begitu jinak apalagi jenis ini memiliki tampilannya yang cukup unik sebagai daya tarik.

Kelinci English Anggora Anakan yang Menggemaskan

Ras anggora dari Inggris ini termasuk ke dalam varian anggora yang memiliki bulu cukup tebal dan panjang jika dibandingkan dengan ras anggora lainnya, maka tidak heran jika sekilas bagian telinga dan mata tidak akan terlihat yang disebabkan oleh bulu yang hampir menutup seluruh muka nya salah satunya kelinci english anggora ini.

Ciri khas yang dapat ditemukan terletak pada bentuk telinganya yang berdiri tegak seperti halnya seekor anjing, lalu bobotnya juga bisa mencapai 2 kg hingga 4 kg yang membuatnya akan terlihat menggemaskan dan sangat pas dijadikan sebagai hewan peliharaan untuk menemani bermain.

Harga Kelinci English Anggora

Kelinci English anggora berwarna putih memiliki harga yang berbeda-beda

Harga pada ras anggora yang satu ini cukup mahal tergantung pada jenis ras anggora Inggris ini akan memiliki harga sekitar Rp 500.000 – Rp 3.200.000, selain itu terdapat juga harga yang lebih miring ataupun lebih murah untuk membelinya sangat disarankan memilih kelinci yang masih berumur 2-3 bulan sekitar Rp 100.000 hingga Rp 300.000.

Budget yang harus dipersiapkan tidak cukup pada harganya saja dan untuk pemilik juga harus memikirkan budget untuk perawatannya, karena dalam memelihara hewan peliharaan yang membutuhkan perawatan khusus mendukung kesehatan bulunya seperti penggunaan jenis shampo dan juga memberikan jenis pakan yang berkualitas.

Cara Mudah Membuat Kelinci Kawin

Analisa Bisnis Bebek Petelur Di Jamin Sukses

Pedagang kelinci biasanya berada dipinggir jalan dan sangat disarankan jangan membelinya, karena hewan mamalia tersebut pastinya sudah terserang stres yang disebabkan suara kebisingan jalan raya dan kesehatannya juga akan terpengaruh cuaca serta juga lingkungan yang tidak biasanya.

Cara Merawat Kelinci English Anggora

Cara merawatnya juga akan lebih memperhatikan kebersihan bulunya apalagi ras jenis ini memiliki bulu cukup lebat serta juga cukup panjang, sehingga membuat para pemilik harus selalu menyisir bulu-bulu di seluruh tubuhnya agar terhindar dari bulu-bulu yang menggumpal di dalam sistem pencernaannya.

Selain itu jaga kebersihan di bagian kuku dan jangan pernah membiarkan hewan peliharaan yang menggemaskan ini memiliki kuku yang panjang, karena selain membahayakan bagi pemiliknya dan juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulitnya apalagi jika kuku tersebut kotor.

Pemberian pakan juga harus diperhatikan apalagi untuk menghindari masalah yang sering terjadi seperti bulu-bulu yang menggumpal di dalam sistem pencernaannya, sehingga jenis pakan yang harus diberikan banyak yang mengandung serat untuk mengeluarkan gumpalan bulu tersebut seperti jerami ataupun rumput.

Keamanan memang harus menjadi faktor utama diperhatikan dalam pembuatan kandang yang bisa menjaga kelinci anggora dari berbagai macam predator, selain itu juga kenyamanan pada hewan mamalia ini harus terjaga dengan rutin membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada kandang.

Tata cara merawat kelinci English anggora

Pola makan pada hewan peliharaan yang satu ini juga harus benar-benar diperhatikan apalagi untuk kelinci english anggora ini, karena untuk menjaga tubuhnya agar tidak terlalu gemuk dan tumbuh tetap terlihat lebih ramping hingga serta berikan juga jenis pakan yang sedikit mengandung air untuk meminimalkan risiko yang sering terjadi seperti mencret.

Pemilik jangan lupa memperhatikan lebih ekstra pada tingkah lakunya apabila jika terkena sakit, sehingga hewan mamalia yang satu ini akan memperlihatkan tingkah laku cukup aneh dan akan terlihat lebih murung, tidak seaktif biasanya dan biasanya akan kehilangan nafsu makannya yang membuat peternak harus segera membawanya pada dokter hewan.

Kesimpulan

Itulah penjelasan lebih dalam tentang kelinci jenis dari ras ini dengan ciri khas yang cukup unik yaitu memiliki bulu panjang apalagi pada area muka, karena bulu-bulu tersebut membuat bagian mata hingga tidak terlihat dan membuat tampilannya semakin menarik perhatian untuk kelinci english anggora ini.

Informasi di atas mungkin bisa membantu para calon pemilik yang tertarik untuk memelihara hewan peliharaan jenis ini, nah untuk pembelian ras ini memang tidak boleh di sembarang tempat seperti pedagang kelinci yang sering ditemukan dipinggir jalan dan sangat disarankan untuk membeli kelinci english anggora pada peternak yang sudah terjamin kualitasnya.

Related Topics

Give a Comment