Menentukan Harga Burung Merpati Berdasarkan Kualitas

Harga burung merpati cukup beragam tergantung pada jenisnya dan banyak orang yang memeliharanya dan dianggap sebagai burung dengan simbol kesetiaan, karena burung jenis ini juga masuk ke dalam burung yang paling mudah ditemukan khususnya di Indonesia.

Perkembangbiakan dari burung merpati secara khusus, karena agar menghasilkan burung dengan terbang yang lebih cepat untuk mengikuti kontes adu kecepatan spesies burung dan biasanya ada hal yang lebih menggiurkan serta cukup menarik perhatian terdapat pada harganya.

Merpati yang memiliki daya jelajah cukup jauh dan kecerdasan dalam menentukan arah tujuan, selain itu juga memiliki kecepatan terbang yang tinggi khususnya merpati balap dan harga burung merpati yang mampu menduduki juara 1 Nasional memiliki harga hingga Rp 1 Miliar serta berikut penjelasan yang lebih lengkap tentang harga burung merpati dan cirinya mari simak!

4 Tanda Burung Merpati Berkualitas Tinggi

Harga burung merpati

Ciri-ciri dari burung merpati yang memiliki kualitas bagus memang harus diketahui, karena jika burung jenis ini yang berkualitas harga burung merpati ini cukup tinggi loh dan berikut ciri-ciri yang harus dikenali yaitu:

Kepala Berpatok

Burung yang berkualitas pada jenis burung ini bisa dilihat dari kepalanya yang berbatok, maka hal tersebut akan menjadi keunikan tersendiri yang menjadi salah satu patokan dalam menentukan kualitas pada si burung.

Ciri-ciri tersebut memang cukup mudah tapi untuk menentukan kualitasnya yang baik atau tidaknya, yaitu bisa melihat dan memperhatikan tingkat kemiringan batok kepala depan serta juga batok kepala belakang.

Memiliki Paruh Kecil

Paruh pada burung jenis ini yang memiliki kualitas bisa dilihat dari paruh yang terletak di kepalanya, karena ciri ini sering digunakan para pecinta burung merpati dan akan terlihat sangat berbeda dari biasanya.

Ukuran paruh merpati bisa dijadikan sebagai salah satu pengukur kualitasnya yang memiliki ciri mulai dari bentuk paruh yang semakin merincing, selain itu juga paruh nya akan cenderung lebih kecil tapi pada ujungnya akan terlihat lancip.

Dilihat dari Matanya

Burung yang berkualitas tinggi akan terlihat dari bentuk matanya yang bundar, selain itu juga akan memiliki dua warna yang berbeda dan perbedaan tersebut akan terletak dibagian warna pupil dengan kornea matanya.

Memiliki beberapa paduan warna yang cukup cantik menarik perhatian orang yang melihatnya seperti warna kuning tua dengan kuning muda, merah tua dengan hijau tua, merah muda dengan putih dan hitam dengan kuning.

Dilihat dari sayapnya

Burung jenis ini memang memiliki sayap yang bisa dibilang cukup besar yang sebanding dengan ukuran tubuhnya, selain itu juga sayap pada merpati akan dihiasi dengan bulu-bulu yang cukup tebal dan juga memiliki sayap yang relatif panjang.

Bentuk sayap yang relatif panjang dengan bulu yang tebal akan disesuaikan dengan bentuk badan pada si burung, karena hal tersebut berfungsi sebagai pendukung saat terbang hingga menimbulkan rasa nyaman dan ciri diatas juga akan membuat harga burung merpati yang lebih tinggi.

Harga Burung Merpati

jenis burung merpati

Burung merpati akan memiliki harga yang berbeda tergantung pada penggunaannya, selain itu juga umur serta kualitasnya juga akan mempengaruhi harga jual apalagi jika memiliki prestasi akan memiliki harga yang lebih tinggi dan berikut daftar harganya yaitu:

Burung Merpati Biasa

Harga burung merpati memang beragam tergantung pada penggunaannya, nah untuk merpati jenis ini atau merpati biasa yang belum memiliki keahlian apapun dalam pertandingan harga burung merpati akan dibandrol sekitar Rp 500.000 untuk per ekornya.

Merpati adalah jenis hewan yang memiliki tingkat kesetiaan yang cukup tinggi pada pasangannya, sehingga tidak salah jika pada saat perlombaan pemilik akan membawa pasangannya kedalam arena perlombaan.

Harga Merpati Balap Murah

Burung merpati balap ini adalah jenis burung yang dalam penggunaannya untuk adu kecepatan, maka jenis merpati ini yang paling dicari untuk ajang adu kecepatan dan tentunya menjadi incaran bagi para pecinta burung merpati balap.

Harga burung merpati balap beragam tergantung prestasinya, karena jika belum pernah memenangkan perlombaan akan memiliki harga yang dibandrol sekitar Rp 500.000 – Rp 700.000 dan masih dibilang murah.

Daftar Harga Burung Merpati Terbaru Tahun 2021

Pada tahun 2021 ini untuk semua jenis burung merpati memiliki update-an harga terbaru loh, nah untuk para penggemar yang belum mengetahuinya berikut daftar harganya yaitu:

JENIS BURUNG MERPATIHARGA
Burung Merpati BalapRp 500.000 – Rp 700.000
Burung Merpati KipasRp 750.000 – Rp 900.000
Burung Merpati PutihRp 500.000
Burung Merpati BiasaRp 100.000 – Rp 200.000
Burung Merpati HiasRp 500.000 – Rp 3.000.000
Burung Merpati PosRp 500.000
Burung Merpati TinggiRp 500.000 – Rp 750.000
Burung Merpati KolonganRp 400.000 – Rp 700.000
Burung Merpati Sepasang TinggianRp 1.000.000
Burung Merpati JuaraRp 1.500.000 – Rp 2.000.000

Kesimpulan

Itulah harga burung burung merpati yang dibedakan tergantung dari penggunaannya sendiri, karena jika burung merpati untuk balapan akan memiliki harga yang cukup fantastis tapi harga tersebut tidak berlaku pada merpati yang tidak pernah memenangkan event balap tersebut.

Beda cerita nya lagi jika burung tersebut sudah memenangkan beberapa event balap antar burung merpati, maka akan memiliki harga khusus yang cukup fantastis tapi hal tersebut tidak akan menjadi penghalang bagi para pecinta burung merpati balap.

Harga merpati balap yang cukup tinggi memang akan dipengaruhi oleh beberapa kejuaraan dalam event, karena telah memiliki sertifikat yang dicetak khusus dan harga nya bisa mencapai Rp 1 miliar loh seperti warga asal Bandung bernama Aristyo Setiawan.

Give a Comment