Ikan Gabus, Salah Satu Obat Untuk Lahiran Cesar

Ikan gabus adalah salah satu jenis ikan yang masuk kedalam kategori predator yang hidup di air tawar ini banyak dikenal dengan yang sangat beragam disetiap daerah, selain itu nama dalam bahasa Inggris cukup banyak nama yang dikenal mulai dari Common snakeheadSnakehead murrelChevron snakeheadStriped snakehead dan juga Aruan.

Kepopuleran didunia masyarakat saat ini memang telah diasosiasikan sebagai obat, karena bisa diolah menjadi berbagi jenis masakan yang disajikan kepada orang yang sakit terutama bagi orang yang pasca operasi dan bisa juga dikonsumsi dalam bentuk kapsul yang dikenal dengan harga cukup tinggi.

Nah untuk mengenalnya lebih dalam tentang ikan predator ini, maka simak penjelasan berikut mulai dari manfaat saat mengkonsumsinya hingga karakteristiknya serta harganya agar dapat menjadi bahan referensi saat membelinya. Mari simak!

Kenali, Manfaat Ikan Gabus Untuk Tubuh!

Manfaat ikan gabus digoreng

Perkembangan dari ilmu pengetahuan dan penelitian telah mengungkap fakta bahwa ikan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, karena terdiri dari protein yang tinggi terutama albumin serta asam amino esensial atau lemak khususnya asam lemak esensial hingga mineral khususnya zink/seng (Zn) yang dapat menghasilkan manfaat berikut:

Membantu Menyembuhkan Luka

Manfaat pertama bagi kesehatan adalah untuk membantu proses penyembuhan luka, maka daging pada gabus ini memiliki kandungan albumin yang merupakan jenis protein tersebut bermanfaat untuk pembentukan jaringan sel baru dan di dalam ilmu kedokteran sendiri albumin ini dimanfaatkan untuk mempercepat pemulihan jaringan sel tubuh yang terbelah salah satunya akibat operasi atau pembedahan.

Penggunaannya memang sebagai sumber protein yang ternyata dapat mempertahankan nilai albumin penderita rawat inap di rumah sakit, sehingga dapat juga membantu mempercepat proses penyembuhan pasien yang disebabkan oleh kandungan albumin pada ikan air tawar ini dapat dikemas dalam bentuk kapsul dan diberikan pada pasien-pasien tuberkulosis hingga kanker.

Dapat Menjadi Obat Malnutrisi

Nah untuk manfaat yang kedua ini dapat membantu mengatasi kekurangan gizi atau malnutrisi, sehingga penelitian yang dilakukan dengan memberikan kapsul tepung ikan gabus pada penderita malnutrisi ODHA dapat meningkatkan asupan zat gizi dari penderita tersebut dengan waktu singkat bahkan lebih cepat daripada penggunaan obat lainnya.

Hal ini menunjukkan adanya perbaikan gizi penderita malnutris ODHA dengan memberikan kapsul yang dibuat tepung tersebut, karena dapat peran melalui albuminnya yang sebagai penyusun HSA ini bisa dijadikan cara alternatif ketersediaan nutrisi dalam rangka memperbaiki gizi masyarakat Indonesia dengan biaya yang minim.

Baca Juga

Resep Ikan Gabus Yang Paling Mudah & Banyak Gizi

Ikan Gurame Albino, Salah Satu Ikan Hias Gurame Mahal

Mengenal 9 Jenis Ikan Mas Hias & Cara Merawat

Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Manfaat ketiga ini memiliki peran untuk membantu mengurangi risiko penyakit kanker yang sudah terbukti dari hasil penelitian di Universitas Airlangga Surabaya dan Universitas Loma Linda Californi ini menyatakan bahwa ikan gabus mengandung zat-zat Allisin, Allil Sulfida dan Furostanol Glicosida.

Selain itu, juga memiliki nilai asam amino yang sangat lengkap baik esensial maupun non esensial yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan kandungan Allil sulfida adalah zat aktif yang mampu mengurangi resiko penyakit kanker atau neoplasma ganas merupakan penyakit yang tidak ringan dengan ditandai melalui kelainan siklus sel.

Pada sel-sel kanker akan terjadi pembelahan sel baru terus-menerus terjadi meskipun tubuh kita belum membutuhkannya, sehingga sel-sel tersebut akan semakin menumpuk (biasa disebut tumor ganas) hingga mendesak dan merusak jaringan normal serta dapat mengganggu organ yang ditempatinya.

Meningkatkan Kadar Hemoglobin Untuk Lansia

Manfaat yang ketiga ini telah diuji melalui penelitian oleh Universitas Hasanuddin Makassar mengenai pengaruh intervensi kapsul protein albumin ikan ini terhadap lansia, karena melaporkan bahwa pemberian protein albumin ikan gabus selama 30 hari dapat meningkatkan kadar hemoglobin (Hb) pada lansia sebesar 0,373 g/dl hingga penggunaannya sangat membantu.

Pemberian kapsul ikan gabus selama 30 hari pada lansia dapat berperan sangat penting dalam meningkatkan kadar albumin, asupan energi, dan karbohidrat lansia masing-masing sebesar 1,79 mg/dl; 103,5 kal dan 70,3 g.

Dapat Mengobati Penyakit Jantung dan Stroke

Kandungan albumin pada ikan gabus yang mengandung substansi zat asam amino lysin dan prolin yang berguna untuk jantung, sehingga dengan mengonsumsi secara teratur albumin yang mengandung lysin dan prolin dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung hingga dapat menjadi pencegahan sejak dini.

Ikan yang mengandung albumin sebesar 17,02 % asam amino lysin mampu menurunkan kadar lemak dalam darah dan trigliserida, maka akan mengurangi: Resiko stroke; Serangan jantung; Penyempitan pembuluh darah; serta menurunkan kadar hemosistein dalam darah hingga membuat tubuh menjadi lebih sehat. 

Kandungan prolin sendiri jikadikonsumsi secara teratur dapat menguatkan kembali otot-otot jantung, sehingga kadar homosistein yang tinggi dalam darah juga tekanan darah yang tinggi merupakan faktor resiko tinggi terjadinya penyakit jantung koroner dengan mengkonsumsinya mulai dari 100 gram saja.

Membantu Meningkatkan Kecerdasan Anak

Nah untuk manfaat yang ke enam ini dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan menjaga kesehatan anak, apalagi dalam masa keemasan anak yang dimulai pada usia 1 – 5 tahun ini sangat dianjurkan untuk memberikan gizi berprotein yang cukup terutama kandungan albumin dan untuk ikan predator ini dapat membatu anak untuk memenuhi kebutuhan albumin tersebut.

Dampak anak jika kekurangan albumin sangat mengganggu pertumbuhan otaknya, karena semakin sedikit albumin membuat pertumbuhan sel di otak akan semakin sedikit dan pertumbuhan sel yang sedikit membuat anak tidak tumbuh menjadi lebih cerdas serta semuanya bisa diatasi dengan mengkonsumsi ikan jenis ini.

Dapat Mengatasi Hipoalbuminemia

Hipoalbuminemia atau kekurangan albumin didalam tubuh merupakan kondisi yang tidak bisa dianggap remeh ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan lain yang lebih serius, maka dengan mengkonsumsi ikan gabus ini yang dapat membantu mengatasi kekurangan albumin pada tubuh atau hipoalbuminemia dengan 100 gram saja.

Penyebab hipoalbuminemia bisa diketahui mulai dari hipertiroidisme, diabetes, sirosis hati, gagal jantung, hingga penyakit lupus yang membuat penderitanya dapat mengalami gejala mulai dari edema, nafsu makan hilang, diare, mual, darah rendah, penyakit kuning dan masih banyak lagi yang dapat memperburuk keadaan.

Karakteristik Ikan Gabus

Karakteristik Ikan Gabus

Ikan yang memiliki karakteristik seperti halnya predator ini biasa hidup di air tawar hingga saluran air yang menuju kesawah, bahkan sering terbawa banjir ke parit-parit di sekitar rumah dan jika memasuki kolam pemeliharaan ikan akan menjadi hama yang memangsa ikan-ikan peliharaan tersebut.

Nah jika habitatnya mengering akan mengubur diri di dalam lumpur hingga tempat itu kembali berair, maka tidak salah jika pernah menemukannya sedang berjalan di daratan apalagi pada saat malam hari di musim kemarau mereka akan mencari tempat lain yang masih berair untuk bertahan hidup.

Pada saat musim kawin tiba untuk ikan jantan dan betina bekerja sama menyiapkan sarang yang berada diantara tumbuhan dekat tepi air, selain itu anak-anaknya seteah menetas akan berwarna jingga merah bergaris hitam yang berenang berkelompok dan bergerak bersama-sama untuk mencari makanan tapi tetap diawasi oleh induknya.

Daftar Harga Ikan Gabus Terbaru!

Harga ikan gabus di tahun 2021 ini mengalami sedikit kenaikan untuk per ekornya pada tahun sebelumnya memiliki harga sekitar Rp 20.000, nah untuk tahun ini per ekornya memiliki harga sekitar Rp 35.500 dan berikut daftar harga yang sudah dirangkum dari berbagai macam sumber antara lain:

Jenis Harga Satuan
Ikan gabus Konsumsi Rp 50.000kg
Ikan Gabus asap Rp 98.000500 gram
Ikan gabus asin Rp 170.000kg
Ikan gabus hias Rp 30.000per ekor
Ikan gabus albino Rp 1.700.000per ekor
Ikan gabus giling Rp 60.000per kg

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan singkat mengenai ikan gabus yang sudah dipercaya memiliki manfaat terbaik salah satunya dalam penyembuhan luka operasi, selain itu juga penjelasan diatas membahas tentang harga yang sewaktu-waktu bisa saja berubah dan harga tersebut juga bisa menjadi bahan referensi.

Tinggalkan komentar